SOAL CRB (CADET RECORD BOOK) ILMU PELAYARAN DATAR ANT-III 

A.ILMU PELAYARAN DATAR
SOAL NO. 1
Ø TULISLAH 5 BUAH ROUTE PELAYARAN YANG DILAYARI ANDA SELAMA PRAKTEK DAN SEBUTKAN NOMOR PETA UNTUK MASING – MASING ROUTE !
JAWABAN SOAL NO. 1
GRESIK -LAMPUNG                      : 96,81A,70,69,79,78,71,94
LAMPUNG-JAKARTA                      :94,71A,78,86,86B,85
JAKARTA-TG. WANGI                   :85,86B,86,79,69,81A,945,290
TG.WANGI-PETROKIMIA (GRESIK):90,70,945,96
TG WANGII-BONTANG                 :290-70A,1066,122,125,130,37,39

SOAL NO. 2
Ø BUATLAH LIMA POSISI KAPAL UNTUK SETIAP ROUTE PELAYARAN DIATAS, HASIL DARI BARINGAN BENDA DARAT DAN LAMPIRKAN LUKISANNYA MASING – MASING !
JAWABAN SOAL NO. 2
1.         DENGAN BARINGAN SILANG
       PADA SAAT MENINGGALKAN PELABUHAN PETROKIMIA (GRESIK)
   HALUAN KAPAL 215˚ BARINGAN I 270˚ DAN BARINGAN II 315˚ POSISI KAPAL JAUH SEBELAH KIRI HALUAN KAPAL

1.         BARINGAN DENGAN JARAK

PADA SAAT MEMASUKI PERAIRAN SEMPIT MEPLOT DENGAN    RADAR

HALUAN KAPAL 210˚ BARINGAN 290˚ DISTANCE 4.0 NM POSISI KAPAL JATUH KIRI HALUAN KAPAL
SOAL NO. 3
Ø SEBUTKAN JARAK YANG DITEMPUH KAPAL  UNTUK SETIAP ROUTE PELAYARAN DARI LOG BOOK DAN TETAPKAN PERBEDAAN DENGAN JARAK SEBENARNYA ( DARI DISTANCE TABLE )! MENGAPA ADA PERBEDAAN ?
JAWABAN SOAL NO. 3
ROUTE
DISTANCE TABLE
LOG BOOK
GRESIK -LAMPUNG
567 mile
575 mile
LAMPUNG-JAKARTA
123 mile
130 mile
JAKARTA-TG. WANGI
623 mile
635 mile
TG.WANGI- GRESIK
567 mile
573 mile
TG WANGI-BONTANG
1030 mile
1043 mile

KARENA SELAMA KAPAL BERLAYAR ADA PENGARUH ARUS UNTUK JARAK TEMPUH, SEHINGGA TERJADI PERBEDAAN JARAK ANTARA JARAK YANG DITEMPUH OLEH KAPAL DAN JARAK YANG TERDAPAT PADA DISTANCE TABLE, KETIKA ARUS DARI DEPAN MAKA KAPAL AKAN MELAWAN DAN MENGAKIBATKAN WAKTU BERLAYAR SEMAKIN PANJANG DAN JARAK YANG DITEMPUH SEMAKIN BESAR BEGITU PULA SEBALIKNYA.

SOAL NO. 4
Ø JELASKAN CARA MENENTUKAN KESALAHAN PEDOMAN, DAN HITUNG NILAI MINIMUM 5 BUAH HALUAN?
JAWABAN SOAL NO. 4
SELAMA SAYA BELAJAR MENGHITUNG KESALAHAN PEDOMAN DENGAN MENBARING SALAH SATU BENDA ANGKASA
1.    PELAYARAN TG WANGI - GRESIK
GMT 17.00, 20 SEPTEMBER 2014
HALUAN SEJATI                                   : 273®
HALUAN PEDOMAN STANDAR           : 254®
ERROR                                                 : + 5
VARIASI                       :  0
POSISI                          : 03®55.9’ S - 130®19.9’ E
LHA                              : GHA + INCREMEN + BUJUR ( TIMUR/BARAT )
                                    227®24.1’
                                    0®00.0’
            130®19.9’+
                                     357®44.0’
P(SUDUT JAM)            : 360® - 357®44.0 ( E, KARENA NILAI LHA  ANTARA 180® - 360® )
360®
                                      357®44.0’
                                         02®16.0’
            Z (DECLINASI)  : Z ( DIDAPAT DARI ALMANAK ) + Z(COR)
                                      02®25.7’ S
                                               1.0’ +
                                      02®26.7’  S
           
            A                      : 2
            B                      : 1.3
            C                      : 0.7 ( C = B – A, KARENA LINTANG DAN Z = P < 90® )
            T                      : S 54®57.4’ E ( RUMUS KALKULATOR )
           
            HS                    : 247®
            HP                    : 254® -
ERROR             :      7 ( - )
VARIASI           :      0   -
DEVIASI           :      7 ( - )

2.    PELAYARAN TG.WANGI- GRESIK
GMT 17.00 WIB,  8JANUARI 2015
HALUAN SEJATI                                   : 093®
HALUAN PEDOMAN STANDAR           : 095®
ERROR                                                 :  -1
VARIASI                                               :  -2
POSISI                                                  : 03®53.2’ S - 129®33.5’ E

LHA                                                      : GHA + INCREMEN + BUJUR ( TIMUR/BARAT )                       122®47.2’
                               0®00.0’
                        129®33.5’’+
                          252®20.7’
P(SUDUT JAM)            : 360® - 252®20.7 ( E, KARENA NILAI LHA  ANTARA 180® - 360® )
                                      360®
                                    252®20.7’

                                      107®39.3’ E
            Z (DEKLINASI)  : Z ( DIDAPAT DARI ALMANAK) + Z(COR)
                                      02®25.7’ S
                                               1.0’ +
                                      02®26.7’  S
           
            A                      : 2
            B                      : 0.34
            C                      : 2.34 ( C = A + B, KARENA LINTANG DAN Z = P > 90® )        
            T                      : S 23®08.2’ E ( RUMUS KALKULATOR )
            HS                    : 093®
            HP                    : 095® -
ERROR             :      2 ( - )
VARIASI           :      2 ( - ) _
DEVIASI           :      0

3.    PELAYARAN TG.WANGI- GRESIK
GMT 16.00.00, 7JANUARI 2015
HALUAN SEJATI                                   : 311®
HALUAN PEDOMAN STANDAR           : 309®
ERROR             : + 1
VARIASI           : +2
POSISI              : 01®56.2’ S - 130®55.0’ E
LHA                  : GHA + INCREMEN + BUJUR ( TIMUR/BARAT )
                          062®42.6’

                               0®00.0’
                        130®55.0’+
                          193®37.6’
P(SUDUT JAM)            : 360® - 193®37.6’ ( E, KARENA NILAI LHA  ANTARA 180® - 360®)
                                      360®
                                    193®37.6’
                                      166®22.4’ E

            Z (DEKLINASI)  : Z ( DIDAPAT DARI ALMANAK ) + Z(COR)
                                      21®53.3’ S
                                    0.0’ +
                                    21®53.3’  S
           
            A                      : 0.125
            B                      : 1.73
            C                      : 1.855 (C = B + A, KARENA LINTANG DAN Z = P > 90®)
            T                      : S 28®19.4’ E ( RUMUS KALKULATOR )
           
HS                    : 311®
            HP                    : 309® -
ERROR             :      2
VARIASI           : 2 -
DEVIASI           : 0

4.    PELAYARAN GRESIK - LAMPUNG
GMT 17.00.00, 19 JANUARI 2015
HALUAN SEJATI                                   : 091®
HALUAN PEDOMAN STANDAR           : 090®
ERROR             : +1.8
VARIASI           : +1.8
POSISI              : 00®52.9’ S - 130®49.5’ E
LHA                  : GHA + INCREMEN + BUJUR ( TIMUR/BARAT )
                        071®51.4’
                               0®00.0’
                          130®49.5’+
202®40.9’
P(SUDUT JAM)            : 360® - 202®40.9’ ( E, KARENA NILAI LHA  ANTARA 180® - 360®)
360®
                                     202®40.9’
                                      157®19.1’ E

            Z (DEKLINASI)  : Z ( DIDAPAT DARI ALMANAK ) - Z(COR)
                                      18®36.8’ S – 0.0
                                    18®36.8’ S
           
            A                      : 0.04
            B                      : 0.8
            C                      : 0.84 ( C = A+ B, KARENALINTANG DAN Z = P > 90® )
            T                      : S 49®58.1’ E ( RUMUS KALKULATOR )
           
            HS                    : 091®
            HP                    : 090® -
ERROR             :      1
VARIASI           :      1.8 -
DEVIASI           : 0.8 ( - )

5.    PELAYARAN LAMPUNG- JAKARTA
GMT 06.00.00, 24JANUARI2015
HALUAN SEJATI                                   : 260®
HALUAN PEDOMAN STANDAR           : 265®
ERROR             : +2.5
VARIASI           : +2.5
POSISI              : 02®59.6’ S - 131®59.6’ E

LHA                  : GHA + INCREMEN + BUJUR ( TIMUR/BARAT )
                          266®52.9’
                               0®00.0’
                          131®59.6’+
                          398®52.5’ = 18®52.5’
P(SUDUT JAM) : 18®52.5’ W ( W, KARENA NILAI LHA < 180® )
                                   
            Z (DEKLINASI)  : Z ( DIDAPAT DARI ALMANAK ) - Z(COR)
                                    18®43.8’ S

                                               0.5’    +
                                    18®43.3’ S

            A                      : 0.1
            B                      : 1
            C                      : 0.9 ( C = B – A, KARENA LINTANG DAN Z = P < 90® )
            T                      : S 48®00.5’ W ( RUMUS KALKULATOR )
           
            HS                    : 260®
            HP                    : 265® -
ERROR             :      5( - )
VARIASI           : 2.5 -
DEVIASI           :      2.5 ( - )

SOAL NO. 5
Ø  BAGAIMANA CARA MENGISI JURNAL PEDOMAN MAGNET ? DAN APA SAJAKAH YANG DITULIS !
JAWABAN SOAL NO. 5
ü   HALUAN KAPAL PADA GYRO COMPASS STANDAR NILAI STEERING COMPASS
ü   MENGHITUNG BARINGAN MATAHARI UNTUK MENGOREKSI NILAI PADA GYRO DAN STANDAR DIMANA BARINGAN YANG DIDAPAT ADALAH BARINGAN SEJATI (BS)
ü   MENGHITUNG ERROR VARIASI DEVIASI DARI PERBEDAAN ANTARA STANDARD COMPASS DAN STEERING COMPASS

SOAL NO. 6
Ø  BUATLAH LAPORAN KETIKA ANDA MELAKSANAKAN PRAKTEK MENGHINDARI BAHAYA NAVIGASI DENGAN METODE “HORIZONTAL DANGER ANGLE” !


JAWABAN SOAL NO.6
SUAR   A   BEARING  060°
SUAR   B   BEARING  125° ( T)
090° ( T )
A/C
OBS
050° ( T )
OBS
 


                                   
                       
                                                                       
                                                                       

                                                           

KET      :           SUAR / TANDA NAVIGASI/TANDA DARAT YANG DIBARING SEBAGAI
                        PATOKAN UNTUK PERUBAHAN HALUAN
                        RINTANGAN ALAM/BAHAYA NAVIGASI DISEKITAR DAERAH
YANG DILAYARI
OBS (OBSTRUCTION)
                        HALUAN SEJATI YANG DIKEMUDIKAN
                        A/C MENUNJUKKAN PERUBAHAN HALUAN

v  SUDUT BAHAYA INI DIGUNAKAN KETIKA KITA BERLAYAR DI DAERAH PELAYARAN YANG TERDAPAT BANYAK RINTANGAN ALAM (OBSTRUCTION)
v  GUNAKAN TANDA DARAT/SIMBOL NAVIGASI SEPERTI BOUY, SUAR ATAU TANDA LAINNYA SEBAGAI PATOKAN UNTUK PERUBAHAN HALUAN AGAR KAPAL TETAP PADA TREK YANG TELAH DITENTUKAN
v  PADA GAMBAR DIATAS DIJELASKAN JIKA KAPAL TERSEBUT BERADA DI GARIS HALUAN MAKA KAPAL TERSEBUT DALAM KEADAAN AMAN
v  JIKA KAPAL JATUH KIRI BERADA PADA BARINGAN >060® MAKA KAPAL TERSEBUT AMAN
v  JIKA KAPAL JATUH KANAN BERADA PADA BARINGAN <125® MAKA KAPAL DALAM KEADAAN AMAN

SOAL NO. 7
Ø  BUATLAH LAPORAN KETIKA ANDA MELAKSANAKAN PRAKTEK MENGHINDARI BAHAYA NAVIGASI DENGAN METODE “VERTICAL DANGER ANGLE” !
JAWABAN SOAL NO. 7
METODE UNTUK MENGHINDARI BAHAYA (VERTICAL DANGER ANGLE) / SUDUT BAHAYA TEGAK YAKNI MELAKUKAN PENGUKURAN SUDUT PADA SUATU BENDA TEGAK YANG SUDAH DIKETAHUI TINGGINYA (BENDA TERSEBUT DAPAT DILIHAT DIA AREA DIMANA AKAN DILEWATI PADA PETA) DAN DISEKITAR BENDA TERSEBUT TERDAPAT BAHAYA
NAVIGASI PADA JARAK TERTENTU.PADA METODE INI KITA HARUS MELIHAT BENDA TEGAK TERSEBUT DENGAN SUDUT (£) DARI SUDUT (ß) YANG DIUKUR DARI BATAS DAERAH BAHAYA NAVIGASI KE BENDA TEGAK YANG DIJADIKAN PATOKAN PENGUKURAN


Y          = 165 METER            
AGAR MELEWATI AREA BAHAYA NAVIGASI DENGAN AMAN MAKA KITA HARUS MELIHAT BENDA TEGAK (Y) SELALU DENGAN SUDUT £ < ß
TG ß     = 165
                  0.5 MILE
             = 165 : 926 (0.5 X 1852)
ß          = 10®
Y
0,5’
£
β
 
                                                                                               

                                                                                                           
                                               
                                               



SOAL NO. 8
Ø PRAKTEKKAN CARA MENENTUKAN POSISI DENGAN METODE “HENGELVELT”, SEBUTKAN TEMPAT DAN KAPAN DI LAKSANAKAN, NOMOR VOYAGE DAN DALAM PERJALANAN DARI MANA KEMANA ?
JAWABAN SOAL NO. 8
Ø BERLAYAR DIGARIS HALUAN PENUNTUN, TARUNA ALAMI PADA SAAT AKAN MASUK ALUR SELAT SUNDA DIMANA GARIS PENUNTUN IALAH GARIS YANG DIGUNAKAN UNTUK MENUNTUN HALUAN DAN BELOKAN DI TEMPAT-TEMPAT TERTENTU. HAL INI TARUNA ALAMI PADA TANGGAL 12 MEI 2015 SAAT MEMASUKI ALUR MASUK BENGKALIS.
Ø POSISI MEMAKAI METODE HENGELVELT  YAITU DENGAN MENBARING PULAU DENGAN PULAU LALU DI TERAPKAN PADA BIDANG DATAR YAITU PETA
SOAL NO. 9
Ø PRAKTEKKAN CARA MENENTUKAN POSISI DENGAN METODE “SNELLIUS”, SEBUTKAN TEMPAT DAN KAPAN DI LAKSANAKAN, NOMOR VOYAGE DAN DALAM PERJALANAN DARI MANA KEMANA ?
JAWABAN NO. 9
Ø BERTEMPAT DI ALUR SELAT PANJANG PADA TANGGAL  24  JANUARI 2015 DALAM PERJALANAN DARI JAKARTA – SELAT PANJANG, KAMI MENENTUKAN POSISI DENGAN METODE SNELLIUS YAITU MENENTUKAN POSISI MEMAKAI RADAR DENGAN POSISI KITA BERRLABUH JANGKAR ATAU BISA JUGA DISEBUT DENGAN
Ø MENENTUKAN JARAK AMAN KITA PADA SAAT MANUVER BERLABUH JANGKAR, DENGAN MENBARING BEBERAPA BUAH BENDA YANG AKAN MEMBERI TAHU KITA POSISI KITA AMAN ATAU TIDAK SAAT KAPAL SEDANG BERLABUH JANGKAR.

SOAL NO. 10
Ø BUATLAH LAPORAN KETIKA ANDA MELAKSANAKAN PRAKTEK BERLAYAR DENGAN MENGIKUTI GARIS PENUNTUN!
SEBUTKAN TEMPAT DAN SITUASI YANG SEBENARNYA DAN KAPAN HAL ITU ANDA LAKSANAKAN !
JAWABAN SOAL NO. 10
Ø BERLAYAR DIGARIS HALUAN PENUNTUN TARUNA ALAMI PADA SAAT MEMASUKI ALUR PELABUHAN TG.WANGI PADA TANGGAL 26 DESEMBER 2014 DAN MEMASUKI ALUR PELABUHAN TG.PERAK PADA
TANGGAL 16 MARET 2015 SEJAUH 26 NM DENGAN ARUS YANG CUKUP KUAT PADA ALUR TERSEBUT DAN ALUR PELAYARAN
Ø YANG CUKUP PADAT BANYAK KAPAL KAPAL BESAR YANG KELUAR MASUK DI PELABUHAN TERSEBUT.DIMANA GARIS PENUNTUN IALAH GARIS YANG DIGUNAKAN UNTUK MENUNTUN HALUAN DAN TITIK BELOK DI TEMPAT – TEMPAT TERTENTU YANG DITANDAI DENGAN BOUY.

SOAL NO. 11
Ø AMBILLAH SALAH SATU PETA PROYEKSI MERCATOR (JIKA ADA PETA DENGAN LINTANG TINGGI DARI KHATULISTIWA).
UKURLAH SKALA TEPI DATAR DENGAN JANGKA DAN BANDINGKAN DENGAN SKALA TEPI TEGAK (MISALNYA SAMA- SAMA 10 MENIT).
A.      MANAKAH YANG LEBIH BESAR ?, MENGAPA TIDAK SAMA ?
B.      BUKTIKAN BAHWA :
10’ TEPI TEGAK = 10’ TEPI DATAR *SECAN LINTANG


JAWABAN SOAL NO. 11
Ø BENTUK BOLA BUMI ADALAH ELIPS ATAU PIPIH PADA KUTUBNYA. BOLA BUMI TERSEBUT DI PROYEKSIKAN PADA SILINDER YANG PUSAT PROYEKSI DI PUSAT BUMI MENYINGGUNG SISI TEGAK SILINDER KE BIDANG DATAR. HASIL PROYEKSI TERSEBUT BERUPA LINTANG BERTUMBUH DALAM SATUAN YANG SAMA,  SEHINGGA SKALA TEPI TEGAK (LINTANG) LEBIH BESAR  DARI SKALA TEPI DATAR.
Ø MISALNYA :
     10’ TEPI TEGAK = 5,6 CM
     10’ TEPI DATAR = 3,2 CM
WALAU KAPAL TIDAK BERLAYAR DI  LINTANG TINGGI KAMI AMBIL CONTOH LINTANG 550 30’ . MAKA  10’  TEPI TEGAK = 10’ TEPI DATAR x SECAN LINTANG
5,6 = 3,2 x SECAN 550 30’
5,6 = 3,2 x 1,76552
5,6 = 5,6
JADI TERBUKTI BAHWA 10’ TEPI TEGAK = 10’ TEPI DATAR x SECAN LINTANG

SOAL NO. 12
Ø  PERIKSALAH PADA PETA YANG SEDANG ANDA PERGUNAKAN UNTUK BERLAYAR, SEBUTKAN NOMOR PETANYA, PELAYARAN DARIMANA KE MANA DAN TANGGAL BERAPA SAAT ITU ?
A.        BERAPAKAH HALUAN SEJATI SAAT ITU
B.        BERAPAKAH HALUAN MENURUT PEDOMAN STANDARD?
C.        SEBUTKAN RUMUS UNTUK MENDAPATKAN HALUAN PEDOMAN DARI HALUAN SEJATI !
D.       BERAPAKAH VARIASI DAN DEVIASI PADA SAAT ITU?
E.        DARI MANAKAH ANDA MENDAPATKAN NILAI VARIASI DAN NILAI HALUAN YANG SEDANG DIKEMUDIKAN ?
JAWABAN SOAL NO. 12
Ø  PELAYARAN TG.WANGI- GRESIK
VOYAGE 001 / 2015
 7 JANUARI 2015
NO PETA  336 HYDROS
A.      HALUAN SEJATI  :238°
B.      HALUAN PEDOMAN STANDARD : 237°
C.      HS = HP + ERROR
HP = HS + ERROR
D.     VARIASI     : 3° 3’ E ( 1E ) 1980
DEVIASI     : + 1
E.      VARIASI DIDAPAT DARI SELISIH ANTARA HALUAN PEDOMAN STANDARD DAN PEDOMAN KEMUDI, JIKA NILAI HALUAN PEDOMAN LEBIH BESAR DARIPADA NILAI HALUAN PEDOMAN KEMUDI MAKA NILAI VARIASI ( – ) SEDANGKAN JIKA HALUAN PEDOMAN STANDARD LEBIH KECIL DARI HALUAN PEDOMAN KEMUDI MAKA NILAI VARIASI ( + ).

SOAL NO. 13
Ø  JIKA ANDA BERLAYAR DI SUATU SELAT, COCOKAN ARUS YANG SEDANG TERJADI DENGAN ARUS YANG ADA PADA DAFTAR PASANG SURUT !
A.        SEBUTKAN NAMA SELAT TERSEBUT, TANGGAL DAN JAM BERAPA SAAT ITU, DALAM PELAYARAN DARI MANA KE MANA!
B.        BERAPA KNOT KECEPATAN ARUS DAN KEMANA ARAHNYA ?
C.        JELSAKAN BAGAIMANA CARA MENGEMUDIKAN KAPAL DENGAN PENGARUH ARUS, AGAR KAPAL TETAP DIATAS GARIS HALUAN !
JAWABAN SOAL NO. 13
A.   PELAYARAN TG.WANGI- GRESIK
     PULAU TABUAN 7JANUARI 2015 / GMT 16.35 WIB
B.   KECEPATAN ARUS 7 KNOTS DENGAN ARAH 293®








C.   HALUAN SEJATI YANG DIKEMUDIKAN 281® SPEED KAPAL 7.3 KNOTS
9,1 KNOTS
COG       : 324®
SOG       : 9.1 KNOTS

TRUE COURSE
281 °( 7,3 KNOTS )
43°
ARUS  293°
7 KNOTS

 



                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            TRUE COURSE
                                                                                   





DARI GAMBAR TERSEBUT DIPEROLEH :
Ø  COG (COURSE OVER GROUND) YANG MERUPAKAN HALUAN YANG DIDAPAT SETELAH KAPAL TERKENA ARUS)
Ø  SOG (SPEED OVER GROUND) YANG MERUPAKAN KECEPATAN KAPAL SETELAH TERKENA ARUS)
Ø  SEHINGGA KAPAL AKAN JATUH KE KANAN DAN TIDAK PADA TREK YANG TELAH DITENTUKAN
Ø  AGAR KAPAL TETAP PADA TREK YANG DITENTUKAN MAKA HARUS DIKEMUDIKAN KE KIRI 43® AGAR TETAP PADA HALUAN YANG TELAH DITENTUKAN

SOAL NO. 14
Ø  PADA PELAYARAN SUATU SELAT, DISARANKAN JIKA MENGAMBIL BARINGAN UNTUK MENENTUKAN POSISI KAPAL, SEBAIKNYA BARINGAN DIAMBIL DARI SALAH SATU SISI SAJA
A.      BANDINGKAN POSISI KAPAL YANG DIAMBIL DARI BARINGAN SEBELAH KIRI DAN SEBELAH KANAN.SERING KALI ADA PERBEDAAN MENGAPA DEMIKIAN?
B.      JIKA TERDAPAT BANYAK BENDA BARINGAN BAGAIMANAKAH CARA  ANDA MEMILIH BENDA YANG MANA YANG HARUS DIBARING DULUAN DAN MANA YANG HARUS DIBARING BELAKANGAN?
C.      DIMANA DAN KAPAN ANDA MELAKSANAKAN HAL TERSEBUT?
JAWABAN SOAL NO. 14
A.      KARENA LETAK/POSISI DAN JARAK DARI SETIAP BENDA YANG KITA BARING BERBEDA DAN SEBAIKNYA BARINGAN DIAMBIL DARI SALAH SATU SISI SAJA
B.      MEMBARING SUATU BENDA UNTUK MENDAPATKAN POSISI KAPAL YANG FIX HARUS DILAKUKAN DENGAN MELIHAT TARGET PADA PETA YANG DIGUNAKAN DAN HARUS MENGENALI BENDA YANG MUDAH DIKENALI UNTUK DIBARING YAITU DENGAN BENDA YANG PALING DEKAT DENGAN KAPAL KITA SELANJUTNYA BENDA YANG DIBARING BELAKANG BENDA YANG JAUH DARI KAPAL KITA DAN TIDAK MUDAH DIKENALI.
C.      DISUATU SELAT DAN DI ALUR PELAYARAN SEMPIT

SOAL NO. 15
Ø  PRAKTEKKAN MACAM-MACAM BARINGAN DIBAWAH INI DENGAN MENYEBUTKAN TEMPAT, HALUAN YANG SEDANG DIKEMUDIKAN DAN TANGGAL ANDA LAKSANAKAN !
A.      BARINGAN EMPAT SURAT
B.      BARINGAN SUDUT BERGANDA
C.      ARAH DERMAGA SAAT KAPAL SANDAR











JAWABAN SOAL NO. 15
A.BARINGAN EMPAT SURAT
TANGGAL         : 14 MARET 2015 LMT 06.00  WIB                
V KAPAL           : 12 KNOTS
HS                    : 113°
MEMBARING SUAR YAITU
BS I : 68° (113 – 45)
BS II     : 23° (113 – 90)
                                                                HS : 113°







                               

                                                                              POSISI KAPAL
                                .BS 1 068°              BS 2 023°
               
                                06.06                     06.12    







 








                                   
REPEATER DI ARAHKAN PADA OBJECT TERSEBUT SAMPAI MENUNJUK ANGKA 68° DAN DITULIS JAMNYA YAITU JAM 06.06
REPEATER DI ARAHKAN PADA OBJECT TERSEBUT SAMPAI MENUNJUK ANGKA PADA BARINGAN KE 2 YAITU 23° PADA JAM 06.12













B. BARINGAN SUDUT BERGANDA
TANGGAl         :  15 MARET 2015LMT 17.00  WIB
V KAPAL           : 12KNOTS
HS                    : 360°
MEMBARING SUAR YAITU
BS 1                 : 22.5° ( 360 + 22.5) PADA JAM 17.20
BS                    : 45°    ( 360 + 45) PADA JAM 17.30
                                                                                                HS : 000°


                                                               


                                POSISI KAPAL

                                BS 2 045°



                                                                BS 1 22.5°
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               
                                                                                                           
PERBEDAAN WAKTU MEMBARING:
( 17.30 – 17.20 )  *   KECEPATAN KAPAL
( 10’ / 60’ )           *  12 KNOTS
3.5 NM
MAKA BARINGAN 1 DIGESER KE DEPAN SEJAUH 3.5 NM PADA GARIS HALUAN YANG DI LUKIS PADA OBJECT TERSEBUT.
SELANJUTNYA GARIS HALUAN YANG TELAH DILUKIS PADA OBJECT YANG DI BARING DI GESER PADA PERPOTONGAN ANTARA GARIS BARINGAN 2 DAN GARIS BARINGAN 1 YANG TELAH DI GESER.
ITULAH POSISI KAPAL KITA PADA BARINGAN TERAKHIR.
D.      BARINGAN ISTIMEWA
TANGGAL         : 15 MARET 2015 LMT 16.00 WIB     
            V KAPAL           : 12 KNOTS
HS                    : 236°

MEMBARING SUAR YAITU
BS I      : 262°  ( 236 – 26.5) PADA JAM 16.52 WIB
BS II     : 281°  (236 + 45 )    PADA JAM 17.01 WIB
                                                               

                                                                 HS: 236°                               BS 1
                                    BS 2 281°
               
                                                                                BS 1 262°
                PK








PK           : POSISI KAPAL
 
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       

PERBEDAAN WAKTU MEMBARING       :
( 17.01 – 16.52 )            *   KECEPATAN KAPAL
( 10’ / 60’ )         *  12 KNOTS
3.5 NM
MAKA BARINGAN 1 DIGESER KE DEPAN SEJAUH 3.5 NM PADA GARIS HALUAN YANG DI LUKIS PADA OBJECT TERSEBUT.
SELANJUTNYA GARIS HALUAN YANG TELAH DILUKIS PADA OBJECT YANG DI BARING DI GESER PADA PERPOTONGAN ANTARA GARIS BARINGAN 2 DAN GARIS BARINGAN 1 YANG TELAH DI GESER.
ITULAH POSISI KAPAL KITA PADA BARINGAN TERAKHIR.

SOAL NO. 16
Ø  PRAKTEKKAN BEBERAPA CARA UNTUK MENDAPATKAN NILAI DEVIASI PEDOMANDENGAN BANTUAN BENDA DARAT DENGAN MENYEBUTKAN BENDA YANG DIBARING DAN TANGGALNYA!
A.      2 BENDA BARINGAN MENJADI SATU
B.      BARINGAN ARAH BREAKWATER
C.      ARAH DERMAGA SAAT KAPAL SANDAR
JAWABAN SOAL NO. 16
A.   DUA BENDA MENJADI SATU
     TANGGAL 02 APRIL 2015
     KM BERKAH 36 MEMBARING KM ISA GLORY DENGAN BARINGAN 000°
     SEDANGKAN KM ISA GLORYMEMBARING KM BERKAH 36177°
     MAKA ERROR DIDAPAT      3
     VAR PETA                       1.5 ( + )
     DEVIASI STANDART       1.5 ( + )
B.        BARINGAN ARAH BREAKWATER
       TANGGAL 03APRIL 2015
       HALUAN KAPAL           :           183°
       BARINGAN BREAKWATER       180°
       ERROR DI DAPAT                    3
       VAR                              2 (+2)
       DEV STANDART                       1 (+)
C.        ARAH DERMAGA SAAT SANDAR
       TANGGAL 05APRIL 2015
       HALUAN                                   035°
       BARINGAN DERMAGA             037°
       ERROR DI DAPAT                    2 ( - )
       VAR                                          1
       DEV STANDART                       3 ( - )

SOAL NO. 17
Ø  DAPATKAN POSISI KAPAL DENGAN METODE DIBAWAH INI, DENGAN MENYEBUTKAN TEMPAT, JAM DAN TANGGAL ANDA LAKSANAKAN SERTA DALAM PELAYARAN DARIMANA KE MANA :
A.      BARINGAN DENGAN JARAK TAMPAK SUAR
B.      BARINGAN DENGAN PERUMAN
C.      BARINGAN DENGAN GARIS TINGGI MATAHARI



JAWABAN SOAL NO. 17
A. BARINGAN JARAK TAMPAK SUAR
PADA TANGGAL 14 APRIL 2015 04.30 WIB KETIKA AKAN SANDAR DI PELABUHAN PETROKIMIA GRESIK TARUNA MEMBARING SUAR DENGAN DATA YANG TERTERA DIPETA YAITU C 26 M BARINGAN 070® TRUE COURSE 073®SUAR YANG BERADA DI SEMBILANGAN SETELAH MENDAPAT JARAK TAMPAK DARI SUAR TERSEBUT MAKA KITA BUAT LINGKARAN DI SUAR TERSEBUT DENGAN MENGUKUR JARAK TAMPAK SUAR PADA SKALA LINTANG KEMUDIAN KITA AMBIL BARINGAN DARI SUAR TERSEBUT TERDAPAT PERTEMUAN TITIK POTONG ANTARA LINGKARAN DAN GARIS BARINGAN TERSEBUT DAN ITULAH POSISI KAPAL.
                                                               

                                                                                               
C 26M
                                                                                TG. NUSANIVE
                                TRUE BEARING 070®                                             

TRUE COURSE 073®

                                                                POSISI KAPAL       


                                                POSISI KAPAL       
 



                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   












B. BARINGAN DENGAN PERUMAN
TANGGAL 03 APRIL 2015 MEMBARING 085°
MELIHAT KEDALAMAN LAUT PADA ECHO SOUNDER 8.5 DAN DI SESUAIKAN DENGAN KEDALAMAN YANG TERTERA DI PETA.

                                                       POSISI KAPAL
                                                                8.5
                                                9.0          10
                                                                12
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           
D.     PENENTUAN POSISI MENGGUNAKAN BARINGAN GARIS TINGGI MATAHARI

                                                                                                           
SOAL NO. 18
PADA PELAYARAN SAMUDRA UNTUK MENGHITUNG JARAK ANTARA 2 CUKUP JAUH DAPAT DITEMPUH DUA CARA, YAITU DENGAN JANGKA DAN DENGAN HITUNGAN
A.      SEBUTKAN LINTANG DAN BUJUR DUA POSISI YANG AKAN DIHITUNG JARAKNYA,SEBUTKAN TANGGAL ANDA LAKUKAN HAL TERSEBUT DAN DALAM PELAYARANDARIMANA KE MANA!
B.      BERAPA MIL JARAK YANG ANDA UKUR DENGAN JANGKA ?
C.      BERAPA MIL JARAK YANG ANDA HITUNG DENGAN RUMUS, TULISKAN RUMUS YANG ANDA GUNAKAN?
JAWABAN SOAL NO. 18
A.   PELAYARAN JAKARTA-TG WANGI, 09SEPTEMBER 2014
     POSISI 1 : 03®14.0’ S / 116®11.0’ E
     POSISI 2 : 08®21.0’ S / 120®38.0’ E
B.   140 NM DIDAPAT DARI MENJANGKAKAN 2 POSISI DAN MENGUKUR DI SKALA LINTANG
C.   UNTUK MENGHITUNG JARAK DENGAN PERHITUNGAN KALKULASI DAPAT MENGGUNAKAN BANTUAN LINTANG MENENGAH DAN LINTANG BERTUMBUH
     Δ LT = LT 2 – LT 1
            08®21.0’ N
            03®14.0’ N – (LINTANG SENAMA)
            05®07.0 N
     Δ BJ = BJ 2 – BJ 2
            120®38.0’ E
            116®11.0’ E – (BUJUR SENAMA)
                 4®27.0’ E
     LT M = LT TOLAK / LT 1 ± ½ ΔLT  ( RUMUS UNTUK MENCARI LINTANG MENENGAH/LTM )

      = 03®14.0’ ± ½ 05®07.0’
      = 03®14.0’ N + 02®33.5’ N (SENAMA)
     = 05®47.5’ N
 SIMPANG =  ΔBJ . COS. LTM
            = 04®27.0’ . COS 05®47.5’
            = 04®27.0’ E X 0.994
             = 267® X 0.994
             = 265.6® / 266®

              TG H  = SIMPANG : ΔLT
            = 266® : 05®07.0 N
            = 266® : 307®
            = 0.8664495114
 = N 40®54’26” E

JAUH = ΔLT. SEC H
            = 05®07.0’. SEC 40®54’26”
 = 307 X           1
                        COS 40®54’26”
            = 307 X          1
                         0.7557709321
             = 406.2 NM

SOAL NO. 19
DAPATKAN COPY PETA PROYEKSI GNOMONIK DAN PELAJARILAH.
A.     UNTUK KEPERLUAN APAKAH PETA INI BIASANYA ADA DIKAPAL ?
B.  DAPATKAN PETA INI KITA GUNAKAN UNTUK BERLAYAR ?
C.  BAGAIMANAKAH LINGKARAN BESAR DIGAMBARKAN PADA PETA INI  ?
D.  BAGAIMANAKAH ANDA MEMINDAHKAN HALUAN YANG DITARIK PADA PETA GNOMONIK KE PETA MERCATOR ?
JAWABAN SOAL NO. 19           
A.        PETA GNOMONIK DIGUNAKAN UNTUK MELUKIS BARINGAN PADA PENERAPAN GREAT CIRCLE.
B.        DAPAT TETAPI AKAN BANYAK KENDALA DALAM PENENTUAN HALUAN-HALUAN.
C.        BENTUKLINGKARAN BESAR PADA PETA PROYEKSI GNOMONIK AKAN BERUPA GARIS LURUS.
   ◦ SETIAP 10⁰ PADA PETA PROYEKSI GNOMONIK DICARI FIX POSISINYA.
   ◦ POSISI TERSEBUT DIPINDAH KE PETA MERCATOR.
   ◦ TITIK-TITIK (POSISI-POSISI) DIHUBUNG-HUBUNGKAN MEMBENTUK
      GARIS SAMBUNG-MENYAMBUNG.

o    LINGKARAN BESAR YANG BERUPA GARIS LURUS PADA PETA PROYEKSI GNOMONIKAKAN BERUBAH MENJADI GARIS YANG SERING BERUBAH ARAH (SETIAP 10⁰) YANGCENDERUNG BERBENTUK GARIS BUSUR.

B.      MENJANGKA PETA
SOAL NO. 1
TULISLAH JUDUL BUKU-BUKU NAVIGASI YANG ADA DI KAPAL SAUDARA DAN JELASKAN CARA PENGGUNAAN MASING-MASING (MINIMAL 10 BUKU)
JAWABAN SOAL NO.1
A.     ALMANAK (BUKU INI SANGAT MEMBANTU UNTUK MENCARI WAKTU SHALAT SAAT DI TENGAH LAUT PENGGUNAANYA DENGAN MENCOCOKKAN TANGGAL,LINTANG PADA ALMANAK)
B.     SIGHT REDUCTION TABLE (UNTUK MELIHAT RASI BINTANG,CARANYA DENGAN MENGGUNAKAN POSISI BUJUR KEMUDIAN DI TAMBAH DENGAN GHA BINTANG YANG DI DAPAT DI ALMANAK KEMUDIAN DI COCOKKAN DI TABEL INI)
C.     KATALOG (BERISI PANDUAN PETA YANG DIGUNAKAN UNTUK BERLAYAR,DENGAN MELIHAT PETA MANA YANG AKAN DIGUNAKAN UNTUK BERLAYAR)
D.    INTERNATIONAL CODE OF SIGNAL( BERISI PENJELASAAN TENTANG ISYARAT-ISYARAT)
E.     ISM CODE(TENTANG KESELAMATAN DALAM PELAYARAN
F.      MARINE POLLUTION (BERISI TENTANG PANDUAN ATURAN PENCEMARAN LAUT
G.    RADAR ( BERISI TENTANG PENGOPERASIAN RADAR,UNTUK MENGHIDUPKAN TEKAN POWER ON TUNGGU BERPA MENIT TX/STBY, ATUR KECERAHAN DAN MENU2 YANG ADA DI RADAR SESUAI BUKU PANDUAN)
H.    GPS( BERISI TENTANG PANDUAN BUKU GPS,PENGOPERASIAN SESUAI DENGAN YANG TERTERA DALAM BUKU PANDUAN TERSEBUT
I.       ADMIRALTY (BERISI TENTANG PANDUAN TENTANG KEADAAN LAUT,ANGIN,AWAN, DLL.
J.       IMDG CODE (BERISI TENTANG KODE MUATAN BERBAHAYA)
SOAL NO. 2
LAMPIRKAN PETA-PETA ATAU SALINANNYA (FOTO COPY) DAN BERILAH PENJELASAN CARA PENGGUNAANNYA
A.    PETA MERCATOR
B.    PETA DECCA
C.    PETA LORAN
D.   PETA GNOMONIK
E.    PETA VARIASI
F.     PETA ARUS
G.   PETA CUACA
JAWABAN SOAL NO.2
A.    PETA MERCATOR, GAMBAR TERLAMPIR PADA LAMPIRAN 1
      PETA INI MERUPAKAN PETA DENGAN LINTANG BERTUMBUH, PETA
      INI SANGAT BAIK DIGUNAKAN UNTUK BERLAYAR.
B.    PETA DECCA, GAMBAR TERLAMPIR PADA LAMPIRAN 2
PETA DECCA MERUPAKAN PETA YANG DIGUNAKAN LANGSUNG DALAM MENENTUKKAN POSISI MELALUI ALAT TERSEBUT (PESAWAT DECCA).
C.    PETA LORAN, GAMBAR TERLAMPIR PADA LAMPIRAN 3
MERUPAKAN PETA YANG DIGUNAKAN UNTUK MENENTUKAN  POSISI ALAT ELEKTRONIK DENGAN GARIS-GARIS LURUS PADA PETA,
      PERPOTONGAN GARIS ADALAH POSISI KAPAL.
D.   PETA GNOMONIK, GAMBAR TERLAMPIR PADA LAMPIRAN 4
MERUPAKAN PETA YANG DIGUNAKAN PADA PELAYARAN DAERAH KUTUB.
E.    PETA VARIASI, GAMBAR TERLAMPIR PADA LAMPIRAN 5
MERUPAKAN PETA YANG DIGUNAKAN PADA WAKTU KAPAL AKAN TIBA PADA TEMPAT YANG DITUJU.
F.     PETA ARUS, GAMBAR TERLAMPIR PADA LAMPIRAN 6
MERUPAKAN PETA YANG DIGUNAKAN UNTUK MELIHAT PENENTUAN ARAH ARUS SERTA KEKUATAN NYA.
G.   PETA CUACA, GAMBAR TERLAMPIR PADA LAMPIRAN 7 
MERUPAKAN PETA YANG DIGUNAKAN UNTUK MELIHAT KEADAAN-KEADAAN CUACA, MULAI DARI TEKANAN UDARA, ADANYA HUJAN DAN SEBAGAINYA.
SOAL NO. 3
LAMPIRKAN SEBUAH PETA RENCANA ATAU SALINANNYA
( FOTO COPY ) UNTUK MEMASUKI SALAH SATU PELABUHAN DAN TUNJUKAN DALAM PETA TERSEBUT HALUAN-HALUAN , POSISI KAPAL DAN TEMPAT BERLABUH !
JAWABAN SOAL NO. 3
       
PADA SAAT KAPAL AKAN MEMASUKI PELABUHAN PANJANG, (LAMPUNG)
PADA HALUAN 110 ͦ
SOAL NO.4
LAMPIRKAN 2 GAMBAR SISTEM PERPELAMPUNGAN A DAN B PADA PELABUHAN YANG BERBEDA YANG PERNAH SAUDARA KUNJUNGI ! KAPAN ANDA BERKUNJUNG KESANA
JAWABAN SOAL NO.4
                           1                                                                   2
      
SOAL NO. 5
Ø JELASKAN CARA NAKHODA ATAU PERWIRA KAPAL SAUDARA MEMPERSIAPKAN PETA – PETA UNTUK SUATU ROUTE PELAYARAN MULAI DARI MENCARI NOMOR – NOMOR PETA, PENYUSUNAN SERTA MENGOREKSI PETA DENGAN BPI ATAUPUN NTM !
JAWABAN SOAL NO. 5
Ø UNTUK MENYUSUN PETA BIASANYA NAKHODA/PERWIRA MENCARI/MENYUSUN PETA DENGAN MENGGUNAKAN KATALOG PETA INDONESIA/ NTM JIKA BERLAYAR KE LUAR NEGERI
PERTAMA KITA BUKA HALAMAN INDEKS UNTUK MELIHAT DAERAH YANG AKAN KITA LAYARI
JIKA SUDAH DAPAT MAKA KITA TARIK GARIS DARI PELABUHAN AWAL KE PELABUHAN TUJUAN
MAKA DIDAPAT SUSUNAN PETA, KITA AMBIL PETA – PETA YANG BERSKALA BESAR, KEMUDIAN BERSKALA KECIL DAN KETIKA AKAN TUBA DI PELABUHAN TUJUAN/TIBA KITA GUNAKAN PETA RENCANA
PENGKOREKSIAN PETA DENGAN MENGGUNAKAN BPI YANG TERBIT SETIAP MINGGU, JIKA PETA YANG KITA GUNAKAN ADA PERUBAHAN MISALNYA TERDAPAT PERUBAHAN BOUY, KARANG, KERANGKA KAPAL YANG TENGGELAM MAKA KITA HARUS MEMASUKKAN DATA – DATA TERSEBUT KE DALAM DAFTAR KOREKSI PETA BESERTA LINTANG DAN BUJURNYA, PADA PETA HARUS DI BERI
TANDA AGAR TIDAK TERJADI BAHAYA KETIKA KAPAL BERLAYAR DAN WAJIB DIKETAHUI OLEH MUALIM JAGA YANG BERTUGAS DI ANJUNGAN.

SOAL NO. 6
Ø  URAIKAN CARA MENARIK GARIS HALUAN UNTUK SUATU ROUTE PELAYARAN, YANG MENYANGKUT :
A.      ALAT – ALAT YANG DIGUNAKAN
B.      PEMILIHAN ROUTE DENGAN ALASAN – ALASANNYA
C.      JARAK TERHADAP BAHAYA NAVIGASI
D.     TITIK – TITIK PERUBAHAN HALUAN DAN BENDA – BENDA BARINGAN YANG DIGUNAKAN SEBAGAI PATOKAN

JAWABAN SOAL NO. 6
A.      ALAT  TULIS (KERTAS BURAM, PENSIL, PENGHAPUS, PENGGARIS)
MISTAR JAJAR, TRI ANGLE / PENGGARIS SEGITIGA, JANGKA
PASSAGE PLAN
DLL
B.      SELAMA TARUNA PRAKTEK BERLAYAR PEMILIHAN ROUTE KITA GUNAKAN BANYAK BARINGAN PULAU / BENDA DARAT UNTUK PATOKAN AGAR KITA DAPAT MENGECEK POSISI SELALU FIX
C.      JARAK TERHADAP BAHAYA NAVIGASI KITA HARUS HINDARI / SEJAUH MUNGKIN DARI TREK YANG KITA BUAT AGAR SEDIKIT KEMUNGKINAN YANG TIMBUL UNTUK TERJADI BAHAYA NAVIGASI
D.     TITIK PERUBAHAN HALUAN / PATOKAN BENDA BENDA DARAT KITA GUNAKAN SEBANYAK MUNGKIN SUAR / PULAU / BENDA DARAT LAINNYA SEBAGAI PATOKAN UNTUK PERUBAHAN HALUAN 

SOAL NO. 8
Ø  SALINLAH LOGBOOK YANG MENYANGKUT KEGIATAN KEGIATAN MUALIM JAGA SELAMA 4 TUGAS JAGA PADA DINI HARI, SIANG HARI DAN PETANG HARI!
JAWABJAWABAN SOAL NO.8
Ø  00.00 – 04.00 (MIDDLE WATCH)         : MUALIM II(LARUT MALAM)
04.00 – 08.00 (MORNING WATCH)     : MUALIM I( DINI HARI)
08.00 – 12.00 (FORENOON WATCH)   : MUALIM III( PAGI HARI)
12.00 – 16.00 (AFTERNOON WATCH)  : MUALIM II( SIANG HARI)
16.00 – 20.00 (DOG WATCH)               : MUALIM I      ( PETANG HARI)
20.00 – 24.00 (FIRST WATCH)              : MUALIM III    ( MALAM HARI)

SOAL NO.9
JELASKAN BANGAIMANA ANDA DIKAPAL MENENTUKAN ARAH DAN KECEPATAN ARUS DISUATU SELAT ATAU SUNGAI YANG PERNAH DILEWATI !


JAWABAN SOAL NO.9
Ø  ARAH DAN KECEPATAN ARUS DISUATU SELAT DAPAT KITA LIHAT DI TIDAL STREAM ATAU DAFTAR ARUS PASANG SURUT YANG TERBIT SETIAP TAHUNNYA
-     SELAMA TARUNA PRAKTEK TIDAK PERNAH MELEWATI SUNGAI.
-     SELAMA BERTUGAS JAGA DIANJUNGAN SELALU MONITOR / CONTACT DENGAN KAPAL KAPAL YANG KELUAR MASUK/MENGADAKAN OLAH GERAK DI SEPANJANG SUNGAI
-     TERSEBUT UNTUK MENGHINDARI BAHAYA TERSEBUT, SELALU MENGGUNAKAN KEMUDI MANUAL PADA SIANG/MALAM HARI SELALU LOOK OUT PADA MALAM HARI RADAR ON AGAR DAPT BERLAYAR DENGAN AMAN KARENA ARUS DI SUNGAI TERSEBUT SANGAT KUAT SEHINNGGA NAKHODA MEMERINTAHKAN AGAR KECEPATAN 1 KNOT SEHINGGA KAPAL MUDAH DIKENDALIKAN KETIKA BEROLAH GERAK.

SOAL NO. 10
Ø  PENERBIT – PENERBIT NAUTIK
A.    AMBILAH SALAH SATU PETA YANG PERNAH ANDA GUNAKAN, SEBUTKAN NOMOR DAN WILAYAHNYA! INFORMASI APA SAJA YANG DIDAPATKAN DARI SUATU PETA ?
B.     APA SAJA INFORMASI YANG DIDAPAT DARI SUATU KATALOG ?
C.     BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN NOMOR – NOMOR PETA YANG DIGUNAKAN UNTUK SUATU KATALOG ?
Ø  BERILAH CONTOH MASING – MASING PETA UNTUK SUATU ROUTE TERSEBUT!
JAWABAN SOAL NO. 10
Ø  A. PETA NO. 82 PELAYARAN TG WANGI-GRESIK
ALUR PELAYARAN SURABAYA-SELAT BALI
INFORMASI YANG DIDAPAT DARI SUATU PETA :
·         KEDALAMAN LAUT DISEBUT DENGAN METER (M) DAN DISURUTKAN SAMPAI RATA RATA AIR RENDAH 6 DM DIBAWAH DUDUK TENGAH
·         KETINGGIAN DISEBUT DENGAN METER (M) DAN DIHITUMG TERHADAP DUDUK TENGAH
·        PROYEKSI MERCATOR
·        DERAJAH TETAP GRESIK 106®48’27.79” (BARU)
·        SUMBER DATA KAPAL “MELVI VAN CARNBEE” DAN “HIDROGRAF TH 1883 – 1886
·        SURVEY INDRAMAYU TH 1970, CIREBON TH 1975, BALONGAN TH 1979
·        PETA LAUT NO. 82 EDISI 1991, PETA LAUT NO. 86 EDISI 1990 DIPERBARUI OLEH DINAS HIDRO OSEANOGRAFI 1991 DIKOREKSI S/D BPI NO. 29/257 2007
·        PEMAKAIAN PETA DIHARAP MEMBERIKAN KOREKSI TAMBAHAN DAN SRAN UNTUK PERBAIKAN PETA
Ø  INFORMASI YANG DIDAPT DARI SUATU KATALOG :
KETERANGAN TEPI PETA
MENYUSUN PETA DIANTARANYA       :
PETA LAUT INDONESIA
PETA TEMATIK
NAMA – NAMA / DATA YANG BERSANGKUTAN DENGAN PETA LAUT INDONESIA
PENGGUNAAN KATALOG        :
JIKA 1 PETA ATAU LEBIH YANG DIPERLUKAN UNTUK SUATU DAERAH TERTENTU CARI LOKASINYA PADA PETA INDEKS DARI DAERAH TERSEBUT, PETA INDEKS MENUNJUKKAN BATAS BATAS DAN NOMOR PETA YANG DIPERLUKAN. CARI DALAM INDEKS NOMOR PETA YANG DIMAKSUD MAKA DIDAPAT NOMOR HALAMAN KATALOG YANG MEMUAT KETERANGAN PETA. BILA TIDAK DITEMUKAN DAPAT DICARI DALAM INDEKS NAMA NAMA TEMPAT YANG TERDAPAT DI BAGIAN AKHIR KATALOG
Ø  PETA UNTUK ROUTE
GRESIK -LAMPUNG                        :    96,81A,70,69,79,78,71,94
LAMPUNG-JAKARTA                       :    94,71A,78,86,86B,85
JAKARTA-TG. WANGI                     :    85,86B,86,79,69,81A,945,290
TG.WANGI-PETROKIMIA(GRESIK)  :    90,70,945,96
TG WANGII-BONTANG                   :    290-70A,1066,122,125,130,37,
                                       39


SOAL NO.11
Ø AMBILLAH LIST OF LIGHT UNTUK MENDAPATKAN KETERANGAN TENTANG SUAR P DAMAR BESAR (TELUK JAKARTA), PADA BUKU MANA, HALAMAN BERAPA KETERANGAN APA SAJA YANG ANDA DAPATKAN ?
Ø PILIHLAH SALAH SATU TEMPAT YANG ANDA LEWATI, CARILAH SAILING DERECTION PILOT BOOK YANG MEMUAT INFORMASI TENTANG DAERAH TERSEBUT ? PADA PILOT VOLUME BERAPA, HALAMAN BERAPA ANDA DAPATKAN INFORMASI ITU ?

JAWABAN NO.11
  1. SUAR PULAU DAMAR DIPEROLEH DARI ADMINIRALTY LIST OF LIGHT AND FOG SIGNAL VOLUME K 2002 NOMOR 83 HALAMAN 13.
KETERANGAN YANG DIPEROLEH:
-          NOMOR SUAR             : 1062
-          LOKASI                         : PELABUHAN SURABAYA
-          NAMA                          : DAMAR BESAR LIST
-          LINTANG                      : 05° 57’,5” S
-          BUJUR TIMUR             : 106° 50’,5” E
-          KARAKTERISTIK           : F1 (4)W
-          ELEXASI (M)                : 9 m
-          JARAK                          : 19 Mil
-          BENTUK STRUKTUR     : WHITE METAL COVER = 5,2 m
-          KETERANGAN               : 112°-116° (4°)


  1. PORT OF TANJUNG PERAK
GENERAL INFORMATION        : CHARTS 933
POSITION                                : 06° 04’ 50” S/106° 53’,00 E
PILOT BOOK VOLUME 1 (FOURTH EDITION 2002)
SOAL NO.12
A.      * HITUNGLAH PASANG SURUT SAAT BERADA DISUATU PELABUHAN,
SEBUTKAN NAMA PELABUHAN, TANGGAL, JAM DAN TINGGI AIR     SAAT HW DAN LW.
* PILIH SUATU TEMPAT YANG ANDA LALUI, HITUNG ARAH DAN
   KECEPATAN ARUS PASANG SURUT DI TEMPAT ITU, SEBUTKAN
   TEMPAT, TANGGAL, JAM, ARAH DAN KECEPATAN ARUS.
B.      AMBILAH NOTICE TO MARINER, SEBUTKAN NOMOR DAN TANGGAL NYA, BUKA SALAH SATU HALAMAN, INFORMASI APAKAH YANG ANDA DAPATKAN PADA PELABUHAN TERSEBUT.

JAWABAN SOAL NO. 12
A.      * PELABUHAN TANJUNG PERAK SURABAYA
    KETINGGIAN DALAM METER TANGGAL 15 JANUARI 2015
    JAM 06.00 = 0,9 M (LW)
    JAM 20,00 = 2,0 M (HW)
* ALUR PELAYARAN BARAT SURABAYA (KARANG JAMUANG)
   TANGGAL 09 JANUARI 2015 JAM 15.00
   ARAH UTARA : KECEPATAN ARUS 1,8 KNOT.

B.      ADMIRALTY NOTICE TO MARINE, WEEKLY ADITION 43 28th
 NOVEMBER 00,PAGE 2016 INFORMATION INDONESIA
 KALIMANTAN

SUBTITUDE : DEPTH 59 M (UP RIGHT) FOR DEPTH 98 M
                      05°36’.00’’S / 118°25’.3’’E
                      DEPTH 11 M (UP RIGHT) ENCLOSED BY 20 M
                      BROKEN CENTOUR FOR DEPTH 132 M
                      05°37’.9’’S / 118°25’.3’’E
DELETE                    : DEPTH 7 M, SLOSED S/E OF (H)
                      02°01’.9’’S / 117°23’.4’’E

SOAL NO.13
A.        INFORMASI APAKAH YANG DAPAT DIPEROLEH DARI ‘’ RADIO NAVIGATION WARNING’’
B.        BUKALAH ‘’SHIP ROUTEING INFORMATION’’ INFORMASI APA SAJAKAH YANG DAPAT DIPEROLEH DARI SITU ?
C.        INFORMASI APA SAJA YANG DIPEROLEH DARI ‘’CHART ABBREVIATION AND SYMBOL’’
JAWABAN SOAL NO. 13
A.      INFORMASI TENTANG PERINGATAN NAVIGASI RADIO
B.      INFORMASI TENTANG RUTE KAPAL YANG KITA LEWATI, MULAI DARI KEADAAN CUACA, ANGIN, OMBAK, DLL
C.      INFORMASI TENTANG SIMBOL- IMBOL YANG TERDAPAT DALAM PELABUHAN- PELABUHAN YANG AKAN KITA SINGGAHI

SOAL NO. 14
      PETA SKALA YANG BAGAIMANA YANG TEPAT UNTUK PELAYARAN SAMUDRA DAN SKALA PETA YANG BAGAIMANA YANG TEPAT UNTUK MERENCANAKAN LEGO JANGKAR ?
JAWABAN SOAL NO. 14
      JIKA KITA BERLAYAR DI PERAIRAN SAMUDRA BISA MENGUNAKAN PETA SKALA KECIL, JIKA AKAN MELAKUKAN LEGO JANGKAR LEBIH BAIK MENGGUNAKAN PETA SKALA BESAR KARENA AGAR BISA LEBIH DETAIL MELIHAT POSISI DAN KEDALAMAN AIR LAUT TERSEBUT.

SOAL NO. 15
AGAR SELALU ‘’UP TO DATE’’ MAKA PENERBITAN NAVIGASI HARUS SELALU DIKOREKSI DENGAN INFORMASI – INFORMASI TERBARU. BAGAIMANA CARA MENGOREKSI PENERBITAN – PENERBITAN NAVIGASI BERIKUT INI
A.    PETA / CHART
B.    LIST OF LIGHT
C.    SAILING DIRECTION
D.   SHIP ROUTEING INFORMATION

JAWABAN SOAL NO. 15
A.   UNTUK MENGOREKSI PETA / CHART TARUNA MEMPERHATIKAN 2ND OFFICER YAITU DIKOREKSI DENGAN MENGACU PADA GEOGRAPICAL INDEX PADA NOTICE TO MARINERS DENGAN CARA MENGOREKSI TREK YANG AKAN DILALUI KAPAL TERLEBIH DAHULU JIKA ADA KOREKSI MAKA HARUS KITA KOREKSI PADA POSISI TERSEBUT DENGAN DITANDAI MENGGUNAKAN BOLPOINT BERWARNA MERAH SETELAH SELESAI DIKOREKSI KITA TULIS EDISI DAN MINGGU KE BERAPA NTM TERSEBUT DIKELUARKAN PADA KAKI PETA.
B.   UNTUK MENGOREKSI LIST OF LIGHTS TARUNA MEMPERHATIKAN 2ND OFFICER YANG MENGACU PADA NOTICE TO MARINERS LALU PILIH KONTEN “UPDATE TO ADMIRALTY LIST OF LIGHTS AND FOG SIGNAL” SELANJUTNYA TERLEBIH DAHULU KITA KOREKSI TREK YANG AKAN DILALUI OLEH KAPAL JIKA ADA KOREKSI MAKA HARUS KITA KOREKSI PADA POSISI TERSEBUT LALU DITANDAI MENGGUNAKAN BOLPOINT WARNA MERAH DAN DITULIS EDISI DAN MINGGU KEBERAPA NTM TERSEBUT DIKELUARKAN PADA KAKI PETA.
C.   UNTUK MENGOREKSI SAILING DIRECTION TARUNA MEMPERHATIKAN 2ND OFFICER YANG MENGACU PADA NOTICE TO MARINERS LALU PILIH “UPDATE ADMIRALTY SAILING DIRECTIONS” LALU TERLEBIH DULU KITA KOREKSI PADA TREK YANG AKAN DILALUI KAPAL JIKA ADA KOREKSI MAKA HARUS DIKOREKSI DENGAN BOLPOINT WARNA MERAH JIKA TELAH DIKOREKSI TULIS EDISI DAN MINGGU KEBERAPA NOTICE TO MARINERS TERSEBUT DIKELUARKAN PADA KAKI PETA.

SOAL NO. 16
A.     HAL – HAL APA SAJAKAH YANG HARUS ANDA PERTIMBANGKAN JIKA AKAN MENARIKGARIS HALUAN DARI TEMPAT TOLAK MENUJU TEMPAT TIBA ?
B.    PRAKTEKKAN DENGAN PETA YANG SUDAH TIDAK DIGUNAKAN ATAU FOTOCOPY, UNTUK MENARIK GARIS        HALUAN PADA PELAYARAN BERIKUT :
·           PELAYARAN DEKAT PANTAI
·           BERLAYAR DI BAGAN PEMISAH LALU LINTAS
·           BERLAYAR LINTAS SAMUDRA

JAWABAN SOAL NO. 16
A.   HAL HAL YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN KETIKA MENARIK GARIS HALUAN         :
1)        JARAK YANG DITEMPUH MERUPAKAN JARAK YANG TERDEKAT DAN TERBEBAS DARI BAHAYA-BAHAYA/ OBSTRUCTION (RINTANGAN) NAVIGASI SEPERTI KERANGKA KAPAL YANG TENGGELAM DAN BAHAYA NAVIGASI LAINNYA.
2)        USAHAKAN HALUAN YANG DIBUAT LEBIH DEKAT DAN LEBIH BANYAK MEMPEROLEH TARGET UNTUK MENENTUKAN FIX POSITION SEPERTI MECUSUAR, RACON, PULAU, DLL AGAR MEMUDAHKAN UNTUK MENDAPATKAN POSISI KAPAL DAN JUGA POSISI YANG DIDAPAT LEBIH AKURAT.
3)        DALAM MEMBUAT TITIK BELOK (WAY POINT)USAHAKAN BESARNYA 90® DAN JAUHI BAHAYA-BAHAYA NAVIGASI DI SEKITAR AGAR MEMUDAHKAN KAPAL UNTUK BEROLAH GERAK DENGAN AMAN, DAN EFISIEN.
4)        GUNAKAN TANDA DARAT SEBAGAI PATOKAN UNTUK PERUBAHAN HALUAN
5)        GUNAKAN TANDA DARAT SEBANYAK MUNGKIN AGAR  MEMUDAHKAN KAPAL KETIKA BERLAYAR UNTUK MENENTUKAN POSISI DAN TERHADAP TREK YANG TELAH DITENTUKAN.
6)        TARIKLAH GARIS HALUAN SETEBAL MUNGKIN DENGAN MENGGUNAKAN PENSIL.
7)        TULISLAH HALUAN, ARAH PANAH DAN JARAK DIANTARA GARIS HALUAN AGAR MEMUDAHKAN PERWIRA JAGA UNTUK MENGECEK POSISI.
8)         TULISKAN A/C PADA SETIAP PERUBAHAN HALUAN.
9)        TULISKAN WAY POINT DAN KETERANGAN LAINNYA PADA SETIAP PERUBAHAN HALUAN DITEMPAT YANG TIDAK MENGGANGGU TREK TERSEBUT.
10)    TULISKAN TANDA – TANDA BAHAYA / WASPADA PADA SETIAP DAERAH PELAYARAN YANG MEMBUTUHKAN PENGAMATAN EXTRA.
11)    TANDAI DIMANA ECHOSOUNDER HARUS DIHIDUPKAN PADA DAERAH PELAYARAN YANG DANGKAL.
12)    GUNAKAN PARALEL INDEKS PADA PELAYARAN NARROW JIKA KAPAL BERLAYAR DI PERAIRAN SEMPIT.

SOAL NO. 17
A.  AMBILAH DATA – DATA DARI LAPORAN TENGAH HARI, SEBUTKAN TANGGALNYA NOMOR VOYAGE, PELAYARAN DARIMANA KE MANA, KEADAAN CUACA SAAT ITU, SISA BAHAN BAKAR DAN AIR TAWAR, KECEPATAN KAPAL RATA RATA DAN ETA PELABUHAN TUJUAN !
B.    JELASKAN CARA MEMPERHITUNGKAN ETA DI PELABUHAN TUJUAN JIKA ANDA BERLAYAR MENURUT LINGKARAN BESAR?

JAWABAN SOAL NO. 17
A.      7JANUARI 2015
VOY. 001/2015
LATITUDE : 6°3.6’ S                                   LONGITUDE : 106°53.7E
PELAYARAN TG WANGI GRESIK
E 2. CIRRUS. ALTO CUMULUS.                  FINE. SLIGH SEA
LO 340.302 KL AT 1005 T
AVERAGE SPEED 10NKNOTS
AVERAGE RPM 80.01
DISTANCE TO GO 50,32 NM
DISTANCE RUN 540,24 NM
ETA PETROKIMIA GRESIK 7 APRIL 2014 02.00 WIB
B. PELAYARAN TG WANGI – PETROKIMIA GRESIK
KECEPATAN     = 10 KNOT
JARAK              = 364 NM
TD                    = 25 SEPTEMBER 2013 / 16.00 WIB (GMT +07.00.00)
                        TD                    = 16 : 00 : 00   25  SEPT 2011
                        PERJALANAN   = 29 : 53 : 20
                        Δ WAKTU         = 01                 ( + )+
                        TA                    = 49 : 53 : 20   25 SEPT 2012
                        TA TG.WANGI  = 01 : 53 : 20   26 SEPT 2012( WIB)

SOAL NO. 18
DALAM PENGALAMAN ANDA BERLAYAR, PILIHLAH MASING – MASING 2 BUAH SUAR YANG MEWAKILI “SUAR KUAT” DAN “SUAR LEMAH” DENGAN MENULIS DATA DAN SIFATNYA SESUAI KETERANGAN YANG TERTERA DI PETA!

JAWABAN SOAL NO. 18
     SUAR KUAT
     1. SUAR P. MACAN C (2) 10S 20 M
     2. SUAR P. KATANG - KATANG C (2) 18S 100M 12M
     JARAK TAMPAK YANG TERTERA DI PETA YAITU
     1. 20 M
     2. 12 M SETELAH DIKOREKSI DENGAN TINGGI MATA DI DAPAT
     SUAR KUAT
     1. SUAR P. MACAN TAMPAK LEBIH DARI 20 NM
     SUAR LEMAH
1.      SUAR P. KATANG - KATANG PADA JARAK 12 NM MASIH BELUM TAMPAK.
SETELAH DIKOREKSI DENGAN TINGGI MATA DIDAPATKAN HASIL LEBIH DARI ½ MILE DARI SEBENARNYA (DATA YANG TERTERA DI PETA).

SOAL NO. 19
APAKAH YANG HARUS ANDA PERHATIKAN PADA SAAT MELAKSANAKAN PELAYARAN MENGIKUTI BAGAN PEMISAH LALU LINTAS?

JAWABAN SOAL NO. 19
Ø TRACK YANG DIPILIH OLEH KAPAL YANG SEDANG BERLAYAR DI BAGAN PEMISAH LALU LINTAS (TSS) DIHARUSKAN UNTUK MENGIKUTI ARAH PANAH YANG TERTERA DALAM TSS TERSEBUT
Ø TRACK YANG DIPILIH OLEH KAPAL YANG SEDANG BERLAYAR DI BAGAN PEMISAH LALU LINTAS (TSS) DIHARUSKAN MENGGUNAKAN BANTUAN DENGAN RINTANGAN ALAM (KARANG) SEBAGAI TANDA UNTUK MEMBANTU DALAM BERLAYAR
Ø TRACK DIHARUSKAN UNTUK MENGIKUTI ARAH PANAH YANG TERTERA  DENGAN BANTUAN TANDA DARAT SEBAGAI PENENTUAN POSISI AGAR TETAP FIX / LOOK OUT
Ø BIASANYA TERDAPAT TANDA YANG BERTULIS “DW” DEEP WATER YANG BERARTI DALAM PERAIRAN TERSEBUT HANYA BOLEH DI LALUI OLEH KAPAL YANG MEMILIKI DRAFT DALAM ±20 M
Ø MANFAATKAN TANDA DARAT SEBAGAI PENENTUAN POSISI / MENJAGA AGAR HALUAN TETAP PADA TRACK
Ø SEBISA MUNGKIN MENENTUKAN POSISI DENGAN BANTUAN TANDA DARAT / NAVIGASI DISEKITAR DAERAH YANG DILAYARI
Ø BIASANYA TERDAPAT TANDA / BATAS DRAFT MASIMUM YANG DIIJINKAN UNTUK KAPAL YANG AKAN MELEWATI DAERAH PELAYARAN TERSEBUTTERDAPAT  SIMBOL REPORTING POINT YANG MEWAJIBKAN KITA UNTUK MELAPOR KEPADA STASIUN PANTAI TERDEKAT SESUAI ALUR YANG DIGUNAKAN PADA DAERAH PELAYARAN YANG DILALUI
Ø MANFAATKAN TANDA NAVIGASI / BOUY SEBAGAI ARAH YANG HARUS DILEWATI OLEH KAPAL YANG SEDANG BERLAYAR.

SOAL NO. 20
CERITAKAN PENGALAMAN ANDA PADA SAAT MENGALAMI PELAYARAN YANG SULIT, TERUTAMA BERKAITAN DAERAH PELAYARANNYA, RAMAINYA LALU LINTAS, ATURAN – ATURAN YANG ADA, DENGAN MENYEBUTKAN KAPAN DAN DIMANA MENGALAMI?

JAWABAN SOAL NO.20
-      SELAMA TARUNA MENGIKUTI PRAKTEK BERLAYAR KETIKA MEMASUKI ALUR PELAYARAN SURABAYA YAITU SEPANJANG 26 NM ITU MERUPAKAN ALUR PELAYARAN YANG PALING SULIT SELAMA TARUNA PRAKTEK BERLAYAR KETIKA KAPAL BERLAYAR DARI GRESIK TUJUAN PANJANG.
-      DI DALAM ALUR TERSEBUT TERDAPAT BEBERAPA BOUY YANG BARU DAN DI HAPUS, DIANTARA TERDAPAT BEBERAPA BOUY YANG BERWARNA KUNING DENGAN TANDA SILANG ( X ) PADA BAGIAN ATAS DAN BERWARNA KUNING YANG MEMILIKI ARTI SPESIAL MARK YANG MENANDAKAN ADA KEGIATAN MENYELAM / PERBAIKAN KABEL BAWAH LAUT YANG MENGHARUSKAN KAPAL UNTUK MELEWATI DI KIRI BOUY TERSEBUT
-      SELAIN ITU ALUR PELAYARAN TERLALU RAMAI BANYAK KAPAL – KAPAL YANG BERLABUH JANGKAR DAN KE;LUAR MASUK DI ALUR TERSEBUT SEHINGGA TEMPAT UNTUK BEROLAH GERAK SANGAT TERBATAS SEKALI SEHINNGGA MEMBUTUHKAN WAKTU 2.5 JAM UNTUK TIBA DI DERMAGA DAN SELALU CONTACT DENGAN KEPANDUAN AGAR DAPAT BERLAYAR DENGAN AMAN DAN EFISIEN MESKIPUN TEMPAT UNTUK BEROLAH GERAK SANGAT TERBATAS SEKALI.



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer