SOAL CRB ( CADET RECORD BOOK ) TEKNIK MEMUAT ANT-III



 TEKNIK MEMUAT ANT-III

SOAL NO.1
PERSIAPAN DAN DEEP TANK UNTUK MUATAN
A. TUTUP PALKA
        DARI JENIS APAKAH TUTUP PALKA DI KAPAL ANDA?
        CERITAKAN BAGAIMANA CARA MEMBUKA DAN MENUTUPNYA?
B. TERAPAN.
C. PERHITUNGAN KAPASITAS CARGO.
D. PEMEBERSIHAN TANKI, GOT DAN SUMUR KEMARAU (DRAIN WELL).

JAWABAN SOAL NO. 1
A.      TUTUP PALKA TERBUAT DARI MACGREGOR HATCH COVER.
          TAHAP PERTAMA YANG DILAKUKAN YAITU MEMINTA ALIRAN LISTRIK KEPADA KAMAR MESIN UNTUK MENGHIDUPKAN MESIN POMPA PALKA
         CEK OIL INDIKATOR DI MESIN POMPA, JIKA HABIS KONFIRMASI KAMAR MESIN (PASTIKAN OLI MASIH ADA)
         PILIH SALAH SATU POMPA YANG AKAN DIGUNAKAN (POMPA 1/ POMPA2)
         NAIKKAN POWER ON SEMUA
         LAPORKAN PADA PERWIRA JAGA ,SETELAH ITU PERWIRA JAGA MENERUSKAN PADA YANG STANDBY DI HANDLE PALKA
         TARIK HANDLE JACK PUMP
         TARIK HANDLE PONTON 1 KALAU SUDAH STOPER TERKUNCI NETRALKAN
         TARIK HANDLE PONTON 2 KALAU SUDAH TERKUNCI NETRALKAN
         LAPORKAN PADA YANG BERTUGAS MENGHIDUPKAN POMPA,KEMUDIAN TURUNKAN TOMBOL POWER SEMUANYA
         LAPORKAN PADA KAMAR MESIN
                   - TAHAP PERTAMA YANG DILAKUKAN YAITU MEMINTA ALIRAN LISTRIK KEPADA KAMAR MESIN UNTUK MENGHIDUPKAN MESIN POMPA PALKA
LANJUTAN JAWABAN SOAL NO.1
         CEK OIL INDIKATOR DI MESIN POMPA, JIKA HABIS KONFIRMASI KAMAR MESIN (PASTIKAN OLI MASIH ADA)
         PILIH SALAH SATU POMPA YANG AKAN DIGUNAKAN (POMPA 1/ POMPA2)
         NAIKKAN POWER ON SEMUA
         LAPORKAN PADA PERWIRA JAGA ,SETELAH ITU PERWIRA JAGA MENERUSKAN PADA YANG STANDBY DI HANDLE PALKA
         TARIK HANDLE JACK PUMP
         TARIK HANDLE PONTON 1
         TARIK HANDLE PONTON 2
         TARIK SEMUA STOPER
         NETRALKAN HANDLE PONTON 1 DAN 2, KEMUDIAN DORONG HANDLE  PONTON 1,SELANG 1 MENIT DORONG HANDLE PONTON 2
         NETRALKAN HANDLE JACK
         KALAU SUDAH HABIS NETRALKAN SEMUA HANDLE PONTON KEMUDIAN HANDLE JACK DI DORONG,KALAU PONTON SUDAH TURUN PENUH NETRALKAN
         LAPORKAN PADA YANG BERTUGAS MENGHIDUPKAN POMPA,KEMUDIAN TURUNKAN TOMBOL POWER SEMUANYA
         LAPORKAN PADA KAMAR MESIN



B. TERAPAN
SETIAP MEMUAT HARUS MEMPERHATIKAN LINGKUNGAN SEKITAR, PADA SAAT MEMUAT DALAM BENTUK CURAH (PHONSKA,SP36) DI PETROKIMIA GRESIK PADA TANGGAL 25-07-2013 PENERAPAN PEMUATAN DENGAN MENGGUNAKAN GRAB DIMANA MUATAN DARI TRUCK KEMUDIAN DI GUNAKAN GRAB UNTUK MEMASUKKAN KE PALKA,KALAU DALAM BENTUK KARUNG (SEMEN TIGA RODA) MENGGUNAKAN JALA-JALA KADANG MENGGUNAKAN COMVEYOR KETIKA MUAT UREA DI BONTANG 13-02-2014.

LANJUTAN JAWABAN SOAL NO.1
C. PERHITUNGAN KAPASITAS CARGO
YANG PERNAH TARUNAPELAJARI SESUAI BIMBINGAN DARI PARA PERWIRA DI KAPAL YAITU;
PALKA I : 12.988 M
PALKA II : 2510.7 M
PALKA III : 2491.9 M
GRAIN CAPACITY
PALKA I : 1423,4 M
PALKA II : 2658,3
PALKA III : 2646,9 M
RUMUS :          T          = V (1- BS) / SF
DI MANA         T          = TONAGE YANG AKAN DI MUA
V          = VOLUM RUANG PALKA
I           = BILANGAN KONSTAN
                        BS        = BROKEN STOWAGE
                                    SF         = STOWAGE FACTOR
DITANYA : TONAGE YANG AKAN DI MUAT

JAWAB :           T  = V ( 1 – BS ) / SF
= 30.000 ( 1 – 100%  ) / 5
                                    = 5.400 TON
CARA MENGHITUNG “ REMAINING SPACE “
RUMUS BS : V X Y X 100 % / V
DIMANA BS = BROKEN STOWAGE
                 V   = VOLUME RUANG PALKA       

            Y  = MUATAN KESELURUHAN
                          100%= KONSTANT
CONTOH : DIKET V 50.000 GFT
               DI MUAT MUATAN BERPETI 2,5X2X2
                             DI TANYA BS...?
JAWAB : BS = V X X Y X 100 %  / V
                          50.000 ( 2,5 X 2 X 2 ) X 100 % / 50.000
                          = 10 %

D. PEMBERSIHAN TANKI, GOT DAN SUMUR (DRAIN WELL)
-       UNTUK PEMEBERSIHAN TANKI GOT DILAKSANAKAN SEBELUM MELAKSANAKAN PEMUATAN YANG MANA SETELAH TUTUP PALKAH DIBUKA KEMUDIAN DILAKUKAN PEMERIKSAAN KEDALAMAN SUMUR KEMARAU (DRAIN WELL) APABILA TERGENENG AIR SAMPAI PENUH SEGERA LAKUKAN PENGISAPAN GOT YANG MANA PENGOPRASIANNYA MELALUI ECR (ENGINE CONTROL ROOM) SELANJUTNYA DIALIRKAN KE SLUDGE TANK KEMUDIAN TUTUP KEMBALI SETELAH MELAKUKAN PEMBERSIHAN.
-       UNTUK PEMBERSIHAN GOT DILAKUKAN OLEH ABK YANG BERTUGAS DI DECK YANG TELAH MENJADI TANGGUNG JAWABNYA DENGAN MENYAPU KOTORAN – KOTORAN YANG BERSERAKAN DAN MENYEMPROTNYA DENGAN WATER SPRAY DAN DISIKAT DENGAN SAPU,
-       UNTUK MEMBERSIHKAM TANGKI DILAKUKAN ORANG MESIN DENGAN CARA MELALUI PENGISAPAN PADA TANGKI TERSEBUT ATAU DIPOMPA KELUAR DAN DIAHLIKAN KELUAR MELALUI SAE CHAST.

SOAL NO. 2
PENGOPERASIAN ALAT BONGKAR MUAT DI KAPAL.
A. KERJA TALI
-          JELASKAN DENGAN BANTUAN GAMBAR, MACAM – MACAM SIMPUL TALI, SLING NET, JALA – JALA DAN SEBAGAINYA!
-          JELASKAN DENGAN BANTUAN GAMBAR CARA MEMBUAT MATA TALI KAWAT (SPLICES)!
B. SEBUTKAN MACAM – MACAM TALI KAWAT SERTA KEGUNAANNYA DALAM BONGKAR MUAT!
C.        JELASKAN CARA MEMBUKA GULUNGAN TALI KAWAT YANG MASIH BARU!
D. JELASKAN CARA MENYIMPAN TALI DAN TALI KAWAT YANG TIDAK DIGUNAKAN!
E.  JIKA KAPAL ANDA TERDAPAT BOOM BERAT (HEAVY LIFT) GAMBARKAN DAN BERI KETERANGAN SECARA LENGKAP!
F. APAKAH YANG PERLU DIPERHATIKAN PADA SAAT PEMERIKSAAN PALKA, BAIK KETIKA SEDANG MELAKSANAKAN MUAT BONGKAR DI PELABUHAN, MAUPUN PADA SAAT KAPAL BERLAYAR?
G. JELASKAN CARA PENGOPERASIAN DEREK/ VAN/ WINCHES DI KAPAL ANDA!
JAWABAN SOAL NO. 2
A. MACAM MACAM SIMPUL TALI YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT SLING NET, SLING NET , SLING TALI, JALA JALA DAN SEBAGAINYA (GAMBAR TERLAMPIR)   :
1.     SLING MOBIL
2.     SLING DOLANG
3.     SLING JALA JALA
4.     SLING DRUM
5.     SLING PAPAN
6.     SLING PLAT
7.     SLING KANVAS
8.     SLING RANTAI
9.     SLING TUNGGAL
CARA MEMBUAT TALI KAWAT       :
JIKA KAWAT BAJA YANG DIGUNAKAN UNTUK SPRING, MAKA PERLU KITA BUAT PADA UJUNGNYA. DALAM HAL INI KITA BUAT “WIRE EYE SPIECES”.
B. MACAM – MACAM TALI                :
1. TALI NABATI        :
-        TALI SISAL                : TALI TALI KECIL.
-        TALI BUANGAN        : TALI INI DIGUNAKAN UNTUK MENGIRIM TROS KETIKA AKAN SANDAR.
-        TALI MASKAR          : PENGGUNAAN HARIAN
-        TALI KAPAS              : PENGGUNAAN DARURAT
-        TALI BENDERA         : KHUSUS DIGUNAKAN UNTUK MENGIBARKAN BENDERA.
-        TALI SERABUT KELAPA PENGGUNAANNYA PADA DAPRA.
2. TALI KAWAT        :
-    KAWAT BESI DIGUNAAN UNTUK PENGGUNAAN TALI LABRANG.
-    KAWAT TEMBAGA BIASA DIGUNAKAN UNTUK CAMPURAN ASBEN.
-    KAWAT BAJA DIGUNAKAN UNTUK REEF BONGKAR.

C. CARA MEMBUKA GULUNGAN TALI KAWAT YANG MASIH BARU  :
BIASANYA TALI DITARIK SEPANJANG MUNGKIN DAN TIDAK TERBELIT BENDA APAPUN BARU DAPAT DIGUNAKAN.
D. CARA MENYIMPAN TALI DAN TALI KAWAT YANG MASIH BARU   :-          TALI HARUS DISIMPAN DITEMPAT YANG KERING TIDAK LEMBAB DAN TIDAK KENA PANAS MATAHARI TERUS MENERUS BIASANYA DISIMPAN DI GUDANG HARIAN.
-     UNTUK MENYIMPAN TALI KAWAT HARUS DISIMPAN DITEMPAT YANG KERING DAN TIDAK DITEMPAT YANG LEMBAB YANG DAPAT MENYEBABKAN TALI BERKARAT.
E. CRANEYANG MEMILIKI SWL30 T.
F. PEMERIKSAAN PALKA          :
-     PASTIKAN DALAM PALKA TIDAK ADA KEBOCORANDARI PIPA BALLAST AGAR MUATAN TIDAK RUSAK.
-     PADA SAAT KEGIATAN BONGKAR MUAT SLING YANG DARI DOBSI ATAU DRUM TIDAK BOLEH MENYENTUH TEPI MULUT PALKA AGAR TIDAK MENGHALANGI KETIKA MEMBUKA DAN MENUTUP PALKA.
-     PADA SAAT KEGIATAN BONGKAR MUAT HARUS TETAP DIPERHATIKAN KESEIMBANGAN KAPAL BAIK SECARA MEMBUJUR MAUPUN MELINTANG AGAR TIDAK TERJADI KERUSAKAN PADA KONSTRUKSI KAPAL DALAM PELAYARAN.
-     YANG PERLU DIPERHATIKAN PADA SAAT PEMERIKSAAN PALKA DALAM PELAYARAN : 
A.    TUTUP PALKA HARUS RAPAT TIDAK TERDAPAT KEBOCORAN AGAR MUATAN DALAM PALKA TETAP AMAN DAN TIDAK RUSAK.
B.    SEMUA LASHINGAN PALKA AGAR DIPERHATIKAN.
C.    PASTIKAN VENTILASI (LUBANG PERANGINAN) HARUS TETAP BEKERJA
G. CARA PENGOPERASIAN DEREK
MUALIM JAGA MEMINTA STRUM (ALIRAN LISTRIK) KE KAMAR MESIN,AB JAGA / BOSUN MEMEGANG CRANE KEMUDIAN PUTAR TOMBOL POWER,TEKAN TOMBOL POWER 1 DURASI 7 DETIK TEKAN TOMBOL POWER 2 DURASI 7 DETIK TEKAN TOMBOL POWER 3 , BUKA SAFETY PADA HANDLE CARGO DAN BOOM, SETELAH SELESAI DIGUNAKAN, PASANG SAFETY HANDLE CARGO/BOOM KEMUDIAN TEKAN TOMBOL OFF POWER 1 , PUTAR POWER OFF OIL COOLER JUGA DIMATIKAN

SOAL NO. 3
MEMPERHATIKAN PEMUATAN, PERHATIKAN PENGARUH PEMUATAN KARGO, TERMASUK KARGO BOOM BERAT TERHADAP KELAYAKAN LAUTAN DAN KESEIMBANGAN KAPAL.
A.     TERANGKAN SALAH SATU PROSES PEMUATAN YANG PERNAH DILAKSANAKAN DIKAPAL ANDA MELIPUTI JENIS KARGO, CARA PEMUATAN, KAPAN DAN DIMANA PELABUHAN DILAKSANAKAN!
B.     DAPATKAN COPY MACAM – MACAM DOKUMEN YANG ADA HUBUNGANNYA DENGAN MUATAN, SIAPA YANG MENANDATANGANI DAN APA FUNGSINYA? (SHIPPING ORDER,  MATES RECEIPT, B/L, CARGO MANIFEST, DELIVERY ORDER DAN SEBAGAINYA).
C.     - GAMBARKAN SYMBOL SYMBOL MUATAN BERBAHAYA!
- PADA WAKTU MEMERIKSA, APAKAH YANG HARUS ANDA PERHATIKAN?
D.     - KAPANKAH PEMERIKSAAN ALAT BONGKAR MUAT DILAKSANAKAN DI KAPAL ANDA.
- SIAPAKAH YANG MEMERIKSA DAN MELIPUTI APA SAJA YANG DIPERIKSA?
E.     JELASKAN DAN DAPATKAN COPY “STOWAGE PLAN/BAY” DARI MUATAN YANG PERNAH DILAKSANAKAN DI KAPAL ANDA!
F.      - JELASKAN CARA MENGHITUNG KARGO DENGAN DRAFT SURVEY KAPAN DAN DIMANA  HAL ITU PERNAH DIKAPAL ANDA?
-    SELAIN DENGAN “DRAFT SURVEY” BAGAIMANA CARA MENGETAHUI JUMLAH CARGO YANG TELAH DIMUAT DI KAPAL?
- JELASKAN CARA MENGHITUNG BESAR “GM” SETELAH SELESAI PEMUATAN DAN  DAPATKAN COPYNYA?
- JELASKAN DAN DAPATKAN COPYNYA “STRESSES / BANDING MOMENT”!
- DAPATKAN COPYNYA DAN JELASKAN PENGGUNAANYA :
      DEADWEIGHT SCALE, HYDROSTATIC CURVE, CROSS CURVE, DAN TANK CAPACITYDARI PEMUATAN YANG PERNAH DILAKSANAKAN DI KAPAL ANDA
G.     - JELASKAN TIPE – TIPE KELAS CONTAINER YANG ADA!
- JELASKAN CARA MENANDAI PENEMPATAN CONTAINER DI ATAS KAPAL MENGENAI PEMBERIAN NOMOR BAY, ROW, DAN TIER.
JAWABAN SOAL NO.3
A. PROSES PEMUATAN DI KM BERKAH 36
MENURUT PROSEDUR PEMUATAN HAL PERTAMA DILAKUKAN YAITU MEMINTA CARGO MANIFEST PADA PETUGAS PELABUHAN DAN KEMUDIAN DI ATAS KAPAL DI TERIMA MUALIM 1 DAN KEMUDIAN DI BERIKAN KEPADA MUALIM 3 SEBAGAI KEPALA KERJA BONGKAR MUAT.
B. DOKUMEN YANG ADA HUBUNGANNYA DENGAN MUATAN :
- SHIPPING ORDER     :
MERUPAKAN SURAT MUAT DARI PERUSAHAAN PELAYARAN PADA KAPAL YANG MENYATAKAN JENIS DAN JUMLAH MUATAN SERTA PELABUHAN BONGKAR MUAT BERDASARKAN DARI PESANAN SHIPPER (PENGIRIM).
DOKUMEN INI YANG MENGELUARKAN ADALAH KEAGENAN DAN YANG MENANDATANGANI ADALAH KEAGENAN TERSEBUT.
- MATE’S RECEIPT (RESI MUALIM)
MERUPAKAN SURAT TANDA TERIMA YANG DITANDATANGANI OLEH MUALIM 1 YANG MENERANGKAN BAHWA MUATAN TERSEBUT TELAH BERADA DIATAS KAPAL.- BILL OF LOADING
MERUPAKAN SURAT KONTRAK ANTARA PENGANGKUT (PERUSAHAAN) DAN PEMILIK BARANG BAHWA SI PENGANGKUT TELAH MENYATAKAN BAHWA MUATAN SAMPAI DI TEMPAT TUJUAN DISERTAI MENERIMA UPAH DENGAN KETENTUAN YANG DIPERLUKAN. BL JUGA BISA DIPERJUAL BELIKAN.
- DELIVERY ORDER
DOKUMEN YANG DIKELUARKAN PERUSAHAAN DI PELABUHAN BONGKAR SEBAGAI BUKTI BAHWA PEMILIK BARANG (PENERIMA) TELAH MEMBAYAR LUNAS ONGKOS BONGKAR MUAT DAN UANG TAMBANG. YANG MENGELUARKAN DAN MENANDATANGANI DARI DOKUMEN INI ADALAH KEAGENAN.
C. GAMBAR SYMBOL MUATAN BERBAHAYA TERLAMPIR.
YANG PERLU DIPERHATIKAN PADA SAAT MEMERIKSA          :
TEMPAT DARI MUATAN TERSEBUT DILETAKKAN.
PENGARUH DARI MUATAN TERSEBUT KEPADA DAERAH SEKITAR TERUTAMA TERHADAP AKTIFITAS DARI ANAK BUAH KAPAL.
SIFAT DARI MUATAN TERSEBUT AGAR TIDAK BERBAHAYA TERHADAP DAERAH SEKITAR.
TINDAKAN YANG PERLU DILAKUKAN KETIKA TIMBUL KEADAAN DARURAT MISALNYA MUATANRUSAK SEHINGGA KITA CEPAT UNTUK MENANGGULANGINYA.
D. PEMERIKSAAN ALAT BONGKAR MUAT
1.  PEMERIKSAAN BERKALA PEMERIKSAAN INI DILAKUKAN TIAP TAHUN SEKALI ATAU BEBERAPA BULAN SEKALIBIASANYA DILAKUKAN KETIKA KAPAL DOCK.
2.  PEMERIKSAAN YANG DILAKUKAN KETIKA AKAN MELAKSANAKAN
KEGIATAN BONGKAR MUAT DIMANA KEGIATAN INI UNTUK MENGGANTIKAN KEADAAN ALAT AGAR SIAP PAKAI, DIANTARANYA CARGO BLOCK, WIRE ROPE, WIRE PENAHAN BOOM, SWL (SAFETY WORKING LOAD)
E. STOWAGE PLAN
SUATU RENCANA ATAU BAGIAN PEMUATAN PADA KAPAL UNTUK MUATAN GENERAL CARGO 
F. CARA MENGHITUNG KARGO DENGAN DRAFT SURVEY
YAITU KITA DAPAT MELIHAT DRAFT SECARA VISUAL UNTUK MENDAPATKAN MEAN DRAFT (DRAFT RATA – RATA) KEMUDIAN KITA SESUAIKAN DENGAN JUMLAH CARGO YANG ADA PADA CARGO HANDLING MANUAL. KEMUDIAN KITA AKAN DAPATKAN MUATAN YANG TERTERA PADA TABEL TERSEBUT.
-           SELAIN DENGAN DRAFT SURVEY KAPAL MENGHITUNG GM DENGAN MENGGUNAKAN DEADWEIGHT SCALE, YAITU DENGAN MENGECEK DRAFT DEPAN DAN BELAKANG UNTUK MENDAPATKAN MEAN DRAFT, SETELAH DIPEROLEH MEAN DRAFT MAKA DIDAPAT BERAT MUATAN YANG TERTERA PADA DEADWEIGHT SCALE.
-           UNTUK MENGHITUNG GM DIKAPAL SELAMA TARUNI MELAKSANAKAN PRAKTEK YAITU SETENGAH JAM SEBELUM KAPAL MEMULAI KEGIATAN MUAT DI PELABUHAN AWAL DIPERINTAHKAN OLEH MUALIM 1 UNTUK MENGECEK DRAFT GUNA MEMPEROLEH DRAFT TENGAH TENGAH, KEMUDIAN KITA LIHAT DI DEADWEIGHT SCALE DIKETAHUI DISPLACEMENT SEHINGGA MUATAN, AIR TAWAR, AIR BALLAST, PERBEKALAN, AIR TAWAR, DLL TERCANTUM DAN KITA SESUAIKAN DAN DIDAPATKAN GM.
STRESSES                     :  KETEGANGAN KAPAL YANG TIMBUL AKIBAT GAYA DARI LUAR YANG DIALAMI.
BENDING MOMENT    : DAYA OLENG KAPAL KEMBALI KE TEGAK.
-           DEAD WEIGHT SCAILE DIGUNAKAN SEBAGAI DASAR PERHITUNGAN GM KETIKA KAPAL SELESAI MELAKSANAKAN KEGIATAN MUAT / KETIKA KAPAL BERANGKAT DARI PELABUHAN AWAL.
-           HYDROSTATIC CURVA DIGUNAKAN UNTUK MENGETAHUI NILAI TPC DAN DISPLACEMEN KETIKA MENGHITUNG GM.
-           TANK CAPACITY DIGUNAKAN UNTUK MENGHITUNG GM JUGA HANYA DALAM TABEL INI HANYA TERTERA KAPASITAS TANGKI YANG BERADA
DIATAS KAPAL AGAR MENDAPATKAN HASIL YANG BAIK DALAM MENGHITUNG STABILITAS KAPAL.
-           SEDANGKAN SELAMA TARUNA PRAKTEK JARANG MELIHAT CROSS CURVA DIGUNAKAN UNTUK PERHITUNGAN STABILITAS.COPY TERLAMPIR.
G.         MESKIPUN PRAKTEK DI  KAPAL BULK CARRIER/ CURAH TETAPI TARUNA DAPAT GAMBARAN DARI CHIEF OFFICER :
 -  GENERAL CARGO CONTAINER
 -   THERMAL / REFEER CONTAINER
 -  PLATFORM CONTAINER
 - BULK CONTAINER
 - TANK CONTAINER
KELAS – KELAS CONTAINER YANG ADA          :
-     REEFER CONTAINER.
-     FLAT BED CONTAINER.
-     AUTOMOBILES CONTAINER.
-     TANK CONTAINER.
-     DRY CONTAINER.
-     CARA MENANDAI PENEMPATAN CONTAINER DIATS KAPAL (BAY, ROW, TIER)
A.         BAY
MERUPAKAN SUSUNAN CONTAINER DARI DARIDEPAN KE BELAKANG.JIKA DI KAPAL CONTAINER BIASA BAY DIGUNAKAN UNTUK PENEMPATAN NOMOR
CONTAINER BERDASARKAN NOMOR GANJIL / GENAP DARI HALUAN KE BURITAN.
B.         ROW
MERUPAKAN SUSUNAN CONTAINER DARI TENGAH KE KANAN / KIRI.BIASANYA PENEMPATANNYA DARI TENGAH KE KANAN ADALAH NOMOR GENAP.PENEMPATAN CONTAINER DARI TENGAH KE KIRI ADALAH NOMOR GANJIL.

C.         TIER
MERUPAKAN TUMPUKAN CONTAINER DARI BAWAH KE ATAS YANG DIBERI NO SECARA URUT  SESUAI TUMPUKANNYA.

SOAL NO. 4
JELASKAN CARA MEMUAT DAN LASHING KARGO DALAM BENTUK KOTAK!
JAWABAN SOAL NO. 4
-    SELAMA PRAKTEK DI KM BERKAH 36 SAYA TIDAK PERNAH MEMUAT DALAM BENTUK CONTAINER
-    PRINSIP LASHINGAN MUATAN KOKOH DAN TIDAK DAPAT BERPINDAH PINDAH.
-    UNTUK MENGENCANGKAN LASHINGAN DIGUNAKAN SPANSCROEF, CHAIN, TURN BUCLE, BOTTLE SCREW.

SOAL NO. 5
JELASKAN CARA MEMISAHKAN KARGO DALAM BENTUK “BULK” DAN “PACKKAGE” JIKA DIMUAT BERSAMA – SAMA AGAR TIDAK TERJADI KONTAMINASI!
JAWABAN SOAL NO. 5
-     MUATAN CURAH BIASA DILETAKKAN DIDALAM PALKA UNTUK TUJUAN PELABUHAN YANG JAUH / PELABUHAN TERAKHIR. JIKA DILETAKKAN DI ON DECK BIASANYA MENGGUNAKAN PALET SEBAGAI DUNNAGE DITUTUP TERPAL DAN DI LASHING MENGGUNAKAN TALI AGAR KETIKA CUACA BURUK DAN TIDAK TERTIUP ANGIN KETIKA BERADA DI TENGAH LAUT.
-     SEDANGKAN MUATAN PACKKAGE HARUS DIPISAHKAN DENGAN MUATAN CURAH AGAR TIDAK RUSAK DAN MUATAN SAMPAI DITEMPAT TUJUAN

SOAL NO. 6
PERANGINAN MUATAN
A.         UNTUK MENCEGAH TIMBULNYA KERINGAT MUATAN, PERANGINAN MACAM APA YANG TERDAPAT DI KAPAL ANDA?
B.         SELAMA PELAYARAN KAPAN VENTILASI (PERANGINAN) TERSEBUT HARUS DIJALANKAN / DIBUKA DAN KAPAN HARUS DIHENTIKAN?
JAWABAN SOAL NO. 6
A.         JENIS PERANGINAN YANG TERDAPAT DI DALAM PALKA MENGGUNAKAN SEMACAM KIPAS YANG TERPASANG PADA BAGIAN ATAS DAN MEMBERIKAN SIRKULASI UDARA DALAM PALKA TERSEBUT DAN KETIKA PALKA BELUM DIBUKA MAKA TIDAK DIPERBOLEHKAN BURUH / PEKERJA BERADA DITEMPAT TERSEBUT UNTUK MENGHINDARI RESIKO YANG TIDAK DIINGINKAN / KEMATIAN.
B.         SISTEM VENTILASI INI DIRANCANG KEDAP AIR, KETIKA KAPAL SEDANG DALAM PELAYARAN MAKA VENTILASI INI DIJALANKAN, SEDANGKAN KETIKA KAPAL TIDAK BERLAYAR MAKA VENTILASI DIMATIKAN.

SOAL NO. 7
JELASKAN CARA PENEMPATAN BERBAGAI KELAS MUATAN BAHAYA DIATAS KAPAL DENGAN MEMPERHATIKAN STANDARD ATURAN INTERNASIONAL!


JAWABAN SOAL NO. 7
-     BARANG YANG MUDAH MELEDAK HARUS DIMUAT JAUH DARI AKOMODASI SPACE, SEDANG UNTUK MUATAN CAIR YANG MUDAH TERBAKAR DILETAKKAN DI TEMPAT YANG DINGIN SUHUNYA DARI TEMPAT AIR TERSEBUT HARUS DIBAWAH DARI SUHUAIR LAUT, DISUSUN DAN DI LASHING YANG KOKOH SEHINGGA TIDAK DAPAT BERGESER.
-     GAS YANG BERTEKANAN TINGGI (ZAT ASAM, ZAT ADANG DAN SEJENISNYA) DISUSUN JAUH DARI DINDING PANAS / PADA PIPA YANG PANAS BILASEBAGAI ON DECK MAKA HARUS DITUTUP TERPAL YANG TIDAK BERWARNA HITAM / GELAP AGAR TIDAK MUDAH MENYERAP PANAS.
-      ZAT CAIR YANG ASAM DAN KOROSIF C AMONIAK, ASAM, GARAM MUATAN HARUS DIBUANG KE LAUT DAN HARUS SIAP SELANG AIR BILA TERJADI KEBOCORAN SEBAGAI DASAR DI BAWAH TERAPAN DI TABUR PASIR YANG TEBAR SEHINGGA DAPAT MERESAP BILA TERJADI KEBOCORAN.
-      ZAT CAIR DENGAN TITIK BAHAN BAKAR RENDAH (BENSIN, MINYAK TANAH, ALKOHOL) DITEMPATKAN YANG JAUH DARI AKOMODASI PEMUATAN YANG PALING AKHIR DAN DIBONGKAR YANG PALING AWAL.

SOAL NO. 8
PEMERIKSAAN SEBELUM DAN SELAMA PEMBONGKARAN.
A.         APAKAH YANG HARUS DIPERHATIKAN PADA WAKTU MEMERIKSA TUTUP PALKA SEBELUM DIBUKA UNTUK MEMULAI PEMBONGKARAN?
B.         APAKAH YANG PERLU DIPERHATIKAN, DILAPORKAN ALAT MUAT BONGKAR SEBELUM DAN SELAMA PEMBONGKARAN?
C.         APAKAH YANG PERLU DIPERHATIKAN, DILAPORKAN DAN DICATAT BILA KERUSAKAN TERHADAP MUATAN YANG DIBONGKAR?
JAWABAN SOAL NO. 8
A.      KETIKA MEMERIKSA TUTUP PALKA SEBELUM DIBUKA / DITUTUP, KITA HARUS PASTIKAN BAHWA DIATAS HATCH COVER SUDAH TIDAK ADA MUATAN DAN TIDAK ADA BURUH / PEKERJA, LASHINGAN YANG DIGUNAKAN KETIKA KONDISI LAUT BEROMBAK YANG TERDAPAT DISAMPING KANAN KIRI MULUT PALKA PASTIKAN HARUS DALAM KEADAAN TERBUKA AGAR TIDAK TERSANGKUT KETIKA MEMULAI / MEMBUKA TUTUP PALKA.

B.      CARGO BLOCK DARI DERRICK, WIRE ROPE CRANE HARUS DI CEK PASTIKAN TIDAK ADA KERUSAKAN, JANGKAUAN MAXIMAL DARI DERRICK, HANDLE DERRICK BERFUNGSI, PASTIKAN CRANE SERING DILUMASI AGAR BOOM DAPAT BERFUNGSI DENGAN BAIK KETIKA KEGIATAN BONGKAR MUAT, DAN PEMBERIAN OLI / MINYAK PELUMAS SEBAGAI PERAWATAN.
C.      MUATAN RUSAK JARANG SEKALI TARUNA TEMUI, TETAPI YANG SERING TERJADI YAITU MUATAN YANG HILANG AKIBAT DARI PENCURIAN SEPERTI BURUH / PEKERJA KETIKA MEMASUKI DAERAH TIMUR SEHINGGA MUATAN TIDAK UTUH SEBAGAIMANA MESTINYA.

SOAL NO. 9
PERHATIKAN SEMUA MUATAN DI BONGKAR DALAM KEADAAN BAIK.
A.         JELASKAN TUGAS PERWIRA JAGA PADA SAAT MENGAWASI PEMBONGKARAN.
B.         DOKUMEN MUATAN APA YANG DIPERLUKAN UNTUK MENGECEK BAHWA KERUSAKAN MUATAN YANG SEDANG DIBONGKAR MEMANG TELAH TERJADI PADA SAAT PEMUATAN?
C.         APAKAH PERLUNYA MEMERIKSA RUANG PALKA SETELAH PEMBONGKARAN SELESAI?

JAWABAN SOAL NO. 9
A.         PADA SAAT KEGIATAN MUAT BONGKAR MUALIM YANG BERTUGAS DI PALKA YAITU MUALIM JAGA MENGAWASI JALANNYA KEGIATAN BONGKAR AGAR TIDAK TERJADI SALAH BONGKAR, DAN MENCATAT WAKTU KEGIATAN TERSEBUT DIMULAI DAN BERAKHIR BIASANYA CADET MEMBANTU DALAM KEGIATAN TERSEBUT. HARUS MENYESUAIKAN DENGAN DAFTAR BONGKAR YANG TELAH DIBUAT DAN DIKETAHUI OLEH MUALIM 1. JIKA TERJADI HAL YANG TIDAK DIINGINKAN SELAMA KEGIATAN BERLANGSUNG MAKA MUALIM JAGA MEMILIKI WEWENANG UNTUK MEMBERHENTIKAN KEGIATAN TERSBUT ATAU TINDAKAN LAIN YANG TIDAK MEMBAHAYAKAN BAGI SIAPA SAJA.
B.         DOKUMEN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENGECEK BAHWA KERUSAKAN MUATAN BIASA DI DAPAT DARI EIR (EQUIPMENT INTERCHANGE RECEIPT) DAN STATEMEN OF FACT JUGA CARGO DAMAGING REPORT
C.      UNTUK MEMASTIKAN BAHWA RUANGAN PALKA TETAP DALAM KONDISI SEPERTI SEMULA BESERTA INVENTARIS YANG DISIMPAN DI DALAM GUDANG YANG BERADA DI DALAM PALKA TERSEBUT SEPERTI GULUNGAN TROS YANG MASIH BAU, CAT, DAN MEMASTIKAN BAHWA BONGKARAN TELAH HABIS (UNTUK MENGHINDARI OVER CARRIAGE).

SOAL NO. 10  
PERHATIKAN BAHWA TRIM, KESEIMBANGAN, HOGGING, DAN SAGGING TELAH SESUAI DENGAN YANG DIINGINKAN.
A.         DAPATKAN COPYNYA DAN JELASKAN CARA MENGATUR TRIM DENGAN MENGGUNAKAN “TRIMMING TABLE / TRIMMING DIAGRAM”!
B.         PENGOPERASIAN BALLAST UNTUK MENGATUR TRIM KAPAL HARUS MEMPERHATIKAN STABILITAS KAPAL SERTA KONDISI SAGGING DAN HOGGING, JELASKAN MAKSUDNYA!
JAWABAN SOAL NO. 10
A.         COPY TRIMMING DIAGRAM TERLAMPIR
B.         PENGOPERASIAN BALLAST KETIKA AKAN MEMULAI KEGIATAN MUAT BIASA TARUNA PERHATIKAN MUALIM 1 MEMERINTAHKAN CADET UNTUK MENGECEK DRAFT DEPAN DAN DRAFT BELAKANG, JIKA DRAFT DEPAN TIDAK DALAM MAKA BALLAST PADA TANKI FOREPEAK DIKOSONGKAN DAN TANKI BURITAN BALLAST DIATUR KETIKA EMBARKASI DIMULAI AGAR TIDAK TERJADI HOGGING ATAUPUN SAGGING, JUGA MENDAPATKAN  GM + AGAR TIDAK TERJADI HAL YANG TIDAK DIINGINKAN KETIKA KAPAL BERLAYAR.
SOAL NO. 11
BERIKAN CONTOH TENTANG KASUS YANG TERJADI PADA BAGIAN KAPAL ATAU MUATAN YANG DIKETAHUI SETELAH SELESAI PEMBONGKARAN, DAN BAGAIMANA PEMECAHANNYA!
JAWABAN SOAL NO. 11
KETIKA KEGIATAN BONGKAR DI PELABUHAN KETAPANG TERJADI KERUSAKAN PADA CRANE KAPAL DISEBABKAN SERINGNYA BURUH / PEKERJA YANG MENGOPERASIKAN ALAT TERSEBUT SESUKA HATI DAN SERINGNYA MENGANGKAT MUATAN YANG BERATNYA MELEBIHI KAPASITAS KEAMANAN DAYA ANGKUT SEHINGGA TERJADI KEBOCORAN PADA SALURAN OLI DAN POSISI CRANE TERSEBUT TERHENTI DAN MATI KETIKA MEMBONGKAR BATANG BESI SEHINGGA KEGIATAN TERSEBUT LAMA DAN MENYEBABKAN DELAY.

SOAL NO. 12
KAPAN DAN DIMANA HAL ITU TERJADI SERTA APAKAH PENYEBABNYA?
JAWABAN SOAL NO. 12
16 APRIL 2014 17.30 WIB KETIKA SANDAR DIPELABUHAN TANJUNG WANGI.
KEJADIAN TERSEBUT AKIBAT DARI OVER LOAD DAN TENAGA PEKERJA YANG MENGOPERASIKAN CRANE ASAL – ASALAN.

SOAL NO. 13
PADA SAAT DALAM PELAYARAN, PERLU PEMERIKSAAN MUATAN PADA SAAT CUACA BURUK. APAKAH YANG PERLU DIPERHATIKAN DAN APAKAH TUJUANNYA?

JAWABAN SOAL NO. 13       
PEMERIKSAAN YANG PERLU DILAKUKAN PADA SAAT CUACA BURUK ADALAH LASHINGAN CONTAINER HARUS KUAT, LASHINGAN YANG BERADA DISAMPING KANAN KIRI MULUT PALKA HARUS TERKUNCI RAPAT UNTUK MENGHIDARI AIR YANG MASUK. TERPAL YANG DIGUNAKAN UNTUK MUATAN CURAH SEPERTI BAWANG HARUS DILASHING KUAT.TUJUAN DARI PEMERIKSAAN TERSEBUT AGAR MUATAN TIDAK RUSAK DAN SAMPAI DI TEMPAT TUJUAN.

SOAL NO. 14
DARI HASIL PEMERIKSAAN TERSEBUT, HAL - HAL APA SAJAKAH YANG PERLU DI CATAT DI DALAM BUKU HARIAN KAPAL?
JAWABAN SOAL NO. 14
HAL – HAL YANG PERLU DI CATAT DALAM BUKU HARIAN KAPAL :
-          JENIS KEBOCORAN.
-          NOMOR VOYAGE SERTA PERJALANAN DARIMANA KEMANA.
-          JENIS DAN JUMLAH MUATAN YANG RUSAK.
-          WAKTU DARI KEJADIAN TERSEBUT (HARI, TANGGAL, JAM, BULAN DAN TAHUN).


SOAL NO 15
JELASKAN CARA MENGATUR YANG BENAR DARI PERANGINAN DAN SUHU UDARA DI PALKA UNTUK MENCEGAH KERUSAKAN MUATAN / KAPAL!
JAWABAN SOAL NO. 15
CARA MENGATUR PERANGINAN YANG BENAR DAN SUHU UDARA UNTUK MENCEGAH KERUSAKAN MUATAN DI ATAS KAPAL, YAITU     :
CARA PEMBERIAN VENTILASI DALAM PALKA TERGANTUNG JENIS MUATAN DI DALAMNYA.
RUANG PALKA YANG TIDAK DIBERI VENTILASI ATAU BERVENTILASIKAN KURANG BAIK AKAN CEPAT MENGANDUNG UDARA YANG BERUAP PANAS, GAS DAN BAU YANG
TIDAK SEDAP DIMANA SEMUANYA ITU DAPAT MENYEBABKAN KERUSAKAN PADA MUATANNYA DAN DAPAT MENIMBULKAN KONDENSASI DAN BERAKIBAT MENIMBULKAN KERINGAT MUATAN YANG BISA MERUSAK SELURUH MUATAN.
HAL YANG PERLU DALAM MELAKUKAN VENTILASI :
BERILAH VENTILASI APABILA KELEMBABAN UDARA DI LUAR LEBIH KECIL ATAU LEBIH LEBIH BANYAK / BESAR.
HINDARI VENTILASI APABILA KELEMBABAN UDARA DI LUAR LEBIH BESAR DARI PADA KELEMBABAN UDARA DALAM PALKA.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer