SOAL CRB ( CADET RECORD BOOK ) TEKNIK MEMUAT ANT-III
TEKNIK MEMUAT ANT-III
SOAL NO.1
PERSIAPAN DAN DEEP TANK UNTUK MUATAN
A. TUTUP PALKA
•
DARI JENIS APAKAH TUTUP PALKA DI KAPAL ANDA?
•
CERITAKAN BAGAIMANA CARA MEMBUKA DAN MENUTUPNYA?
B. TERAPAN.
C. PERHITUNGAN KAPASITAS CARGO.
D. PEMEBERSIHAN TANKI, GOT DAN SUMUR KEMARAU (DRAIN
WELL).
JAWABAN SOAL NO. 1
A. TUTUP PALKA TERBUAT DARI
MACGREGOR HATCH COVER.
•
TAHAP PERTAMA YANG
DILAKUKAN YAITU MEMINTA ALIRAN LISTRIK KEPADA KAMAR MESIN UNTUK MENGHIDUPKAN
MESIN POMPA PALKA
•
CEK OIL INDIKATOR DI MESIN POMPA, JIKA HABIS KONFIRMASI
KAMAR MESIN (PASTIKAN OLI MASIH ADA)
•
PILIH SALAH SATU POMPA YANG AKAN DIGUNAKAN (POMPA 1/
POMPA2)
•
NAIKKAN POWER ON SEMUA
•
LAPORKAN PADA PERWIRA JAGA ,SETELAH ITU PERWIRA JAGA
MENERUSKAN PADA YANG STANDBY DI HANDLE PALKA
•
TARIK HANDLE JACK PUMP
•
TARIK HANDLE PONTON 1 KALAU SUDAH STOPER TERKUNCI
NETRALKAN
•
TARIK HANDLE PONTON 2 KALAU SUDAH TERKUNCI NETRALKAN
•
LAPORKAN PADA YANG BERTUGAS MENGHIDUPKAN POMPA,KEMUDIAN
TURUNKAN TOMBOL POWER SEMUANYA
•
LAPORKAN PADA KAMAR MESIN
•
• - TAHAP
PERTAMA YANG DILAKUKAN YAITU MEMINTA ALIRAN LISTRIK KEPADA KAMAR MESIN UNTUK
MENGHIDUPKAN MESIN POMPA PALKA
LANJUTAN JAWABAN SOAL NO.1
•
CEK OIL INDIKATOR DI MESIN POMPA, JIKA HABIS KONFIRMASI
KAMAR MESIN (PASTIKAN OLI MASIH ADA)
•
PILIH SALAH SATU POMPA YANG AKAN DIGUNAKAN (POMPA 1/
POMPA2)
•
NAIKKAN POWER ON SEMUA
•
LAPORKAN PADA PERWIRA JAGA ,SETELAH ITU PERWIRA JAGA
MENERUSKAN PADA YANG STANDBY DI HANDLE PALKA
•
TARIK HANDLE JACK PUMP
•
TARIK HANDLE PONTON 1
•
TARIK HANDLE PONTON 2
•
TARIK SEMUA STOPER
•
NETRALKAN HANDLE PONTON 1 DAN 2, KEMUDIAN DORONG
HANDLE PONTON 1,SELANG 1 MENIT DORONG
HANDLE PONTON 2
•
NETRALKAN HANDLE JACK
•
KALAU SUDAH HABIS NETRALKAN SEMUA HANDLE PONTON KEMUDIAN
HANDLE JACK DI DORONG,KALAU PONTON SUDAH TURUN PENUH NETRALKAN
•
LAPORKAN PADA YANG BERTUGAS MENGHIDUPKAN POMPA,KEMUDIAN
TURUNKAN TOMBOL POWER SEMUANYA
•
LAPORKAN PADA KAMAR MESIN
B. TERAPAN
SETIAP MEMUAT HARUS
MEMPERHATIKAN LINGKUNGAN SEKITAR, PADA SAAT MEMUAT DALAM BENTUK CURAH
(PHONSKA,SP36) DI PETROKIMIA GRESIK PADA TANGGAL 25-07-2013 PENERAPAN PEMUATAN
DENGAN MENGGUNAKAN GRAB DIMANA MUATAN DARI TRUCK KEMUDIAN DI GUNAKAN GRAB UNTUK
MEMASUKKAN KE PALKA,KALAU DALAM BENTUK KARUNG (SEMEN TIGA RODA) MENGGUNAKAN
JALA-JALA KADANG MENGGUNAKAN COMVEYOR KETIKA MUAT UREA DI BONTANG 13-02-2014.
LANJUTAN JAWABAN SOAL NO.1
C. PERHITUNGAN KAPASITAS CARGO
YANG
PERNAH TARUNAPELAJARI
SESUAI BIMBINGAN DARI PARA PERWIRA DI KAPAL YAITU;
PALKA I : 12.988 M
PALKA II : 2510.7 M
PALKA III : 2491.9 M
GRAIN CAPACITY
PALKA I : 1423,4 M
PALKA II : 2658,3
PALKA III : 2646,9 M
RUMUS : T
= V (1- BS) / SF
DI MANA T
= TONAGE YANG AKAN DI MUA
V = VOLUM RUANG PALKA
I = BILANGAN KONSTAN
BS
= BROKEN STOWAGE
SF =
STOWAGE FACTOR
DITANYA : TONAGE YANG AKAN DI MUAT
JAWAB : T = V ( 1 – BS ) / SF
=
30.000 ( 1 – 100% ) / 5
=
5.400 TON
CARA MENGHITUNG “ REMAINING SPACE “
RUMUS BS : V X Y X 100 % / V
DIMANA BS = BROKEN STOWAGE
V
= VOLUME RUANG PALKA
Y = MUATAN KESELURUHAN
100%= KONSTANT
CONTOH : DIKET V 50.000 GFT
DI MUAT MUATAN BERPETI 2,5X2X2
DI TANYA BS...?
JAWAB : BS = V X X Y X 100 % / V
50.000 ( 2,5 X 2 X 2 ) X 100 % / 50.000
= 10 %
D. PEMBERSIHAN TANKI, GOT DAN SUMUR
(DRAIN WELL)
- UNTUK
PEMEBERSIHAN TANKI GOT DILAKSANAKAN SEBELUM MELAKSANAKAN PEMUATAN YANG MANA
SETELAH TUTUP PALKAH DIBUKA KEMUDIAN DILAKUKAN PEMERIKSAAN KEDALAMAN SUMUR
KEMARAU (DRAIN WELL) APABILA TERGENENG AIR SAMPAI PENUH SEGERA LAKUKAN
PENGISAPAN GOT YANG MANA PENGOPRASIANNYA MELALUI ECR (ENGINE CONTROL ROOM)
SELANJUTNYA DIALIRKAN KE SLUDGE TANK KEMUDIAN TUTUP KEMBALI SETELAH MELAKUKAN
PEMBERSIHAN.
- UNTUK
PEMBERSIHAN GOT DILAKUKAN OLEH ABK YANG BERTUGAS DI DECK YANG TELAH MENJADI
TANGGUNG JAWABNYA DENGAN MENYAPU KOTORAN – KOTORAN YANG BERSERAKAN DAN
MENYEMPROTNYA DENGAN WATER SPRAY DAN DISIKAT DENGAN SAPU,
- UNTUK
MEMBERSIHKAM TANGKI DILAKUKAN ORANG MESIN DENGAN CARA MELALUI PENGISAPAN PADA
TANGKI TERSEBUT ATAU DIPOMPA KELUAR DAN DIAHLIKAN KELUAR MELALUI SAE CHAST.
SOAL NO. 2
PENGOPERASIAN ALAT BONGKAR
MUAT DI KAPAL.
A. KERJA TALI
-
JELASKAN DENGAN BANTUAN GAMBAR, MACAM – MACAM SIMPUL TALI,
SLING NET, JALA – JALA DAN SEBAGAINYA!
-
JELASKAN DENGAN BANTUAN GAMBAR CARA MEMBUAT MATA TALI KAWAT
(SPLICES)!
B.
SEBUTKAN MACAM – MACAM TALI KAWAT SERTA KEGUNAANNYA DALAM BONGKAR MUAT!
C.
JELASKAN CARA MEMBUKA GULUNGAN TALI
KAWAT YANG MASIH BARU!
D. JELASKAN CARA MENYIMPAN TALI DAN TALI KAWAT
YANG TIDAK DIGUNAKAN!
E. JIKA KAPAL ANDA TERDAPAT BOOM BERAT (HEAVY
LIFT) GAMBARKAN DAN BERI KETERANGAN SECARA LENGKAP!
F.
APAKAH YANG PERLU DIPERHATIKAN PADA SAAT
PEMERIKSAAN PALKA, BAIK KETIKA SEDANG MELAKSANAKAN MUAT BONGKAR DI PELABUHAN, MAUPUN
PADA SAAT KAPAL BERLAYAR?
G. JELASKAN CARA
PENGOPERASIAN DEREK/ VAN/ WINCHES DI KAPAL ANDA!
JAWABAN SOAL NO. 2
A.
MACAM MACAM SIMPUL TALI YANG DIGUNAKAN
UNTUK MEMBUAT SLING NET, SLING NET , SLING TALI, JALA JALA DAN SEBAGAINYA
(GAMBAR TERLAMPIR) :
1. SLING MOBIL
2. SLING DOLANG
3. SLING JALA JALA
4. SLING DRUM
5. SLING PAPAN
6. SLING PLAT
7. SLING KANVAS
8. SLING RANTAI
9. SLING TUNGGAL
CARA MEMBUAT TALI KAWAT :
JIKA KAWAT BAJA YANG
DIGUNAKAN UNTUK SPRING, MAKA PERLU KITA BUAT PADA UJUNGNYA. DALAM HAL INI KITA
BUAT “WIRE EYE SPIECES”.
B. MACAM – MACAM TALI :
1. TALI NABATI :
-
TALI SISAL :
TALI TALI KECIL.
-
TALI BUANGAN :
TALI INI DIGUNAKAN UNTUK MENGIRIM TROS KETIKA AKAN SANDAR.
-
TALI MASKAR :
PENGGUNAAN HARIAN
-
TALI KAPAS :
PENGGUNAAN DARURAT
-
TALI BENDERA :
KHUSUS DIGUNAKAN UNTUK MENGIBARKAN BENDERA.
-
TALI SERABUT KELAPA PENGGUNAANNYA PADA DAPRA.
2. TALI KAWAT :
- KAWAT BESI DIGUNAAN UNTUK PENGGUNAAN TALI
LABRANG.
- KAWAT TEMBAGA BIASA DIGUNAKAN UNTUK CAMPURAN
ASBEN.
- KAWAT BAJA DIGUNAKAN UNTUK REEF BONGKAR.
C. CARA MEMBUKA GULUNGAN TALI KAWAT YANG MASIH BARU :
BIASANYA TALI DITARIK
SEPANJANG MUNGKIN DAN TIDAK TERBELIT BENDA APAPUN BARU DAPAT DIGUNAKAN.
D. CARA MENYIMPAN TALI DAN TALI KAWAT YANG MASIH BARU :- TALI
HARUS DISIMPAN DITEMPAT YANG KERING TIDAK LEMBAB DAN TIDAK KENA PANAS MATAHARI
TERUS MENERUS BIASANYA DISIMPAN DI GUDANG HARIAN.
- UNTUK MENYIMPAN TALI KAWAT HARUS DISIMPAN
DITEMPAT YANG KERING DAN TIDAK DITEMPAT YANG LEMBAB YANG DAPAT MENYEBABKAN TALI
BERKARAT.
E. CRANEYANG MEMILIKI SWL30 T.
F. PEMERIKSAAN PALKA :
- PASTIKAN DALAM PALKA TIDAK ADA
KEBOCORANDARI PIPA BALLAST AGAR MUATAN TIDAK RUSAK.
- PADA SAAT KEGIATAN BONGKAR MUAT SLING YANG
DARI DOBSI ATAU DRUM TIDAK BOLEH MENYENTUH TEPI MULUT PALKA AGAR TIDAK
MENGHALANGI KETIKA MEMBUKA DAN MENUTUP PALKA.
- PADA SAAT KEGIATAN BONGKAR MUAT HARUS TETAP
DIPERHATIKAN KESEIMBANGAN KAPAL BAIK SECARA MEMBUJUR MAUPUN MELINTANG AGAR
TIDAK TERJADI KERUSAKAN PADA KONSTRUKSI KAPAL DALAM PELAYARAN.
- YANG PERLU DIPERHATIKAN PADA SAAT PEMERIKSAAN
PALKA DALAM PELAYARAN :
A. TUTUP PALKA HARUS RAPAT TIDAK TERDAPAT
KEBOCORAN AGAR MUATAN DALAM PALKA TETAP AMAN DAN TIDAK RUSAK.
B. SEMUA LASHINGAN PALKA AGAR DIPERHATIKAN.
C. PASTIKAN VENTILASI (LUBANG PERANGINAN) HARUS
TETAP BEKERJA
G. CARA PENGOPERASIAN DEREK
MUALIM JAGA
MEMINTA STRUM (ALIRAN LISTRIK) KE KAMAR MESIN,AB JAGA / BOSUN MEMEGANG CRANE
KEMUDIAN PUTAR TOMBOL POWER,TEKAN TOMBOL POWER 1 DURASI 7 DETIK TEKAN TOMBOL
POWER 2 DURASI 7 DETIK TEKAN TOMBOL POWER 3 , BUKA SAFETY PADA HANDLE CARGO DAN
BOOM, SETELAH SELESAI DIGUNAKAN, PASANG SAFETY HANDLE CARGO/BOOM KEMUDIAN TEKAN
TOMBOL OFF POWER 1 , PUTAR POWER OFF OIL COOLER JUGA DIMATIKAN
SOAL NO. 3
MEMPERHATIKAN PEMUATAN,
PERHATIKAN PENGARUH PEMUATAN KARGO, TERMASUK KARGO BOOM BERAT TERHADAP
KELAYAKAN LAUTAN DAN KESEIMBANGAN KAPAL.
A. TERANGKAN SALAH SATU PROSES PEMUATAN YANG
PERNAH DILAKSANAKAN DIKAPAL ANDA MELIPUTI JENIS KARGO, CARA PEMUATAN, KAPAN DAN
DIMANA PELABUHAN DILAKSANAKAN!
B. DAPATKAN COPY MACAM – MACAM DOKUMEN YANG
ADA HUBUNGANNYA DENGAN MUATAN, SIAPA YANG MENANDATANGANI DAN APA FUNGSINYA?
(SHIPPING ORDER, MATES RECEIPT, B/L,
CARGO MANIFEST, DELIVERY ORDER DAN SEBAGAINYA).
C. - GAMBARKAN SYMBOL SYMBOL MUATAN BERBAHAYA!
-
PADA WAKTU MEMERIKSA, APAKAH YANG HARUS ANDA PERHATIKAN?
D. - KAPANKAH PEMERIKSAAN ALAT BONGKAR MUAT
DILAKSANAKAN DI KAPAL ANDA.
-
SIAPAKAH YANG MEMERIKSA DAN MELIPUTI APA SAJA YANG DIPERIKSA?
E. JELASKAN DAN DAPATKAN COPY “STOWAGE
PLAN/BAY” DARI MUATAN YANG PERNAH DILAKSANAKAN DI KAPAL ANDA!
F. - JELASKAN CARA MENGHITUNG KARGO DENGAN
DRAFT SURVEY KAPAN DAN DIMANA HAL ITU
PERNAH DIKAPAL ANDA?
- SELAIN DENGAN “DRAFT
SURVEY” BAGAIMANA CARA MENGETAHUI JUMLAH CARGO YANG TELAH DIMUAT DI KAPAL?
-
JELASKAN CARA MENGHITUNG BESAR “GM” SETELAH SELESAI PEMUATAN DAN DAPATKAN COPYNYA?
-
JELASKAN DAN DAPATKAN COPYNYA “STRESSES / BANDING MOMENT”!
-
DAPATKAN COPYNYA DAN JELASKAN PENGGUNAANYA :
• DEADWEIGHT SCALE, HYDROSTATIC CURVE, CROSS
CURVE, DAN TANK CAPACITYDARI PEMUATAN YANG PERNAH DILAKSANAKAN DI KAPAL ANDA
G. - JELASKAN TIPE – TIPE KELAS CONTAINER YANG
ADA!
-
JELASKAN CARA MENANDAI PENEMPATAN CONTAINER DI ATAS KAPAL MENGENAI PEMBERIAN
NOMOR BAY, ROW, DAN TIER.
JAWABAN SOAL
NO.3
A. PROSES PEMUATAN DI KM BERKAH 36
MENURUT PROSEDUR
PEMUATAN HAL PERTAMA DILAKUKAN YAITU MEMINTA CARGO MANIFEST PADA PETUGAS
PELABUHAN DAN KEMUDIAN DI ATAS KAPAL DI TERIMA MUALIM 1 DAN KEMUDIAN DI BERIKAN
KEPADA MUALIM 3 SEBAGAI KEPALA KERJA BONGKAR MUAT.
B. DOKUMEN YANG ADA HUBUNGANNYA DENGAN MUATAN :
- SHIPPING ORDER :
MERUPAKAN SURAT MUAT DARI
PERUSAHAAN PELAYARAN PADA KAPAL YANG MENYATAKAN JENIS DAN JUMLAH MUATAN SERTA
PELABUHAN BONGKAR MUAT BERDASARKAN DARI PESANAN SHIPPER (PENGIRIM).
DOKUMEN INI YANG
MENGELUARKAN ADALAH KEAGENAN DAN YANG MENANDATANGANI ADALAH KEAGENAN TERSEBUT.
- MATE’S RECEIPT (RESI MUALIM)
MERUPAKAN SURAT TANDA
TERIMA YANG DITANDATANGANI OLEH MUALIM 1 YANG MENERANGKAN BAHWA MUATAN TERSEBUT
TELAH BERADA DIATAS KAPAL.- BILL OF LOADING
MERUPAKAN SURAT KONTRAK
ANTARA PENGANGKUT (PERUSAHAAN) DAN PEMILIK BARANG BAHWA SI PENGANGKUT TELAH
MENYATAKAN BAHWA MUATAN SAMPAI DI TEMPAT TUJUAN DISERTAI MENERIMA UPAH DENGAN
KETENTUAN YANG DIPERLUKAN. BL JUGA BISA DIPERJUAL BELIKAN.
- DELIVERY ORDER
DOKUMEN YANG DIKELUARKAN
PERUSAHAAN DI PELABUHAN BONGKAR SEBAGAI BUKTI BAHWA PEMILIK BARANG (PENERIMA)
TELAH MEMBAYAR LUNAS ONGKOS BONGKAR MUAT DAN UANG TAMBANG. YANG MENGELUARKAN
DAN MENANDATANGANI DARI DOKUMEN INI ADALAH KEAGENAN.
C. GAMBAR SYMBOL MUATAN BERBAHAYA TERLAMPIR.
YANG PERLU DIPERHATIKAN PADA SAAT MEMERIKSA :
TEMPAT DARI MUATAN TERSEBUT DILETAKKAN.
PENGARUH DARI MUATAN
TERSEBUT KEPADA DAERAH SEKITAR TERUTAMA TERHADAP AKTIFITAS DARI ANAK BUAH
KAPAL.
SIFAT DARI MUATAN TERSEBUT
AGAR TIDAK BERBAHAYA TERHADAP DAERAH SEKITAR.
TINDAKAN YANG PERLU
DILAKUKAN KETIKA TIMBUL KEADAAN DARURAT MISALNYA MUATANRUSAK SEHINGGA KITA
CEPAT UNTUK MENANGGULANGINYA.
D. PEMERIKSAAN ALAT BONGKAR MUAT
1. PEMERIKSAAN BERKALA PEMERIKSAAN INI DILAKUKAN
TIAP TAHUN SEKALI ATAU BEBERAPA BULAN SEKALIBIASANYA DILAKUKAN KETIKA KAPAL
DOCK.
2. PEMERIKSAAN YANG DILAKUKAN KETIKA AKAN
MELAKSANAKAN
KEGIATAN
BONGKAR MUAT DIMANA KEGIATAN INI UNTUK MENGGANTIKAN KEADAAN ALAT AGAR SIAP
PAKAI, DIANTARANYA CARGO BLOCK, WIRE ROPE, WIRE PENAHAN BOOM, SWL (SAFETY
WORKING LOAD)
E. STOWAGE PLAN
SUATU RENCANA ATAU BAGIAN
PEMUATAN PADA KAPAL UNTUK MUATAN GENERAL CARGO
F. CARA MENGHITUNG KARGO DENGAN DRAFT SURVEY
YAITU KITA DAPAT MELIHAT
DRAFT SECARA VISUAL UNTUK MENDAPATKAN MEAN DRAFT (DRAFT RATA – RATA) KEMUDIAN
KITA SESUAIKAN DENGAN JUMLAH CARGO YANG ADA PADA CARGO HANDLING MANUAL.
KEMUDIAN KITA AKAN DAPATKAN MUATAN YANG TERTERA PADA TABEL TERSEBUT.
- SELAIN DENGAN DRAFT SURVEY KAPAL
MENGHITUNG GM DENGAN MENGGUNAKAN DEADWEIGHT SCALE, YAITU DENGAN MENGECEK DRAFT
DEPAN DAN BELAKANG UNTUK MENDAPATKAN MEAN DRAFT, SETELAH DIPEROLEH MEAN DRAFT
MAKA DIDAPAT BERAT MUATAN YANG TERTERA PADA DEADWEIGHT SCALE.
- UNTUK MENGHITUNG GM DIKAPAL SELAMA
TARUNI MELAKSANAKAN PRAKTEK YAITU SETENGAH JAM SEBELUM KAPAL MEMULAI KEGIATAN
MUAT DI PELABUHAN AWAL DIPERINTAHKAN OLEH MUALIM 1 UNTUK MENGECEK DRAFT GUNA
MEMPEROLEH DRAFT TENGAH TENGAH, KEMUDIAN KITA LIHAT DI DEADWEIGHT SCALE
DIKETAHUI DISPLACEMENT SEHINGGA MUATAN, AIR TAWAR, AIR BALLAST, PERBEKALAN, AIR
TAWAR, DLL TERCANTUM DAN KITA SESUAIKAN DAN DIDAPATKAN GM.
STRESSES : KETEGANGAN KAPAL YANG TIMBUL AKIBAT GAYA DARI
LUAR YANG DIALAMI.
BENDING MOMENT : DAYA
OLENG KAPAL KEMBALI KE TEGAK.
- DEAD WEIGHT SCAILE DIGUNAKAN SEBAGAI
DASAR PERHITUNGAN GM KETIKA KAPAL SELESAI MELAKSANAKAN KEGIATAN MUAT / KETIKA KAPAL
BERANGKAT DARI PELABUHAN AWAL.
- HYDROSTATIC CURVA DIGUNAKAN UNTUK
MENGETAHUI NILAI TPC DAN DISPLACEMEN KETIKA MENGHITUNG GM.
- TANK CAPACITY DIGUNAKAN UNTUK
MENGHITUNG GM JUGA HANYA DALAM TABEL INI HANYA TERTERA KAPASITAS TANGKI YANG
BERADA
DIATAS KAPAL AGAR MENDAPATKAN HASIL YANG BAIK DALAM MENGHITUNG STABILITAS
KAPAL.
- SEDANGKAN SELAMA TARUNA PRAKTEK JARANG MELIHAT
CROSS CURVA DIGUNAKAN UNTUK PERHITUNGAN STABILITAS.COPY TERLAMPIR.
G. MESKIPUN PRAKTEK DI KAPAL BULK CARRIER/ CURAH TETAPI TARUNA DAPAT GAMBARAN DARI CHIEF
OFFICER :
- GENERAL CARGO CONTAINER
- THERMAL / REFEER CONTAINER
- PLATFORM CONTAINER
- BULK
CONTAINER
- TANK
CONTAINER
KELAS – KELAS CONTAINER YANG ADA :
- REEFER CONTAINER.
- FLAT BED CONTAINER.
- AUTOMOBILES CONTAINER.
- TANK CONTAINER.
- DRY CONTAINER.
- CARA MENANDAI PENEMPATAN
CONTAINER DIATS KAPAL (BAY, ROW, TIER)
A. BAY
MERUPAKAN SUSUNAN
CONTAINER DARI DARIDEPAN KE BELAKANG.JIKA DI KAPAL CONTAINER BIASA BAY
DIGUNAKAN UNTUK PENEMPATAN NOMOR
CONTAINER BERDASARKAN
NOMOR GANJIL / GENAP DARI HALUAN KE BURITAN.
B. ROW
MERUPAKAN SUSUNAN
CONTAINER DARI TENGAH KE KANAN / KIRI.BIASANYA PENEMPATANNYA DARI TENGAH KE
KANAN ADALAH NOMOR GENAP.PENEMPATAN CONTAINER DARI TENGAH KE KIRI ADALAH NOMOR
GANJIL.
C. TIER
MERUPAKAN TUMPUKAN
CONTAINER DARI BAWAH KE ATAS YANG DIBERI NO SECARA URUT SESUAI TUMPUKANNYA.
SOAL NO. 4
JELASKAN CARA MEMUAT DAN LASHING KARGO DALAM BENTUK KOTAK!
JAWABAN SOAL NO. 4
- SELAMA PRAKTEK DI KM BERKAH 36 SAYA
TIDAK PERNAH MEMUAT DALAM BENTUK CONTAINER
- PRINSIP LASHINGAN MUATAN KOKOH DAN TIDAK
DAPAT BERPINDAH PINDAH.
- UNTUK MENGENCANGKAN LASHINGAN DIGUNAKAN
SPANSCROEF, CHAIN, TURN BUCLE, BOTTLE SCREW.
SOAL NO. 5
JELASKAN CARA MEMISAHKAN KARGO DALAM BENTUK “BULK” DAN “PACKKAGE” JIKA
DIMUAT BERSAMA – SAMA AGAR TIDAK TERJADI KONTAMINASI!
JAWABAN SOAL NO. 5
- MUATAN CURAH BIASA DILETAKKAN DIDALAM PALKA
UNTUK TUJUAN PELABUHAN YANG JAUH / PELABUHAN TERAKHIR. JIKA DILETAKKAN DI ON
DECK BIASANYA MENGGUNAKAN PALET SEBAGAI DUNNAGE DITUTUP TERPAL DAN DI LASHING
MENGGUNAKAN TALI AGAR KETIKA CUACA BURUK DAN TIDAK TERTIUP ANGIN KETIKA BERADA
DI TENGAH LAUT.
- SEDANGKAN MUATAN PACKKAGE HARUS DIPISAHKAN
DENGAN MUATAN CURAH AGAR TIDAK RUSAK DAN MUATAN SAMPAI DITEMPAT TUJUAN
SOAL NO. 6
PERANGINAN MUATAN
A. UNTUK MENCEGAH TIMBULNYA KERINGAT
MUATAN, PERANGINAN MACAM APA YANG TERDAPAT DI KAPAL ANDA?
B. SELAMA PELAYARAN KAPAN VENTILASI
(PERANGINAN) TERSEBUT HARUS DIJALANKAN / DIBUKA DAN KAPAN HARUS DIHENTIKAN?
JAWABAN SOAL NO.
6
A. JENIS PERANGINAN YANG
TERDAPAT DI DALAM PALKA MENGGUNAKAN SEMACAM KIPAS YANG TERPASANG PADA BAGIAN
ATAS DAN MEMBERIKAN SIRKULASI UDARA DALAM PALKA TERSEBUT DAN KETIKA PALKA BELUM
DIBUKA MAKA TIDAK DIPERBOLEHKAN BURUH / PEKERJA BERADA DITEMPAT TERSEBUT UNTUK
MENGHINDARI RESIKO YANG TIDAK DIINGINKAN / KEMATIAN.
B. SISTEM VENTILASI INI DIRANCANG KEDAP AIR,
KETIKA KAPAL SEDANG DALAM PELAYARAN MAKA VENTILASI INI DIJALANKAN, SEDANGKAN
KETIKA KAPAL TIDAK BERLAYAR MAKA VENTILASI DIMATIKAN.
SOAL NO. 7
JELASKAN CARA PENEMPATAN BERBAGAI KELAS MUATAN BAHAYA DIATAS KAPAL DENGAN
MEMPERHATIKAN STANDARD ATURAN INTERNASIONAL!
JAWABAN SOAL NO. 7
- BARANG YANG MUDAH MELEDAK HARUS DIMUAT JAUH
DARI AKOMODASI SPACE, SEDANG UNTUK MUATAN CAIR YANG MUDAH TERBAKAR DILETAKKAN
DI TEMPAT YANG DINGIN SUHUNYA DARI TEMPAT AIR TERSEBUT HARUS DIBAWAH DARI
SUHUAIR LAUT, DISUSUN DAN DI LASHING YANG KOKOH SEHINGGA TIDAK DAPAT BERGESER.
- GAS YANG BERTEKANAN TINGGI (ZAT ASAM, ZAT
ADANG DAN SEJENISNYA) DISUSUN JAUH DARI DINDING PANAS / PADA PIPA YANG PANAS
BILASEBAGAI ON DECK MAKA HARUS DITUTUP TERPAL YANG TIDAK BERWARNA HITAM / GELAP
AGAR TIDAK MUDAH MENYERAP PANAS.
- ZAT CAIR YANG ASAM DAN KOROSIF
C AMONIAK, ASAM, GARAM MUATAN HARUS DIBUANG KE LAUT DAN HARUS SIAP SELANG AIR
BILA TERJADI KEBOCORAN SEBAGAI DASAR DI BAWAH TERAPAN DI TABUR PASIR YANG TEBAR
SEHINGGA DAPAT MERESAP BILA TERJADI KEBOCORAN.
- ZAT CAIR DENGAN TITIK BAHAN BAKAR RENDAH
(BENSIN, MINYAK TANAH, ALKOHOL) DITEMPATKAN YANG JAUH DARI AKOMODASI PEMUATAN
YANG PALING AKHIR DAN DIBONGKAR YANG PALING AWAL.
SOAL NO. 8
PEMERIKSAAN SEBELUM DAN SELAMA PEMBONGKARAN.
A. APAKAH YANG HARUS DIPERHATIKAN PADA
WAKTU MEMERIKSA TUTUP PALKA SEBELUM DIBUKA UNTUK MEMULAI PEMBONGKARAN?
B. APAKAH YANG PERLU DIPERHATIKAN,
DILAPORKAN ALAT MUAT BONGKAR SEBELUM DAN SELAMA PEMBONGKARAN?
C. APAKAH YANG PERLU DIPERHATIKAN,
DILAPORKAN DAN DICATAT BILA KERUSAKAN TERHADAP MUATAN YANG DIBONGKAR?
JAWABAN SOAL NO. 8
A. KETIKA MEMERIKSA TUTUP
PALKA SEBELUM DIBUKA / DITUTUP, KITA HARUS PASTIKAN BAHWA DIATAS HATCH COVER
SUDAH TIDAK ADA MUATAN DAN TIDAK ADA BURUH / PEKERJA, LASHINGAN YANG DIGUNAKAN
KETIKA KONDISI LAUT BEROMBAK YANG TERDAPAT DISAMPING KANAN KIRI MULUT PALKA
PASTIKAN HARUS DALAM KEADAAN TERBUKA AGAR TIDAK TERSANGKUT KETIKA MEMULAI /
MEMBUKA TUTUP PALKA.
B.
CARGO BLOCK DARI DERRICK, WIRE ROPE CRANE HARUS DI CEK
PASTIKAN TIDAK ADA KERUSAKAN, JANGKAUAN MAXIMAL DARI DERRICK, HANDLE DERRICK
BERFUNGSI, PASTIKAN CRANE SERING DILUMASI AGAR BOOM DAPAT BERFUNGSI DENGAN BAIK
KETIKA KEGIATAN BONGKAR MUAT, DAN PEMBERIAN OLI / MINYAK PELUMAS SEBAGAI PERAWATAN.
C.
MUATAN RUSAK JARANG SEKALI TARUNA TEMUI, TETAPI YANG
SERING TERJADI YAITU MUATAN YANG HILANG AKIBAT DARI PENCURIAN SEPERTI BURUH /
PEKERJA KETIKA MEMASUKI DAERAH TIMUR SEHINGGA MUATAN TIDAK UTUH SEBAGAIMANA
MESTINYA.
SOAL NO. 9
PERHATIKAN SEMUA MUATAN DI BONGKAR DALAM KEADAAN BAIK.
A. JELASKAN TUGAS PERWIRA
JAGA PADA SAAT MENGAWASI PEMBONGKARAN.
B. DOKUMEN MUATAN APA YANG DIPERLUKAN
UNTUK MENGECEK BAHWA KERUSAKAN MUATAN YANG SEDANG DIBONGKAR MEMANG TELAH
TERJADI PADA SAAT PEMUATAN?
C. APAKAH PERLUNYA MEMERIKSA RUANG PALKA
SETELAH PEMBONGKARAN SELESAI?
JAWABAN SOAL NO. 9
A. PADA SAAT KEGIATAN MUAT BONGKAR MUALIM
YANG BERTUGAS DI PALKA YAITU MUALIM JAGA MENGAWASI JALANNYA KEGIATAN BONGKAR
AGAR TIDAK TERJADI SALAH BONGKAR, DAN MENCATAT WAKTU KEGIATAN TERSEBUT DIMULAI
DAN BERAKHIR BIASANYA CADET MEMBANTU DALAM KEGIATAN TERSEBUT. HARUS
MENYESUAIKAN DENGAN DAFTAR BONGKAR YANG TELAH DIBUAT DAN DIKETAHUI OLEH MUALIM
1. JIKA TERJADI HAL YANG TIDAK DIINGINKAN SELAMA KEGIATAN BERLANGSUNG MAKA
MUALIM JAGA MEMILIKI WEWENANG UNTUK
MEMBERHENTIKAN KEGIATAN TERSBUT ATAU TINDAKAN LAIN YANG TIDAK MEMBAHAYAKAN BAGI SIAPA SAJA.
B. DOKUMEN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENGECEK
BAHWA KERUSAKAN MUATAN BIASA DI DAPAT DARI EIR (EQUIPMENT INTERCHANGE RECEIPT)
DAN STATEMEN OF FACT JUGA CARGO DAMAGING REPORT
C. UNTUK MEMASTIKAN BAHWA RUANGAN PALKA
TETAP DALAM KONDISI SEPERTI SEMULA BESERTA INVENTARIS YANG DISIMPAN DI DALAM
GUDANG YANG BERADA DI DALAM PALKA TERSEBUT SEPERTI GULUNGAN TROS YANG MASIH
BAU, CAT, DAN MEMASTIKAN BAHWA BONGKARAN TELAH HABIS (UNTUK MENGHINDARI OVER
CARRIAGE).
SOAL NO. 10
PERHATIKAN BAHWA TRIM, KESEIMBANGAN, HOGGING, DAN SAGGING TELAH SESUAI
DENGAN YANG DIINGINKAN.
A. DAPATKAN COPYNYA DAN JELASKAN CARA
MENGATUR TRIM DENGAN MENGGUNAKAN “TRIMMING TABLE / TRIMMING DIAGRAM”!
B. PENGOPERASIAN BALLAST UNTUK MENGATUR
TRIM KAPAL HARUS MEMPERHATIKAN STABILITAS KAPAL SERTA KONDISI SAGGING DAN
HOGGING, JELASKAN MAKSUDNYA!
JAWABAN SOAL NO. 10
A.
COPY TRIMMING DIAGRAM TERLAMPIR
B. PENGOPERASIAN BALLAST
KETIKA AKAN MEMULAI KEGIATAN MUAT BIASA TARUNA PERHATIKAN MUALIM 1
MEMERINTAHKAN CADET UNTUK MENGECEK DRAFT DEPAN DAN DRAFT BELAKANG, JIKA DRAFT
DEPAN TIDAK DALAM MAKA BALLAST PADA TANKI FOREPEAK DIKOSONGKAN DAN TANKI
BURITAN BALLAST DIATUR KETIKA EMBARKASI DIMULAI AGAR TIDAK TERJADI HOGGING
ATAUPUN SAGGING, JUGA MENDAPATKAN GM +
AGAR TIDAK TERJADI HAL YANG TIDAK DIINGINKAN KETIKA KAPAL BERLAYAR.
SOAL NO. 11
BERIKAN CONTOH TENTANG KASUS YANG TERJADI PADA BAGIAN KAPAL ATAU MUATAN
YANG DIKETAHUI SETELAH SELESAI PEMBONGKARAN, DAN BAGAIMANA PEMECAHANNYA!
JAWABAN SOAL NO. 11
KETIKA KEGIATAN BONGKAR DI PELABUHAN KETAPANG TERJADI
KERUSAKAN PADA CRANE KAPAL DISEBABKAN SERINGNYA BURUH / PEKERJA YANG
MENGOPERASIKAN ALAT TERSEBUT SESUKA HATI DAN SERINGNYA MENGANGKAT MUATAN YANG
BERATNYA MELEBIHI KAPASITAS KEAMANAN DAYA ANGKUT SEHINGGA TERJADI KEBOCORAN
PADA SALURAN OLI DAN POSISI CRANE TERSEBUT TERHENTI DAN MATI KETIKA MEMBONGKAR
BATANG BESI SEHINGGA KEGIATAN TERSEBUT LAMA DAN MENYEBABKAN DELAY.
SOAL NO. 12
KAPAN DAN DIMANA HAL ITU TERJADI SERTA APAKAH PENYEBABNYA?
JAWABAN SOAL NO. 12
16 APRIL 2014 17.30 WIB KETIKA SANDAR DIPELABUHAN TANJUNG WANGI.
KEJADIAN TERSEBUT AKIBAT DARI OVER LOAD DAN TENAGA PEKERJA YANG
MENGOPERASIKAN CRANE ASAL – ASALAN.
SOAL NO. 13
PADA SAAT DALAM PELAYARAN, PERLU PEMERIKSAAN MUATAN PADA SAAT CUACA
BURUK. APAKAH YANG PERLU DIPERHATIKAN DAN APAKAH TUJUANNYA?
JAWABAN SOAL NO. 13
PEMERIKSAAN YANG PERLU DILAKUKAN PADA SAAT CUACA BURUK
ADALAH LASHINGAN CONTAINER HARUS KUAT, LASHINGAN YANG BERADA DISAMPING KANAN
KIRI MULUT PALKA HARUS TERKUNCI RAPAT UNTUK MENGHIDARI AIR YANG MASUK. TERPAL
YANG DIGUNAKAN UNTUK MUATAN CURAH SEPERTI BAWANG HARUS DILASHING KUAT.TUJUAN
DARI PEMERIKSAAN TERSEBUT AGAR MUATAN TIDAK RUSAK DAN SAMPAI DI TEMPAT TUJUAN.
SOAL NO. 14
DARI HASIL PEMERIKSAAN TERSEBUT, HAL - HAL APA SAJAKAH YANG PERLU DI
CATAT DI DALAM BUKU HARIAN KAPAL?
JAWABAN SOAL NO. 14
HAL – HAL YANG PERLU DI CATAT DALAM BUKU HARIAN KAPAL :
-
JENIS KEBOCORAN.
-
NOMOR VOYAGE SERTA PERJALANAN DARIMANA KEMANA.
-
JENIS DAN JUMLAH MUATAN YANG RUSAK.
-
WAKTU DARI KEJADIAN TERSEBUT (HARI, TANGGAL, JAM, BULAN DAN
TAHUN).
SOAL NO 15
JELASKAN CARA MENGATUR YANG BENAR DARI PERANGINAN DAN SUHU UDARA DI PALKA
UNTUK MENCEGAH KERUSAKAN MUATAN / KAPAL!
JAWABAN SOAL NO. 15
CARA MENGATUR PERANGINAN YANG BENAR DAN SUHU UDARA UNTUK MENCEGAH
KERUSAKAN MUATAN DI ATAS KAPAL, YAITU :
CARA PEMBERIAN VENTILASI DALAM PALKA TERGANTUNG JENIS MUATAN DI DALAMNYA.
RUANG PALKA YANG TIDAK DIBERI VENTILASI ATAU BERVENTILASIKAN KURANG BAIK
AKAN CEPAT MENGANDUNG UDARA YANG BERUAP PANAS, GAS DAN BAU YANG
TIDAK SEDAP DIMANA SEMUANYA ITU DAPAT MENYEBABKAN
KERUSAKAN PADA MUATANNYA DAN DAPAT MENIMBULKAN KONDENSASI DAN BERAKIBAT
MENIMBULKAN KERINGAT MUATAN YANG BISA MERUSAK SELURUH MUATAN.
HAL YANG PERLU DALAM MELAKUKAN VENTILASI :
BERILAH VENTILASI APABILA KELEMBABAN UDARA DI LUAR LEBIH KECIL ATAU LEBIH
LEBIH BANYAK / BESAR.
HINDARI VENTILASI APABILA KELEMBABAN UDARA DI LUAR LEBIH BESAR DARI PADA
KELEMBABAN UDARA DALAM PALKA.
Mantab
BalasHapustrimakasih
BalasHapus