SOAL CRB ( CADET RECORD BOOK ) PENGENDALIAN KAPAL DAN OLAH GERAK ANT-III
PENGENDALIAN KAPAL DAN OLAH GERAK ANT-III
SOAL NO.1
A.GAMBARLAH KEMUDI KAPAL ANDA LENGKAP
DENGAN TOMBOL – TOMBOL
PENGONTROLNYA DAN BERILAH
KETERANGAN SELENGKAPNYA!
B.
-CERITAKAN
BAGAIMANA CARA MENGHIDUPKAN DAN MEMATIKAN MESIN KEMUDI!
-JELASKAN
CARA MEMINDAHKAN PENGOPERASIAN KEMUDI DARI MANUAL KE
OTOMATIS DAN SEBALIKNYA!
-TERANGKAN PENGGUNAAN TOMBOL
“NON FOLLOW UP SYSTEM”!
JAWABAN SOAL NO.
1
A. JAWABAN
TERLAMPIR.
B. TEKAN TOMBOL PUMP 1 DAN PUMP 2 (KE
KANAN DAN KEKIRI), KEMUDIAN CEK KEMUDI CIKAR KANAN / KIRI DENGAN MEMPERHATIKAN
RUDDER INDICATOR. CARA MEMATIKAN YAITU KETIKA NAKHODA TELAH MEMBERIKAN ABA –
ABA “BT SELESAI, KEMUDI SELESAI, TERIMAKASIH” JURUMUDI BIASANYA MENGIKUTI
PERINTAH DAN MENEKAN SWITCH PUMP 1 DAN PUMP 2 PADA POSISI OFF MAKA MESIN KEMUDI
AKAN MATI SECARA OTOMATIS.
- KETIKA
NAKHODA TELAH MEMBERI ABA – ABA FULL AWAY YANG BERARTI PELAYARAN DIMULAI DAN
OLAH GERAK BERAKHIR DAN DISERAHKAN KEPADA MUALIM JAGA DAN MUALIM JAGA
MEMERINTAHKAN DENGAN MEMBERI ABA – ABA “OTOMAT” MAKA JURUMUDI WAJIB MENGULANGI
ABA – ABA TERSEBUT DAN KEMUDI LANGSUNG DIARAHKAN KE TENGAH – TENGAH (MIDSHIP)
DAN KEMUDI LANGSUNG DIPINDAHKAN KE AUTOMAT.
- KEMUDI INI
DIGUNAKAN JIKA SYSTEM MANUAL DAN AUTOMAT TELAH RUSAK, DENGAN MENEKAN SWITCH
“NON FOLOW UP” SECARA OTOMATIS KEMUDI AKAN LANGSUNG PINDAH DAN BEKERJA DENGAN
CARA NON FOLLOW UP SYSTEM.
SOAL NO. 2
A.JELASKAN
TUGAS JAGA NAVIGASI SEPERTI YANG DIATUR DALAM THE REGULATION
VIII/2 OF SCTW CONVENTION!
- HAL – HAL APA SAJAKAH YANG HARUS ANDA
PERHATIKAN PADA WAKTU TIMBANG
TERIMA JAGA DI ANJUNGAN?
- APA
SAJAKAH YANG HARUS ANDA PERHATIKAN / KERJAKAN SELAMA MELAKSANAKAN TUGAS JAGA DI
ANJUNGAN?
B.BIASANYA PADA
MALAM HARI, SEBELUM TIDUR, NAKHODA AKAN MENGISI BUKU “NIGHT ORDER”, APAKAH YANG DITULIS DI
DALAMNYA? KUTIP SALAH SATU ISINYA DAN
SEBUTKAN TANGGAL SERTA NAMA NAKHODANYA!
C. SALINLAH “STANDING ORDER” YANG
BERADA DI ATAS KAPAL ANDA, SIAPA NAKHODA YANG MEMBUAT, PADA TANGGAL BERAPA DI
BUAT?
JAWABAN SOAL NO.
2
A.
TUGAS JAGA
MENURUT REGULATION VIII / 2 STCW CONVENTION :
1. JAGA LAUT.
2. JAGA PELABUHAN.
3. JAGA RADIO.
4.
JAGA LABUH (BERLABUH JANGKAR).
- HAL - HAL
YANG PERLU DIPERHATIKAN KETIKA TIMBANG TERIMA JAGA DIANJUNGAN :
1. PETUGAS JAGA
BARU HARUS DATANG LEBIH AWAL 30MENIT SEBELUM TUGAS JAGA DIMULAI.
2. TUNJUKKAN
POSISI KAPAL TERAKHIR KEPADA PETUGAS JAGA BARU.
3. LAPORKAN
KEADAAN RADAR, HALUAN TERAKHIR YANG DIKEMUDIKAN, SERTA KEADAAN LAUT JIKA
TERDAPAT KAPAL YANG AKAN BERTEMU.
4. CERITAKAN
KEJADIAN YANG DIALAMI KETIKA TUGAS JAGA BERLANGSUNG KEPADA PETUGAS JAGA YANG BARU.
5. PEMBACAAN
GYRO DAN COMPAS MAGNETIK DIPERHATIKAN.
6. PENUNJUKAN
DAUN KEMUDI BERAKHIR.
7. ABA
– ABA TERAKHIR YANG DIBERIKAN.
8. KEADAAN
TERAKHIR DARI PERANGKAT KEMUDI SEPERTI DIMMER ALARM, DLL.
9. INFORMASI POMPA KEMUDI YANG
DIGUNAKAN.
HAL – HAL YANG HARUS ANDA
PERHATIKAN KETIKA MELAKSANAKAN TUGAS JAGA :
1. USAHAKAN
KAPAL TETAP BERADA PADA GARIS HALUAN YANG TELAH DITENTUKAN.
2. SERING
MENGGUNAKAN BARINGAN BENDA DARAT UNTUK MENEGTAHUI POSISI KAPAL AGAR TETAP FIX.
3. SELALU
MENGADAKAN PENGAMATAN KELILING SESUAI DENGAN PERATURAN YANG BERLAKU.
4. JALANKAN TUGAS
JAGA SESUAI DENGAN BRIDGE STANDING ORDER DAN NIGHT ORDER (JIKA NAKHODA
MEMBUATNYA).
5. LAKUKAN
PENENTUAN POSISI SETIAP 1 JAM SEKALI DENGAN SARANA YANG ADA.
6. HINDARI
BAHAYA NAVIGASI DAN TUBRUKAN.
7. AMATI
SYMBOL PETA YANG MENARIK PERHATIAN.
B. NIGHT ORDER.
LAUT JAWA
12 APRIL 2015
TRAYEK
TG.PERAK – TG WANGI
PRO MUALIM JAGA
1. ADAKAN
PENENTUAN POSISI SESERING MUNGKIN DAN CROSCEK DENGAN GPS, RADAR DAN MANUAL.
2. HINDARI
JARING NELAYAN, WASPADA PERAHU NELAYAN TANPA LAMPU.
3. MENYUSUL
/ BERPAPASAN JANGAN TERLALU DEKAT DAN ADAKAN KOMUNIKASI.
4. JANGAN
MENINGGALKAN ANJUNGAN TANPA MUALIM PENGGANTI LAKUKAN SERAH TERIMA SESUAI
PROSEDUR.
5. WASPADA BAHAYA
KEBAKARAN, ORANG JATUH KELAUT DAN SERING MELIHAT ADANYA
6. PENUMPANG
DI LUAR PAGAR.
7. RAGU
– RAGU SEGERA PANGGIL NAKHODA.
SELAMAT BERTUGAS
DIBACA DAN
DITANDATANGANI
NAKHODA
CAPT.OKE OKTARIADI M.MAR
1. ML I
2. ML II
3. ML.
III
C.
STANDING ORDER DI KM BERKAH 36
·
30 MENIT SEBELUM DINAS JAGA DIMULAI PERWIRA JAGA
HARUS BERADA
DI ANJUNGAN.
·
BERTINDAK SESUAI DENGAN KECAKAPAN PELAUT YANG BAIK.
·
USAHAKANLAH POSISI KAPAL SELALU BERADA DIGARIS HALUAN.
PERGUNAKANLAH SARANA NAVIGASI YANG ADA SEMAKSIMAL MUNGKIN.
·
HINDARILAH
PERAHU-PERAHU IKAN,TUG BOAT YANG SEDANG
MENGGANDENG
DAN BAHAYA NAVIGASI LAINNYA.
·
BERHADAPAN,MENYILANG,DAN MEMOTONG KAPAL LAIN HARUS PADA
JARAK YANG AMAN.
·
BILA SEDANG BERTUGAS JAGA DIANJUNGAN TIDAK BOLEH MENINGGALKAN
ANJUNGAN KECUALI ADA PENGGANTI.
·
SEKURANG-KURANGNYA SEKALI DALAM TIAP JAGA LAUT UNTUK
MENCARI/MENGHITUNG DEVIASI PEDOMAN MAGNETIK
DAN GYRO
KOMPAS ERROR.
·
PADA WAKTU DINAS JAGA DIANJUNGAN TINGKATKAN KEWASPADAAN
UNTUK KESELAMATAN KAPAL DAN
MENGHINDARI PEROMPAK DAN CATAT
DALAM LOG BOOK.
·
PADA WAKTU TIMBANG TERIMA JAGA DIANJUNGAN BERITAHUKAN KAPAL
SEDANG BERHADAPAN,MENYUSUL,MEMOTONG
JIKA ADA.
·
HALUAN DAN
INFORMASI LAINNYA.
·
DALAM KEADAAN
RAGU-RAGU PANGGIL NAHKODA.
·
LANJUTAN JAWABAN SOAL NO. 2
·
SELAMAT JAGA.
PARAF MASTER
CHIEF OFFICER
SECOND OFFICER
THIRD OFFICER
NAHKODA YANG MEMBUAT : CAPT. OKE OKTARIADI M.MAR
PADA TANGGAL: 05 DESMBER 2014
SOAL NO. 3
A.JELASKAN PERSIAPAN YANG DILAKUKAN PADA SAAT
KAPAL SIAP
MENINGGALKAN
PELABUHAN.
B.APA YANG HARUS DIPERSIAPKAN AGAR KAPAL DALAM
KONDISI “SIAP
BERLAYAR”?
C.
APA YANG PERLU DILAPORKAN OLEH MUALIM II BERKAITAN DENGAN ROUTE YANG AKAN
DITEMPUH?
JAWABAN
SOAL NO. 3
A.PERSIAPAN
YANG DILAKUKAN KAPAL PADA SAAT MENINGGALKAN PELABUHAN :
- JALANKAN
OHN (ONE HOUR NOTICE) / ORDER 1 JAM KEPADA NAKHODA, KKM,
MASINIS JAGA DAN HUBUNGI ECR.
- SIAPKAN PETA
YANG DIGUNAKAN SESUAI ROUTE, CHECK LIST DEPARTURE KEBERANGKATAN
KAPAL).
- RENCANA
KEBERANGKATAN DIUMUMKAN BERSAMAAN DENGAN ORDER 1 JAM (OHN) SEBELUM KAPAL
BERANGKAT.
- KAPAL
HARUS LAYAK LAUT.
- USAHAKAN
STABILITAS POSITIF, SIAPKAN SHIP CONDITION.
- SARANA
OLAH GERAK DISIAPKAN DAN DICOBA.
- SARANA
NAVIGASI DISIAPKAN.
- HUBUNGI
KEPANDUAN.
B. PERSIAPAN KAPAL KETIKA SIAP BERLAYAR :
- SURAT
KAPAL CLEAR.
- CREW
LENGKAP.
- MUALIM DAN
CREW SIAP DITEMPAT TUGASNYA MASING – MASING (ML. III DI HALUAN DAN ML. II DI
BURITAN).
- MUALIM
JAGA DI ANJUNGAN.
- PILOT
ON BOARD.
- TUG
BOAT HARUS STANDBY JIKA MENGGUNAKANNYA.
- ABA
– ABA SINGLE UP DARI NAKHODA.
- START MESIN, BOW THRUSTER ON,
STANDBAY ENGINE.
C.
YANG PERLU DILAPORKAN MUALIM II YANG BERKAITAN DENGAN ROUTE :
- JARAK DAN HALUAN HARUS TERTERA
JELAS DI PETA.
- KECEPATAN
RATA – RATA KAPAL GUNA SUPPLY DATA BAHAN BAKAR.
- JIKA AKAN
MENYAMPAIKAN PESAN UNTUK SETIAP MUALIM JAGA TULIS DI PETA DENGAN TEMPAT YANG
MUDAH DIBACA OLEH SETIAP ORANG.
- BERI
KETERANGAN DIMANA RADAR HARUS DI ON.
- BERI KETERANGAN JIKA TERDAPAT
BAHAY NAVIGASI DI TEMPAT YANG BIASA DI LALUI OLEH KAPAL KITA.
SOAL
NO. 4
APAKAH YANG PERLU DILAKUKAN DENGAN ALAT – ALAT
BERIKUT INI AGAR KAPAL SIAP MENINGGALKAN PELABUHAN.
A. SISTEM
KEMUDI.
B. TELEGRAP.
C. WISHEL.
D. GYRO
COMPASS.
E. RADAR
& ARPA.
F. NAVIGATION
LIGHT.
G. SISTEM
KOMUNIKASI INTERN.
H. COURSE
RECORDER.
JAWABAN
SOAL NO. 4
A. SISTEM KEMUDI :KEMUDI HARUS “ON” CEK PERGERAKAN
KEMUDI DENGAN RUDDER ANGLE. HARUS SINKRON.
B. TELEGRAP : DI CEK KESESUAIAN ANTARA KAMAR MESIN DAN ANJUNGAN DI TEST DENGAN CARA SIAP MAJU / MUNDUR DAN SETELAH SINKRON
DIKEMBALIKAN DALAM KEADAAN STANDBY SELANJUTNYA
MENUNGGU
PERINTAH DARI NAKHODA / PANDU.
C.
WISHEL : CEK
ANGIN SETELAH ITU DI TEST.
D. GYROCOMPASS :
DALAM KEADAAN “CN” DAN SIAP PAKAI ± 30’ SEBELUM KAPAL BEROLAH GERAK.
E.
RADAR & ARPA : HARUS “ON” DAN SIAP PAKAI ±
15’ SEBELUM KAPAL OLAH GERAK.
F. NAVIGATIONAL LIGHT :PERIKSA KELAYAKAN LAMPU. MALAM HARI/ CUACA MENDUNG, BERKABUT PADA SIANG HARI MAKA NYALAKANLAMPU
NAVIGASI
G. SISTEM KOMUNIKASI INTERN :
SISTEM
INI BIASA DILAKUKAN UNTUK KOORDINASI DENGAN PIHAK DARAT DENGANCHANNEL KERJA
YANG TELAH DITENTUKAN OLEH PERUSAHAAN UNTUK MENGHINDARI MISS
COMUNICATION.
H. COURSE RECORDER HARUS SELALU ON KETIKA KAPAL AKAN BERANGKAT.
SOAL NO. 5
PADA
SAAT MENINGGALKAN ATAU MASUK PELABUHAN, DALAM HAL – HAL APAKAH HARUS ADA
KESESUAIAN ANTARA NAKHODA DAN “ENGINE CONTROL ROOM”.
JAWABAN SOAL NO. 5
HAL-HAL YANG HARUS SESUAI ANTARA NAHKODA DAN ENGINEERING CONTROL
PADA SAAT MENINGGALKAN ATAU MEMASUKI PELABUHAN MEMBARITAHUKAN KEPADA PERWIRA MESIN
BAHWA KAPAL AKAN OLAH GERAK UNTUK MASUK ATAU MENINGGALKAN PELABUHAN BIASANYA
DENGAN MEMBERIKAN OHN ( ONE HOUR NAUTICE)
·
KECOCOKAN JAM ANJUNGAN DAN KAMAR MESIN,SERTA TELEGRAPH
DENGAN CARA TES TELEGRAPH.
·
TES MESIN INDUK MEMASTIKAN BAHWA MESIN SIAP
DIGUNAKAN UNTUK OLAH GERAK.
SOAL NO. 6
APAKAH
YANG DILAKUKAN OLEH MUALIM YANG BERTUGAS DI ANJUNGAN DALAM MEMBANTU PELAKSANAAN PERINTAH
NAKHODA / PANDU?
JAWABAN SOAL NO. 6
- MUALIM
1 BERTUGAS DI ANJUNGAN DENGAN MEMEGANG HT MENERUSKAN PERINTAH DARI NAKHODA /
PANDU KEPADA MUALIM YANG BERTUGAS DI DEPAN DAN BELAKANG PERINTAH HARUS JELAS
AGAR TIDAK TERJADI MISS COMMUNICATION.
- MUALIM
JAGA MEMBACA SPEED KAPAL (MERAH / HIJAU), MEMONITOR JARAK KADE DAN KAPAL
YANG MELAKUKAN OLAH GERAK JIKA ADA.
SOAL NO. 7
PADA
SAAT PERAN MUKA – BELAKANG, APAKAH TUGAS YANG HARUS DILAKSANAKAN OLEH AWAK
KAPAL YANG BERADA DISANA?
JAWABAN SOAL NO. 7
-KAPAL AKAN SANDAR JIKA PERINTAH MUKA BELAKANG TELAH DISEBUTKAN
MENGGUNAKAN PENGERAS SUARA, MAKA ABK DAN MUALIM HARUS STANDBY DI TEMPAT
TUGASNYA MASING – MASING, KEMUDIAN MENYIAPKAN TALI – TALI YANG BIASA DI GUNAKAN
(TALI TROS, BREAST LINE DAN SPRING LINE) TIDAK LUPA JUGA TALI BUANGAN YANG SIAP
DI AYUN KETIKA SUDAH MENDEKATI DERMAGA UNTUK MENGIRIM TALI – TALI YANG BIASA
DIIKAT DI BOLDER KADE.STOPPER JANGKAR HARUS DIBUKA DAN DIAREA AGAR JANGKAR
BERADA DI POSISI STANDBY TERGANTUNG DARI SANDAR KANAN / KIRI.
- KETIKA KAPAL AKAN BERANGKAT KITA
IKUTI PERINTAH DARI ANJUNGAN DAN STANDBY DITEMPAT TUGASNYA MASING – MASING DAN
SELESAI KETIKA ADA ABA – ABA “DEPAN YANG IKAT KUAT SELESAI, BELAKANG RAPI
SELESAI TERIMAKASIH” BERARTI TUGAS TELAH SELESAI MUALIM YANG BERTUGAS SEGERA MELAPOR
KE ANJUNGAN BAHWA TUGAS TELAH SELESAI.
SOAL NO. 8
JELASKAN HAL – HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN
DALAM MENJEMPUT PANDU!
TERANGKAN SECARA RINCI TERMASUK MENYIAPKAN
TANGGA PANDU YANG BENAR!
JAWABAN SOAL NO. 8
PADA WAKTU MENJEMPUT PANDU :
-SETELAH MOTOR PANDU MERAPAT DIKAPAL, CADET YANG BIASA BERTUGAS MENJEMPUT PANDU HARUS SUDAH BERADA DI DEKAT TANGGA
PANDU.
-KITA YANG SEOLAH – OLAH SEBAGAI PETUNJUK JALAN BAGI PANDU HARUS
MENGANTARKAN PANDU KE ANJUNGAN. MARKONIS BIASA MENCATAT WAKTU (JAM) PADA SAAT
PANDU SUDAH DI ATAS KAPAL.
-CADET MENAIKKAN
BENDERA “H” JIKA PADA SIANG HARI, PADA MALAM HARI MEMASANG LAMPU KELILING PUTIH
MERAH YANG BERARTI DIKAPAL SAYA ADA PANDU.
PERSIAPAN TANGGA PANDU :
-ABK
(BIASANYA KELASI) HARUS MENYIAPKAN TANGGA PANDU DAN HARUS DALAM KEADAAN BERSIH
DAN TERIKAT KUAT.
-JARAK
TANGGA PANDU DENGAN PERMUKAAN AIR LAUT DISESUAIKAN DENGAN MOTOR YANG DIGUNAKAN
PANDU.
-SPEED KAPAL
DIKURANGI PADA SAAT MOTOR PANDU MENDEKAT / MERAPAT DAN KETIKA PANDU NAIK.
SOAL NO. 9
MELAKSANAKAN “LOOK OUT” YANG BENAR, DENGAN PENGLIHATAN DAN
PENDENGARAN.
A. SEBUTKAN ISYARAT – ISYARAT BUNYI
YANG BERKAITAN DENGAN OLAH GERAK DAN PENYIMPANGAN SERTA PENYUSULAN, TERMASUK
DALAM PENGLIHATAN TERBATAS!
B. BAGAIMANAKAH ANDA MENGENAL /
MEMBEDAKAN ANTARA SUAR SATU DENGAN LAINNYA? BERILAH CONTOHNYA!
C. GAMBARKAN SOSOK – SOSOK BENDA YANG
DIPASANG OLEH KAPAL TERSEBUT DALAM KEADAAN KHUSUS. SEBUTKAN KAPAN ANDA
BERJUMPA, DIMANA DAN APA MAKSUD TANDA / SOSOK BENDA TERSEBUT!
JAWABAN SOAL NO. 9
A.
ISYARAT BUNYI
• SATU PENDEK :
SAYA MERUBAH HALUAN KE KANAN.
• • DUA PENDEK :
SAYA MERUBAH HALUAN KE KIRI.
• • • TIGA PENDEK :
MESIN MUNDUR
― ― • 2
PANJANG 1 PENDEK : SAYA MENYUSUL
DARI LAMBUNG KANAN.
―
― • • 2 PANJANG 2 PENDEK : SAYA MENYUSUL DARI LAMBUNG KIRI.
―
• ― • 1 PANJANG 1 PENDEK : SAYA SETUJU DISUSUL.
•
• • • • 5 PENDEK :
SAYA TIDAK SETUJU DISUSUL.
― 1
PANJANG : PERHATIAN.
B.
DENGAN MELIHAT SIFAT SUAR YANG TERTERA KETERANGANNYA DIPETA :
- JARAK
TAMPAK.
- TANDA
PUNCAK.
LANJUTAN JAWABAN SOAL NO. 9
- KARAKTER
LAMPU.
- NAMA
SUAR JIKA ADA.
CONTOH :
C Hj 5s 10m 11 M (KARANG JONG).
C (2) 10s 32m 10 M (P. PAYONG).
C. SOSOK BENDA YANG PERNAH DIJUMPAI
KAPAL
BERLABUH JANGKAR DI REDE TG.PRIOK,JAKARTA
KAPAL
TIDAK DAPAT OLAH GERAK DI PELABUHAN PANJANG
KAPAL YANG TERBATAS KEMAMPUAN OLAH GERAKNYA DISEBABKAN
KEADAAN
KHUSUS.
KAPAL YANG
TERKEKANG OLEH SARATNYA.
PADA
SIANG HARI SOSOK BENDA TERSEBUT DIPASANG DI TIANG HALUAN / DITEMPAT YANG MUDAH
DILIHAT OLEH KAPAL LAIN, SEDANGKAN PADA MALAM HARI SOSOK BENDA TIDAK DIGUNAKAN
LAGI DAN DIGANTI DENGAN LAMPU SESUAI DENGAN PERATURAN INTERNASIONAL YANG
BERLAKU.
SOAL NO. 10
KEBERADAAN KAPAL SELALU DIMONITOR AGAR SELALU BERADA DALAM
NAVIGASI YANG AMAN. UNTUK KEPERLUAN TERSEBUT, APAKAH HAL – HAL YANG HARUS ANDA
PERHATIKAN DENGAN HAL – HAL BERIKUT :
A. HALUAN
KAPAL.
B. KECEPATAN
KAPAL.
C. POSISI.
D. SITUASI
LALU LINTAS PERAIRAN.
JAWABAN SOAL NO. 10
A. USAHAKAN HALUAN
YANG DIKEMUDIKAN SESUAI HALUAN SEJATI YANG DITENTUKAN DAN TERTERA DI PETA, SESUAIKAN
HALUAN DENGAN PEDOMAN MAGNETIK, STANDART, GYRO KETIKA TERJADI PERUBAHAN HALUAN
SEHINGGA DAPAT TERKETAHUI SALAH TUNJUKNYA.
B. KECEPATAN
HARUS SESUAI DENGAN AREA YANG DILAYARI, SELALU GUNAKAN KECEPATAN AMAN UNTUK MENGHINDARI
BAHAYA TUBRUKAN.
LANJUTAN JAWABAN SOAL NO.10
C. USAHAKAN MENGAMBIL BARINGAN BENDA
DARAT / ALAT BANTU NAVIGASI UNTUK PENENTUAN POSISI AGAR HMENDAPATKAN HASIL YANG
FIX, DAPAT JUGA MENGGUNAKAN GPS, RADAR. AMBIL PENENTUAN POSISI SETIAP 30 MENIT SEKALI.
D. SESUAIKAN KAPAL
DENGAN SITUASI LALU LINTAS PERAIRAN AGAR KAPAL SAMPAI DITEMPAT TUJUAN DENGAN
AMAN, JIKA LALU LINTAS PERAIRAN PADAT SEPERTI HALNYA MASUK DI PELABUHAN PETROKIMIA GRESIK ATAU
PELABUHAN SEMACAM
SELAT SINGAPORE
USAHAKAN MENJAGA KECEPATAN AMAN AGAR KAPAL TETAP SAMPAI DI TUJUAN.
SOAL NO. 11
PEMERIKSAAN RUTIN, PERAWATAN, DAN HAL – HAL APA YANG PERLU DI
CATAT DARI ALAT – ALAT NAVIGASI DIBAWAH INI :
1. GYRO
COMPASS.
2. MAGNETIC
COMPASS.
3. COURSE
RECORDER.
4. TOPDAL.
5. ECHO
SOUNDER.
6. SISTEM
KEMUDI.
7. SISTEM
ALARM.
8. LAMPU
NAVIGASI.
JAWABAN SOAL NO. 11
1.
GYRO COMPASS
SETIAP 1 TAHUN SEKALI DIGANTI AIRNYA YANG BERADA DI BOLA TENGAH GYRO. KEMUDIAN
DISESUAIKAN DEVIASINYA DENGAN COMPASS MAGNETIC AGAR SEMBIR (ERROR) TIDAK
TERLALU BESAR / TIDAK ADA SEMBIR (ERROR).INI DIKERJAKAN SETIAP 1 TAHUN SEKALI
KETIKA KAPAL DOCK.
2. MAGNETIC COMPASS
SETIAP 1 TAHUN SEKALI DITIMBAL KETIKA MELAKSANAKAN COMPASSEREN SETELAH SELESAI
DOCK, BIASANYA DILAKUKAN BERSAMAAN DENGAN SEA TRIAL.
3. COURSE RECORDER HARUS
SELALU ON KETIKA KAPAL SEDANG BERLAYAR DAN YANG PERLU DIPERIKSA YAITU TINTA DAN
KERTAS YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGEPRINT.
LANJUTAN JAWABAN SOAL NO. 11
4. TOPDAL BIASA DI GUNAKAN UNTUK
MENSOUNDING TANKI UNTUK BAHAN BAKAR /
AIR TAWAR.
5.KETIKA KAPAL DOCK TRANDUSER YANG BERADA
DIBAWAH LUNAS KAPAL YANG MENGHUBUNGKAN ECHOSOUNDER DI ANJUNGAN DITUTUP KERTAS
DAN DI LAKBAN AGAR TIDAK TERJADI KERUSAKAN PADA ECHOSOUNDER KETIKA DIGUNAKAN. KETIKA PENGECATAN SELESAI DIGUNAKAN MAKA KERTAS YANG DITUTUP PADA TRANDUSER
TERSEBUT DIBUKA, MAKA KETIKA KAPAL TURUN DARI GALANGAN DOCK MAKA ECHOSOUNDER
DAPAT BERFUNGSI TETAP BAIK.
6. SISTEM
KEMUDI HARUS SELALU DIPERIKSA ANGIN YANG BERADA DI PUMP 1 DAN 2.
7.SISTEM
ALARM HARUS SELALU DICOBA KETIKA MELAKSANAKAN LATIHAN DARURAT YANG DILAKSANAKAN
SETIAP MINGGU.
8.LAMPU
NAVIGASI KETIKA DINYALAKAN HARUS SELALU DI PERIKSA APAKAH ADA SALAH SATU YANG
PADAM ATAU TIDAK.
SOAL NO. 12
ADA
KALANYA KAPAL HARUS MERUBAH HALUAN DAN KECEPATAN UNTUK MENYESUAIKAN WAKTU TIBA
DI PELABUHAN TUJUAN ATAU KARENA SEBAB LAIN SEPERTI CUACA BURUK DAN SEBAGAINYA.
CERITAKAN KEJADIAN YANG ANDA ALAMI DENGAN MENYEBUTKAN TANGGAL PENYEBAB, SERTA
DIPERAIRAN MANA KAPAL BERADA!
JAWABAN SOAL NO. 12
PERAIRAN : KARANG JAMUANG
PERJALANAN : TANJUNG WANGI-
PETROKIMIA GRESIK
VOY.16A TGL. 12 FEBRUARY 2014
NAKHODA
MENURUNKAN PUTARAN MESIN DARI KECEPATAN NORMAL BIASANYA 8 KNOT MENJADI 5 KNOT
UNTUK MENGHINDARI SURUT TERENDAH KETIKA TIBA DI SUNGAI KAPUAS, SEHINGGA KAPAL
BISA BEROLAH GERAK DENGAN EFEKTIF DAN RESIKO UNTUK KANDAS SEKECIL MUNGKIN.
SOAL NO. 13
PADA
SAAT MEMULAI JAGA DI ANJUNGAN SETELAH TIMBANG TERIMA DARI MUALIM YANG
SEBELUMNYA, ANDA HARUS BETUL – BETUL MENGUASAI KEADAAN KAPAL. ANDA PERLU
MENGECEK KEMBALI INFORMASI YANG ANDA TERIMA DARI MUALIM YANG DIGANTI, TERUTAMA
MENGENAI HAL – HAL BERIKUT INI :
A. HALUAN
DAN KECEPATAN KAPAL
B. POSISI
KAPAL
C. SITUASI
LALU LINTAS
D. KEADAAN
CUACA
E. CAPTAIN’S
ORDER
JAWABAN SOAL. 13
A. HALUAN DAN
KECEPATAN KAPAL HARUS TETAP DI KONTROL, HALUAN HARUS SESUAI HALUAN SEJATI YANG
TELAH DITENTUKAN (TERTERA DIPETA) SEDANGKAN KECEPATAN KAPAL HARUS SESUAI DENGAN
PERINTAH NAKHODA / SESUAI PERINTAH PERUSAHAAN KARENA MENYANGKUT BAHAN BAKAR.
B. POSISI KAPAL
HARUS MENGECEK ULANG POSISI TERAKHIR UNTUK MEMASTIKAN BAHWA KAPAL BERADA PADA
POSISI YANG TELAH DITENTUKAN.
C. AMATI SITUASI
LALU LINTAS DENGAN SELALU MENGADAKAN PENGAMATAN SEKELILING BAIK MATA, TELINGA,
DAN ALAT BARING UNTUK MEMASTIKAN SITUASI AMAN.
D. CEK DAN AMATI
KEADAAN CUACA YANG DIDAPAT LAPORAN DARI MUALIM JAGA YANG LAMA, SEHINGGA MUALIM
JAGA BARU DAPAT MENGANTISIPASI JIKA TERJADI CUACA BURUK (SEPERTI HUJAN, ANGIN).
E. INFORMASIKAN
PERINTAH NAKHODA KEPADA MUALIM JAGA BARU
AGAR DAPAT TERLAKSANA DAN CEK PADA “NIGHT ORDER MASTER”.
SOAL NO. 14
HAL
– HAL APA SAJA YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT TIMBANG TERIMA JAGA JIKA :
A. KAPAL
SEDANG LEGO JANGKAR
B. KAPAL
SEDANG SANDAR DI PELABUHAN
JAWABAN SOAL NO. 14
A.
KAPAL SEDANG LEGO JANGKAR
- CEK POSISI KAPAL SETIAP SAAT DIBUTUHKAN UNTUK
MENGHINDARI RESIKO LARAT.
- CATAT SEGALA HAL PENTING YANG TERJADI KETIKA
KAPAL DALAM POSISI BERLABUH.
- CATAT KEADAAN CUACA SELAMA TUGAS JAGA
BERLANGSUNG.
- SELALU SIAP DAN SIGAP UNTUK MENANGGAPI
BERBAGAI HAL.
- SERING MENGADAKAN RONDA KEAMANAN SESERING
MUNGKIN UNTUK MEMASTIKAN BAHWA
KEADAAN & INVENTARIS KAPAL (SEPERTI LIFE RAFT, TROS, DLL) AMAN.
- JANGAN TERLALU LENGAH BERTUGAS JAGA KARENA
KETIKA TERJADI YANG TIDAK DIINGINKAN KAPAL DIANGGAP TIDAK SIAP.
B. KAPAL SEDANG SANDAR DI PELABUHAN
- LAKUKAN PENJAGAAN KAPAL SEEFEKTIF MUNGKIN
KARENA RESIKO KEHILANGAN KAPAL SANGAT BESAR.
-JIKA TENAGA KERJA YANG BEKERJA DIPALKA KETIKA
KAPAL MELAKSANAKAN BONGKAR MUAT, MAKA PERLU DI WASPADAI.
LANJUTAN JAWABAN
SOAL NO. 14
- JIKA
ADA TAMU YANG BERKUNJUNG DIKAPAL USAHAKAN UNTUK MENGISI BUKU TAMU YAND
DISEDIAKAN, JIKA TIDAK TERSEDIA KETAHUI IDENTITAS DARI TAMU/PENGUNJUNG TERSEBUT
DAN KETAHUI KEPERLUANNYA.
SOAL NO. 15
APAKAH
PENGARUHNYA HAL – HAL BERIKUT INI TERHADAP LINGKARAN PUTAR KAPAL DAN JARAK
HENTINYA :
A. KONDISI KAPAL
• DWT
• DRAFT
• TRIM
• SPEED
• UNDER KEEL
CLEARANCE
B. KEADAAN CUACA DAN LAUT
• ANGIN
• ARUS
C. KEADAAN PERAIRAN
• SQUAT
(PENURUNAN SARAT BURITAN).
• AIR
DANGKAL
JAWABAN SOAL NO. 15
A.
KONDISI KAPAL
• MUATAN MERUPAKAN FAKTOR TIDAK
TETAP PENGARUH DARI LUAR KETIKA KAPAL BEROLAH GERAK. JIKA DWT KAPAL BESAR MAKA
JARAK
PUTAR
MEMBUTUHKAN AREA YANG LUAS UNTUK KAPAL BERPUTAR, SITUASI DARI AREA KETIKA
BEROLAH GERAK.
• HARUS DALAM DAN JARAK HENTINYA
LEBIH LAMA DARI PADA KAPAL YANG MEMILIKI DWT LEBIH KECIL.
• KETIKA DRAFT DALAM YANG DIMILIKI
OLEH KAPAL, MAKA KETIKA BEROLAH GERAK NAKHODA HARUS LEBIH HATI – HATI KARENA
RESIKO UNTUK KANDAS BESAR JIKA BEROLAH GERAK YANG MEMILIKI KEDALAMAN DARI AREA
TERSEBUT DANGKAL.
• PERBEDAAN DRAFT DEPAN DAN DRAFT
BELAKANG (TRIM) MERUPAKAN PENGARUH DARI DALAM YANG BERSIFAT TIDAK TETAP KETIKA
BEROLAH GERAK. TRIM YANG BAIK ADALAH LEBIH BESAR DI BELAKANG SEHINGGA KAPAL
DAPAT MUDAH DIKENDALIKAN.
• GUNAKAN KECEPATAN AMAN KETIKA
MELAKUKAN OLAH GERAK AGAR KETIKA BEROLAH GERAK KAPAL DAPAT TERKENDALI DAN TIDAK
MENIMBULKAN KERUSAKAN PADA KONSTRUKSI KAPAL, DERMAGA, DAN KAPAL LAIN (JIKA ADA
KAPAL YANG SANDAR DEKAT DENGAN KAPAL KITA).
• KETIKA KAPAL
AKAN SANDAR DI PELABUHAN YANG MEMILIKI PERAIRAN YANG KEDALAMAN DANGKAL SELALU
NYALAKAN ECHOSOUNDER AGAR UKC DAPAT TERMONITOR DAN MENGHINDARI RESIKO KANDAS.
LANJUTAN JAWABAN SOAL NO. 15
A.
KEADAAN CUACA DAN LAUT
• ANGIN
SELALU BERPENGARUH KE BURITAN, JIKA KAPAL AKAN SANDAR KANAN SEDANGKAN ANGIN
KEKUATAN 21 KNOT DAN DARI LAUT DARI ARAH JAM 9 MAKA KAPAL BURITAN
AKAN KE KANAN DAN MEMPERCEPAT UNTUK MENDORONG BURITAN, SEHINGGA KAPAL AKAN
CEPAT SELESAI SANDAR SEBALIKNYA JIKA KAPAL TOLAK MAKA AKAN KESULITAN UNTUK MENGELUARKAN BURITAN
SEHINGGA MEMERLUKAN BANTUAN TUG LINE UNTUK MENGELUARKAN BURITAN.
• JIKA KAPAL MELAWAN ARUS KETIKA BEROLAH GERAK MAKA KAPAL
AKAN MUDAH UNTUK DI KENDALIKAN, BEGITU PULA SEBALIKNYA JIKA KAPAL MENGIKUTI
ARUS MAKA KAPAL SULIT DIKENDALIKAN.
• UKC (UNDER KEEL CLEARANCE) MERUPAKAN JARAK ANTARA LUNAS BAWAH
KAPAL DENGAN DASAR PERAIRAN / LAUT. JIKA NILAI UKC BESAR MAKA BALING – BALING
AKAN BERPUTAR DENGAN MAXIMAL, SEBALIKNYA JIKA NILAI UKC KECIL MAKA WASPADA
KARENA RESIKO UNTUK KANDAS BESAR, MAKA KETIKA BEROLAH GERAK DI TEMPAT YANG
MEMILIKI PERAIRAN YANG DANGKAL AGAR SELALU MEMONITOR DENGAN MENGGUNAKAN ECHOSOUNDER
B.
KEADAAN PERAIRAN
INI TERJADI KETIKA KAPAL BEROLAH GERAK DARI AIR LAUT MENUJU AIR
TAWAR, KAPAL MEMASUKI MUARA SUNGAI AIR
TAWAR MEMILIKI BERAT JENIS LEBIH RINGAN SEHINGGA DAYA APUNG KAPAL BERKURANG
SEHINGGA BURITAN SEMAKIN TERPENDAM. KETIKA KAPAL BEROLAH
GERAK DI PERAIRAN YANG DANGKAL MEMILIKI PENGARUH TERHADAP BALING – BALING YANG
MENGAKIBATKAN JALANNYA KAPAL MENGESOT DAN KECEPATAN BERKURANG SELAMA TARUNI
PRAKTEK HAL INI TERJADI KETIKA KELUAR DARI ALUR PELABUHAN TG. PERAK SURABAYA PADA TENGAH HARI YANG MENGAKIBATKAN KECEPATAN KAPAL
BERKURANG.
SOAL NO. 16
DALAM
OLAH GERAK KAPAL, JELASKAN DENGAN CONTOH PENGGUNAAN PERALATAN DI BAWAH INI :
A. WINDLASS
B. MOORING WINCH
C. MOORING ROPE AND WIRE
D. HEAVING
LINE
E. STOPPER
JAWABAN
SOAL NO. 16
A. WINDLASS (MESIN JANGKAR).
DIGUNAKAN
UNTUK MENYIAPKAN JANGKAR KETIKA KAPAL SANDAR/BERLABUH.
- TEKAN
POWER ON UNTUK MENYIAPKAN MESIN JANGKAR.
- BUKA
HANDLE KUNCI JANGKAR.
- KUNCI
GEAR.
- TURUNKAN JANGKAR SAMPAI KELUAR
DARI ULUPNYA KEMUDIAN TUNGGU INSTRUKSI DARI ANJUNGAN.
- KETIKA ANJUNGAN MEMERINTAHKAN LET
GO JANGKAR LEPASKAN PENGAMAN DENGAN CARA MEMBUKA KUNCI GEAR DAN JANGKAR AKAN MELUNCUR
KE AIR.
B. MOORING WINCH (TEMPAT PENAMBAT).
TEMPAT INI DIGUNAKAN KETIKA KAPAL AKAN SANDAR
/ KELUAR DI PELABUHAN SEBAGAI TEMPAT PENAMBAT TALI.SEHINGGA KAPAL DAPAT
MENGATUR HEAD LINE, BREAST LINE, DAN SPRING LINE.
C.
MOORING ROPE AND
WIRE
CARA KERJA DARI ALAT INI SAMA DENGAN MOORING WINCH BIASANYA
DIGUNAKAN UNTUK SPRING LINE DAN BREAST LINE SAJA.
D.
HEAVING LINE
TALI INI SIGUNAKAN UNTUK MENGIRIM TALI KAPAL YANG AKAN DI
KIRIM KE DARAT KETIKA KAPAL AKAN MERAPAT DI PELABUHAN TALI INI DIAYUN KETIKA
SAMPAI KE DARAT BARU DAPAT MENGIRIM TALI – TALI YANG BIASA DIGUNAKAN KETIKA
KAPAL SANDAR (TROS, BREAST, DAN SPRING).
E.
STOPPER
ALAT INI DIGUNAKAN KETIKA KAPAL TELAH
SANDAR DI POSISI YANG DIINGINKAN (INPOS), KETIKA ANJUNGAN MEMERINTAHKAN “DEPAN
BELAKANG INPOS KENCANG BELIT” BARU MENGKENCANGKAN TALI DAN IKAT KUAT
MENGGUNAKAN STOPPER.
SOAL
NO. 17
JELASKAN TUGAS PARA PERWIRA PADA SAAT BEROLAH
GERAK SANDAR/LEPAS SANDAR, JIKA BERTUGAS DI :
A. ANJUNGAN
B. HALUAN
C. BURITAN
JAWABAN SOAL NO. 17
A.
ANJUNGAN-
KETIKA KAPAL
BEROLAH GERAK BIASANYA MUALIM I, MUALIM JAGA, NAKHODA BERTUGAS DI ANJUNGAN
UNTUK MENGATUR TUGAS DARI PERWIRA YANG BERTUGAS DI DEPAN DAN BURITAN.
- MUALIM 1 MEMEGANG HT UNTUK
MEMERINTAHKAN ABA – ABA YANG DIPERINTAHKAN OLEH NAKHODA AGAR DITERUSKAN KE
HALUAN DAN BURITAN AGAR TIDAK TERJADI KESALAH PAHAMAN.
- MUALIM JAGA BIASANYA MEMONITOR
KECEPATAN KAPAL, JARAK KAPAL DENGAN DERMAGA/KAPAL LAIN YANG JUGA MELAKSANAKAN
OLAH GERAK BIASANYA MENGUNAKAN RADAR / SARANA LAINNYA YANG TERDAPAT DIATAS
KAPAL.
B. HALUAN
- MENYIAPKAN
JANGKAR DALAM POSISI “STAND BY”.
- MENYIAPKAN
TALI BUANGAN DAN TALI – TALI YANG AKAN DIGUNAKAN.
LANJUTAN JAWABAN SOAL NO.17
- MEMONITOR ANTARA JARAK HALUAN
KAPAL DENGAN DERMAGA / KAPAL LAINNYA JIKA ADA.
- MENDENGARKAN DAN MELAKSANAKAN
SETIAP ABA – ABA YANG DI DENGAR DARI HT.
- MENGATUR
ABK YANG BERTUGAS DI HALUAN AGAR SELALU SIAP.
C. BURITAN
- MENYIAPKAN TALI BUANGAN DAN TALI
– TALI YANG AKAN DIGUNAKAN.
- MEMONITOR
JARAK BURITAN DENGAN UJUNG DERMAGA.
- MELAPORKAN KEADAAN BALING –
BALING APAKAH BERPUTAR BEBAS ATAU TIDAK KETIKA KAPAL LEPAS TALI.
- MEMONITOR
ARAH TUG LINE KETIKA MENGGUNAKAN TUNDA UNTUK MENARIK BURITAN AGAR LEPAS DARI
DERMAGA KETIKA ANGIN DARI LAUT KUAT.
SOAL NO. 18
JELASKAN TUGAS MUALIM PADA SAAT LEGO / HIBOB JANGKAR,
JIKA IA BERTUGAS DI :
A. ANJUNGAN
B. BURITAN
JELASKAN
PULA BAGAIMANA MEMBUAT JANGKAR “SIAP LEGO” TANDA – TAND SEGEL RANTAI,
MELAPORKAN ARAH RANTAI JANGKAR DAN SEBAGAINYA!
JAWABAN SOAL NO. 18
A.
ANJUNGAN
- BEROLAH GERAK UNTUK MENDAPATKAN
TEMPAT YANG SESUAI DIGUNAKAN UNTUK BERLABUH JANGKAR.
- MEMBERIKAN KOMANDO KEPADA
MUALIMYANG BERTGAS DI HALUAN (BIASANYA MUALIM III) AGAR MENYIAPKAN JANGKAR
KANAN (JIKA JANGKAR KANAN YANG
MENENTUKAN POSISI KAPAL KETIKA
JANGKAR DI LET GO DAN DILAPORKAN KE KEPANDUAN.
- MENERIMA LAPORAN ARAH RANTAI DAN
KEADAAN JANGKAR DARI HALUAN.
B. HALUAN
- MENYIAPKAN AIR DECK AGAR KOTORAN
SEPERTI LUMPUR YANG MENYTANGKUT DI JANGKAR LEPAS.
- MENYIAPKAN JANGKAR SESUAI YANG
DIPERINTAHKAN OLEH ANJUNGAN.
- MENGELUARKAN
JANGKAR DARI ULUP AGAR SIAP LETGO.
- MELAKSANAKAN LET GO JANGKAR
KETIKA ANJUNGAN SUDAH MEMERINTAHKAN.
- MELAPORKAN ARAH RANTAI DAN SETIAP
PERUBAHAN YANG DIALAMI OLEH JANGKAR TERSEBUT.
- STOPPER
JANGKAR KETIKA JANGKAR SUDAH MAKAN.
SOAL NO. 19
TERANGKAN
DENGAN BANTUAN GAMBAR, BAGAIMANA MENYIAPKAN ALAT – ALAT UNTUK MENERIMA PANDU,
MELIPUTI :
A. PERSYARATAN
DAN PEMASANGAN TANGGA PANDU.
B. ALAT
KESELAMATAN LAIN YANG PERLU DIPERSIAPKAN.
C. ALAT
KOMUNIKASI DENGAN ANJUNGAN.
JAWABAN
SOAL NO. 19
A.
PERSYARATAN DAN
PEMASANGAN TANGGA PANDU
- SEBELUM MEMERINTAHKAN ABK UNTUK
MENYIAPKAN TANGGA PANDU, MARKONIS HARUS CONTAC DENGAN KEPANDUAN DIMANA MOTOR
PANDU STAND BY.
- SETELAH DIKETAHUI DIMANA MOTOR
PANDU STAND BY, KETIKA MELIHAT MOTOR PANDU DENGAN JARAK KURANG LEBIH ± 2 – 3
MIL, MAKA MEMERINTAHKAN ABK MENGGUNAKAN PUBLIC ADRESSOR (PA) DENGAN ABA – ABA
“PETUGAS TANGGA SIAPKAN TANGGA PANDU LAMBUNG KIRI (SESUAI DENGAN PERMINTAAN
PANDU).
LANJUTAN
JAWABAN SOAL NO.19
- SETELAH
MENDENGAR PERINTAH TERSEBUT MAKA ABK YANG BERTUGAS SEBAGAI PETUGAS TANGGA PANDU
(KELASI) BIASANYA DIBANTU SATPAM MEMASANG TANGGA PANDU SESUAI PERMINTAAN PANDU.
- KADET MENUJU KE DECK EMBARKASI LAMBUNG KIRI UNTUK MENJEMPUT PANDU.
- KETIKA
PANDU SUDAH BERADA DI ANJUNGAN (PILOT ON BOARD) WAJIB MEMASANG BENDERA “H” PADA
SIANG HARI, PADA MALAM HARI LAMPU KELILING BERSUSUN TEGAK LURUS PUTIH MERAH
YANG BERARTI DI KAPAL SAYA ADA PANDU.
-
TANGGA HARUS LAYAK PAKAI DAN BERSIH.
B.
ALAT KESELAMATAN YANG PERLU DIPERSIAPKAN
- LIFE BOUY
- TALI SEBAGAI PENAHAN AGAR TANGGA PANDU BAGIAN
BAWAH TERIKAT DENGAN DECK (TIDAK
TERLALU GOYANG).
- LAMPU PENERANGAN LAMBUNG JIKA PANDU NAIK PADA
MALAM HARI.
C.
ALAT KOMUNIKASI YANG BIASA DIGUNAKAN HT(HANDY TALKY), TALKBACK, PA, DLL.
SOAL NO. 20
TERANGKAN DENGAN BANTUAN GAMBAR, BAGAIMANA CARA MEMASANG TANGGA
AKOMODASI YANG BENAR.
JAWABAN SOAL NO.
20
- TANGGA YANG BIASA DIGUNAKAN UNTUK LALU LALANG ABK BIASA
MENGGUNAKAN DI GANGWAY YANG LETAKNYA DI
TENGAH – TENGAH BERADA DI KANAN DAN KIRI DENGAN MENGGUNAKAN MESIN.
-BIASANYA
JUGA MENGGUNAKAN TANGGA DARAT UNTUK MENAIK TURUNKAN PENUMPANG YANG DIPASANG DI
DECK EMBARKASI/DEBARKASI.
-TANGGA
DIANGKAT MENGGUNAKAN FORCLIP UNTUK MELETAKKAN UJUNG TANGGA PADA LANTAI
EMBARKASI/DEBARKASI TERSEBUT KEMUDIAN DIIKAT KUAT DENGAN TALI YANG TERSEDIA
AGAR TIDAK MUDAH LEPAS. GAMBAR TERLAMPIR.
SOAL NO. 21
JELASKAN
OLAH GERAK MENOLONG ORANG JATUH DI LAUT DENGAN METODE :
A. WILLIAMSON
TURN.
B. TWO
– RUN (RACE TRACK TURN).
JAWABAN SOAL NO. 21
A.
WILLIAMON TURN
-KEMUDI DI CIKAR KE ARAH KORBAN JATUH KE LAUT.
-SETELAH HALUAN MENYIMPANG ± 60® DARI HALUAN
SEMULA, KEMUDI DICIKAR KEARAH YANG BERLAWANAN DAN STOP MESIN.
-BILA HALUAN SUDAH BERLAWANAN DENGAN HALUAN
SEMULA 20® KEMUDI TENGAH – TENGAH DAN PENCARIAN DI MULAI.
LANJUTAN
JAWABAN SOAL NO.21
B.
RACE TRACK TURN
- METODE INI DIGUNAKAN KETIKA JARAK
TAMPAK PENGLIHATAN TIDAK TERHALANG OLEH KABUT / MALAM HARI.
- METODE INI
MERUPAKAN VARIASI DARI METODE 1.
SOAL NO.22
SEBAGAI MUALIM JAGA YANG MENGETAHUI AKAN DATANGNYA CUACA
BURUK,PERSIAPAN APA SAJAKAH YANG PERLU ANDA LAKSANAKAN UNTUK MENGHADAAPI HAL
TERSEBUT?
JAWABAN SOAL
NO.22
·
MEMBERITAHUKAN
KEPADA NAHKODA DAN KAMAR MESIN DIBERITAHU JUGA.
·
SEMUA CREW
DIBERITAHU AGAR SIAP SELALU JIKA TERJADI KEADAAN YANG KHUSUS ATAU HARUS SIAP
SEGERA JIKA MENDENGAR ALARM.
·
PASTIKAN
LASHINGAN KUAT.
·
PENGAMATAN
KELILING SECARA TELITI .
·
MENGGUNAKAN ALAT NAVIGASI YANG ADA SEMAKSIMAL MUNGKIN.
·
BILA PERLU RFUBAH TRACK KAPAL ATAU BILA PERLU KITA BERLINDUNG DIDEKAT
PUALAU YANG TERDEKAT.
BERDO’A MEMOHON
PERTOLONGAN KEPADA TUHAN AGAR DIBERI KESELAMATAN SELAMA DALAM PELAYARAN
Baguss👍👍
BalasHapusLampiran nya dimana
BalasHapus