SOAL CRB (CADET RECORD BOOK ) HUKUM MARITIM DAN KESELAMATAN PELAYARAN ANT-III
HUKUM MARITIM DAN KESELAMATAN PELAYARAN ANT-III
SOAL NO. 1
SETIAP KAPAL NIAGA MEMPUNYAI KELAS,
MINTALAH BANTUAN PERWIRA DI KAPAL UNTUK MELIHAT DOKUMEN KLASIFIKASI TERSEBUT.
KEMUDIAN CATAT :
A. KELAS APA YANG DIMILIKI KAPAL ANDA, SEBUTKAN!
B. BIRO KLASIFIKASI MANA YANG
MENGELUARKANNYA!
C. SEBUTKAN SERTIFIKAT APA SAJA YANG
DIBERIKAN BIRO KLASIFIKASI BAGI KAPAL SAUDARA!
JAWABAN SOAL NO. 1
A. KELAS
YANG DIMILIKI KM BERKAH
36 ADALAH A 100
B. BIRO KLASIFIKASI YANG
MENGELUARKAN ADALAH JAKARTA
C. SERTIFIKAT YANG DIBERIKAN BKI :
-
SERTIFIKAT
GARIS MUAT .
-
SERTIFIKAT
KLASIFIKASI LAMBUNG.
-
SERTIFIKAT
KLASIFIKASI MESIN.
-
SERTIFIKAT
KESELAMATAN KAPAL BARANG
-
SERTIFIKAT SURAT LAUT.
-
SERTIFIKAT MANAJEMEN KESELAMATAN
-
SERTIFIKAT SURAT UKUR.
-
SOAL NO. 2
PERHATIKAN DAN PELAJARI KEGIATAN
KAPAL DALAM MELAYANI PETUGAS IMIGRASI PADA PELABUHAN TERTENTU. KEMUDIAN
CERITAKAN SEMUA KEGIATAN TERSEBUT.
JAWABAN SOAL NO. 2
JIKA KAPAL AKAN MEMASUKI SUATU
PELABUHAN ASING MAKA PERWIRA YANG BERWENANG HARUS MENYIAPKAN SEMUA DOKUMEN SEPERTI
PASSPORT, BUKU PELAUT, BUKU KESEHATAN, DAN SERTIFIKAT LAINNYA. DAN PERWIRA YANG
BERWENANG WAJIB MENJAWAB PERTANYAAN YANG DIBERIKAN OLEH PETUGAS IMIGRASI
TERSEBUT.
SOAL NO. 3
AMATI, KEMUDIAN CATAT SEMUA PROSEDUR
KARANTINA KETIKA KAPAL ANDA MEMASUKI PELABUHAN TERTENTU. KEMUDIAN CERITAKAN
SEMUA KEGIATAN TERSEBUT!
LIHAT PETUNJUK PETA LAUT DAN PILOT
BOOK.
JAWABAN SOAL NO. 3
KETIKA KAPAL MEMASUKI PELABUHAN
TERTENTU MAKA KAPAL HARUS MENAIKKAN BENDERA BERWARNA KUNING (0) YANG MENANDAKAN KAPAL TERSEBUT SEHAT
DAN MINTA BEBAS KARANTINA.
TETAPI ADA JUGA PETUGAS KARANTINA
YANG NAIK KEKAPAL DAN TIDAK.
SOAL NO. 4
KEPADA NAKHODA KAPAL MINTALAH
BANTUANNYA UNTUK MELIHAT ARSIP LAMA MENGENAI “CHARTER PARTY”. KEMUDIAN KUTIP
MINIMAL 3 (TIGA) POINT MENGENAI PENGATURAN MASALAH MUATAN (CARGO).
JAWABAN SOAL NO. 4
KM BERKAH 36 CUMA 1 TAHUN DI CARTER PT PETRO KIMIA
GRESIK SEJAK MULAI SAYA CADET DI BERKAH 36 SUDAH TIDAK ADA KERJASAMA TETAPI
RUTE BERKAH 36 LIAR,MENGENAI DOKUMEN CHARTER PARTY TIDAK TAHU KARENA DOKUMEN
TERSEBUT ADA DI PEMILIK KAPAL YAITU BP.EDDY HOUNGA,PENANGANAN MUATAN DI KAPAL
BIASANYA MENGGUNAKAN GRAB PADA SAAT MUAT DALAM BENTUK CURAH,TERKADANG
MENGGUNAKAN COMVEYOR PADA SAAT MEMUAT UREA DI BONTANG ,PADA SAAT MUAT DALAM
BENTUK KARUNG-KARUNGAN MENGGUNAKAN JALA-JALA. MUATAN DI TALLY.
SOAL NO. 5
APAKAH HUBUNGAN ANTARA DEKLARASI
KESEHATAN MARITIM (MARITIM DECLARATION OF HEALTH) DENGAN BUKU KUNING PELAUT?
DAPATKAN COPYNYA, BERIKAN PENJELASAN SECARA LENGKAP.
JAWABAN SOAL NO. 5
-
DEKLARASI
MARITIM BERISI TENTANG PERSYARATAN BAHWA DIKAPAL TERSEBUT BEBAS DARI PENYAKIT
MENULAR.
-
BUKU
KUNING PELAUT MERUPAKAN SUATU SERTIFIKAT YANG MENYATAKAN BAHWA BEBAS DARI
PENYAKIT KARANTINA BAGI PARA PELAUT YNG SUDAH MENJALANI GENERAL CHECK UP DAN
DINYATAKAN SEHAT OLEH RUMAH SAKIT YANG DITUNJUK OLEH PERUSAHAAN UNTUK
MEMERIKSA.
-
KEDUANYA
MENGATUR KESEHATAN DARI PENYAKIT MENULAR, SEPERTI PES, KOLERA, DEMAM KUNING,
CACAR.
SOAL NO. 6
CARI PENJELASAN DARI ARTI KATA TOWING
/ SALVAGE BAIK OLEH BEBERAPA PERWIRA
KAPAL MAUPUN LITERATUR!
JAWABAN SOAL NO. 6
TOWING ADALAH MENUNDA YANG DILAKUKAN
OLEH KAPAL TUG BOAT DENGAN TONGKANG YANG BIASANYA MENGANGKUT BARANG.
SALVAGE ADALAH MENUNDA KAPAL YANG
TROUBLE ENGINE DI TENGAH LAUT KEMUDIAN DIBAWA KE PELABUHAN TERDEKAT / TEMPAT
TERDEKAT LAINNYA GUNA MENYELAMATKAN KAPAL DAN MUATANNYA.
SOAL NO. 7
TANYAKAN KEPADA NAKHODA / PERWIRA
KAPAL ANDA TENTANG GENERAL AVERAGE YANG PERNAH DIALAMINYA. BERIKAN CONTOH
TENTANG “GENERAL AVERAGE” DARI PENGALAMAN ANDA ATAU DARI PERWIRA DI KAPAL
MENGENAI :
A. MELIPUTI LANGKAH – LANGKAH DAN
TINDAKAN.
B. PERTIMBANGAN – PERTIMBANGAN AGAR
MEMENUHI PERSYARATAN GENERAL AVERAGE TERSEBUT!
JAWABAN SOAL NO. 7
GENERAL AVERAGE MERUPAKAN BENTUK
KERUSAKAN / KERUGIAN BESAR YANG TIMBUL KARENA KESENGAJAAN YANG DILAKUKAN DEMI
KEPENTINGAN BERSAMA ATAU KESELAMATAN BERSAMA YANG DILAKSANAKAN PADA WAKTU
BAHAYA.
KESELAMATAN TERSEBUT MERUPAKAN
KESELAMATAN KAPAL BESERTA MUATANNYA, SEHINGGA BILA TERJADI KERUGIAN MAKA
DITANGANI OLEH PIHAK YANG BERKEPENTINGAN (PIHAK KAPAL DAN PIHAK MUATAN/
SHIPPER).
A. LANGKAH – LANGKAH DAN TINDAKAN
-
MEMBUANG
MUATAN KELAUT UNTUK MEMPERKECIL / MENGHINDARI RESIKO KAPAL TENGGELAM.
-
MENANGGULANGI
KEADAAN DARURAT YANG TERJADI DI ATAS KAPAL.
B. PERTIMBANGAN UNTUK MEMENUHI
PERSYARATAN GENERAL AVERAGE:
-
TINDAKAN
YANG DILAKUKAN BENAR – BENAR UNTUK MENYELAMATKAN KAPAL, AWAK KAPAL DAN MUATAN
-
DENGAN
PERTIMBANGAN YANG MATANG BAHWA TINDAKAN YANG DILAKUKAN BENAR – BENAR UNTUK
KESELAMATAN SEMUA PIHAK
SOAL NO. 8
BERIKAN SUATU CONTOH COPY DOKUMEN
“MARINE OF PROTEST” YANG PERNAH DIBUAT DI KAPAL ANDA (MOHON BANTUAN PERWIRA
KAPAL UNTUK MELIHAT ARSIP KAPAL) DAN BERIKAN PENJELASAN TENTANG DOKUMEN
TERSEBUT!
JAWABAN SOAL NO. 8
MARINE OF PROTEST MERUPAKAN SUATU
BERITA ACARA YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGANTISIPASI ADANYA CLAIM DARI PEMILIK
MUATAN TENTANG ADANYA KETERLAMBATAN KAPAL KETIKA AKAN SANDAR DISUATU PELABUHAN
ATAU SELAMA KEGIATAN BONGKAR MUAT YANG DIAKIBATKAN OLEH SUATU HAL YANG TIDAK
TERSENGAJA. DIKAPAL SELAMA TARUNA PRAKTEK BELUM PERNAH MENEMUI BERITA ACARA
(MARINE OF PROTEST).
SOAL NO. 9
MINTALAH KESEMPATAN KEPADA PERWIRA
KAPAL ANDA UNTUK MELIHAT STATEMENT OF FACT, KEMUDIAN LAMPIRKAN SALAH SATU
COPYNYA DAN JELASKAN SEPERLUNYA!
JAWABAN SOAL NO. 9
STATEMENT OF FACT MERUPAKAN SUATU
BERITA ACARA TENTANG TERJADINYA KERUSAKAN MUATAN KETIKA DI ATAS KAPAL DAN BELUM
TIBA DI PELABUHAN TUJUAN.
SELAMA SAYA PRAKTEK TIDAK PERNAH
MENGALAMI HAL ITU KARENA APABILA ADA KERUSAKAN MUATAN SAAT LOADING YANG JAGA
KOMPLAIN TERHADAP FOREMAN DAN MUATAN ITU DI KEMBALIKAN LAGI.
SOAL NO. 10
BUATLAH
SATU CONTOH “DAMAGE REPORT” MENGENAI SUATU KEJADIAN DIATAS KAPAL ANDA
JAWABAN SOAL NO. 10
PADA
SAAT KM BERKAH 36
DISCHARGING DI BELAWAN 4 KARUNG UREA BALL HILANG KARENA DI CURI ORANG
CONTOH DAMAGE REPORT
DAMAGE REPORT
BELAWAN
09-08-2014
DEAR MASTER MV BERKAH 36
SEHUBUNGAN DENGAN OFF-NYA JURUMUDI
FANDI PUTRA DIMANA KM BERKAH 36 KEKURANGAN KRU UNTUK DECK PADA JAM 01.00
TANGGAL 09-08-2014 MUATAN 4 KARUNG YANG BERISI PUPUK UREA HILANG KARENA DICURI
MALING,DENGAN ADANYA PERISTIWA INI MOHON DITAMBAH 1 JURUMUDI LAGI/CADET UNTUK
MENGISI KEKOSONGAN
ATAS
PERHATIANNYA SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH
CHIEF
OFFICER
FERRIS H.
SOAL NO.11
LENGKAPI
KERTAS KERJA ANDA DENGAN SELEMBAR CARGO STOWAGE PLAN OR CONTAINER BY PLAN YANG
TELAH DPAKAI DIKAPAL ANDA.
JAWABAN SOAL NO.11
JAWABAN TERLAMPIR
SOAL NO. 12
DAPATKAN COPYNYA DAN JELASKAN FUNGSI
DAN CARA MENGISINYA :
A. SHIPPING ORDER
B. CARGO LIST
C. CARGO MANIFEST
D. MATE’S RECEIPT
E. BILL OF LOADING
F. DELIVERY ORDER
JAWABAN SOAL NO. 12
A. SHIPPING ORDER :
-
MERUPAKAN
SURAT MUAT DARI PERUSAHAAN PELAYARAN PADA KAPAL YANG MENYATAKAN JENIS DAN
JUMLAH MUATAN SERTA PELABUHAN BONGKAR MUAT BERDASARKAN DARI PESANAN SHIPPER
(PENGIRIM).
-
DOKUMEN
INI YANG MENGELUARKAN ADALAH KEAGENAN DAN YANG MENANDATANGANI ADALAH KEAGENAN
TERSEBUT.
B.
CARGO LIST
-
MERUPAKAN
DAFTAR DARI SELURUH MUATAN YANG AKAN DIANGKUT DI ATAS KAPAL.
C. CARGO MANIFEST :
-
DI
BUAT DI DARAT (PERUSAHAAN).
-
MERUPAKAN
SURAT MUATAN YANG BERADA DIATS KAPAL YANG MEMUAT KETERANGAN MUATAN DIANTARANYA :
1. JENIS, BOBOT, UKURAN DARI MUATAN
TERSEBUT.
2. NAMA PEMILIK DAN PENERIMA BARANG.
3. NO BL
4. UANG TAMBANG DAN ONGKOS YANG
DIPERHITUNGKAN DAN BIAYA LAINNYA.
5. PELABUHAN ASAL DAN PELABUHAN
TUJUAAN DARI MUATAN TERSEBUT.
-
YANG
MENANDATANGANI DOKUMEN INI ADALAH PERUSAHAAN PELAYARAN YANG MENGIRIM BARANG
TERSEBUT.
D.
MATE’S RECEIPT (RESI MUALIM)
-
MERUPAKAN
SURAT TANDA TERIMA YANG DITANDATANGANI OLEH MUALIM 1 YANG MENERANGKAN BAHWA
MUATAN TERSEBUT TELAH BERADA DIATAS KAPAL.
E.
BILL OF LOADING
F. MERUPAKAN SURAT KONTRAK ANTARA
PENGANGKUT (PERUSAHAAN) DAN PEMILIK BARANG BAHWA SI PENGANGKUT TELAH MENYATAKAN
BAHWA MUAATAN SAMPAI DI TEMPAT TUJUAN DISERTAI MENERIMA UPAH DENGAN KETENTUAN
YANG DIPERLUKAN. BL JUGA BISA DIPERJUAL BELIKAN.
G.
DELIVERY ORDER
-
DOKUMEN
YANG DIKELUARKAN PERUSAHAAN DI PELABUHAN BONGKAR SEBAGAI BUKTI BAHWA PEMILIK
BARANG (PENERIMA) TELAH MEMBAYAR LUNAS ONGKOS, BONGKAR MUAT DAN UANG TAMBANG.
YANG MENGELUARKAN DAN MENANDATANGANI DARI DOKUMEN INI ADALAH KEAGENAN.
SOAL NO. 13
DAPATKAN COPYNYA DAN JELASKAN FUNGSI
DAN CARA MENGISINYA :
A. LETTER OF IDEMCITY
B. CARGO OUTERN REPORT
C. CARGO DAMAGE REPORT
D. CARGO EXCEPTION LIST
E. NOTICE OF READINESS
JAWABAN SOAL NO. 13
A.
LETTER OF IDEMCITY
-
MERUPAKAN
SURAT JAMINAN YANG MENYATAKAN BAHWA SI PENGIRIM BARANG (SHIPER) BERSEDIA
MENGGANTI RUGI TERHADAP BARANG / MUATAN YANG RUSAK DAN NAMANYA TERCANTUM DALAM
JAMINAN.
B.
CARGO OUTERN REPORT
-
SUATU
LAPORAN YANG BERISIKAN TENTANG MUATAN YANG DIBONGKAR DAN KEADAAN MUATAN PADA
SAAT KEGIATAN BONGKAR.
C.
CARGO DAMAGE REPORT
-
LAPORAN
TENTANG KERUSAKAN MUATAN YANG DITIMBULKAN OLEH PIHAK KAPAL.
-
DALAM
HAL SEPERTI INI TIDAK BOLEH MEMBUAT ATAU MENCARI ALASAN MENGENAI PENYEBAB
TERJADINYA KERUSAKAN MUATAN.
D.
CARGO EXEPTION LIST
-
SUATU
DAFTAR MENGENAI KERUSAKAN BARANG / MUATAN PADA SAAT DIMUAT. JADI MUATAN
TERSEBUT RUSAK SEBELUM DIMUAT AKIBAT KELAILAIAN TENAGA KERJA ATAU HAL LAIN.
SEHINGGA LAPORAN INI HANYA DIBUAT ATAU DICATAT DALAM RESI MUALIM. LAPORAN INI
HANYA DIBUAT ATAU DICATAT DALAM RESI MUALIM DAN LAPORAN INI BERGUNA UNTUK
PEMBUATAN KONSEMEN.
E.
NOTICE OF READINESS
-
SURAT
YANG MENYATAKAN BAHWA KAPAL BERADA DALAM KEADAAN SIAP UNTUK MELAKSANAKAN
KEGIATAN MUAT / BONGKAR.
SOAL NO. 14
PENENTUAN POSISI SECARA BERKALA,
MEMPERKIRAKAN ADANYA BAHAYA TABRAKAN ATAU KANDAS SERTA MENGALAMI TINDAKAN YANG
TEPAT ADALAH MERUPAKAN TUGAS MUALIM JAGA.
A. TULISKAN PENGALAMAN ANDA LENGKAPI
DENGAN GAMBAR, DENGAN MENYEBUT TEMPAT DAN TANGGAL KEJADIAN, ATAS SITUASI
PENDEKATAN DENGAN KAPAL LAIN YANG BERKAITAN DENGAN ATURAN P2TL BAGIAN B (ATURAN
MENGEMUDI DAN MELAYARKAN KAPAL) !
B. SALINLAH KEDALAM LAPORAN INI DIMANA
KAPAL ANDA HARUS PATUH MENGIKUTI ATURAN SETEMPAT. SEBUTKAN TEMPATNYA DAN KAPAN
ANDA MELEWATI PERAIRAN TERSEBUT.
JAWABAN SOAL NO. 14
A.
SITUASI PENDEKATAN DENGAN KAPAL LAIN.
TEMPAT : SELAT SUNDA
TANGGAL : 23 MEI 2015
JAM :
13.15 WIB
PELAYARAN :LAMPUNG-BOJONEGARA
-
TERJADINYAN
PENYUSULAN DAN SITUASI BERHADAPAN TERHADAP 2 KAPAL PENUMPANG YANG BERADA DI DEPAN KAPAL KITA.
-
MUALIM
JAGA MENGAMBIL TINDAKAN UNTUK PENYUSULAN DENGAN MERUBAH HALUAN KE KANAN (RED
TO RED) DENGAN KAPAL PENUMPANG KMP.MUTIS (ATURAN 13).
-
SETELAH
BEBAS DARI SITUASI KAPAL MENYUSUL TERSEBUT MUALIM JAGA MEMERINTAHKAN UNTUK MENYIMPANG HALUAN
KAPAL DI LAMBUNG KANAN KAPAL PENUMPANG
KMP.MENDALA (ATURAN 16).
-
SEHINGGA
RESIKO UNTUK TERJADI TABRAKAN DENGAN KAPAL LAIN SEKECIL MUNGKIN.
-
GAMBAR
SITUASI PENYUSULAN ATURAN 13
-
GAMBAR
SITUASI KAPAL MENYIMPANG ATURAN 16
B.POSISI KAPAL PADA LAUT JAWA TERDAPAT
MEKKAH
SEGITIGA YANG DIGUNAKAN AGAR KAPAL MENGIKUTU TORDA TERSEBUT SECARA BERURUTAN.
TANDA
ITULAH MUNGKIN BAHWA DSITU DAERAH/PERAIRAN YANG DALAM.
SOAL NO. 15
A. TULISKAN PENGALAMAN ANDA (DENGAN
MENYEBUTKAN TANGGAL DAN TEMPAT KEJADIAN) TENTANG PENGALAMAN MENGAMBIL TINDAKAN
UNTUK MENGHINDARI TABRAKAN SESUAI P2TL, BAGIAN B (STEERING DAN SALING RULE)!
B. TULISKAN PENGALAMAN ANDA (DENGAN
MENYEBUT TANGGAL DAN TEMPAT KEJADIAN) TENTANG ISYARAT LAMPU BAGI KAPAL KHUSUS,
SESUAI DENGAN YANG DIATUR DALAM P2TL.
JAWABAN SOAL NO. 15
A. LAUT JAWA, 02 JANUARI 2015 PELAYARAN GRESIK – TG WANGI
- KETIKA KAPAL
BERLAYAR MENUJU KETAPANG PADA SAAT ITU MELIHAT KAPAL BERADA DI LAMBUNG KANAN
KAPAL KITA MV.TIMUR GALAXY MEMILIKI SPEED YANG LEBIH KECIL DARIPADA KAPAL KITA
SEHINGGA KITA DAPAT MELIHAT LAMBUNG KANAN MV.TIMUR GALAXY. DALAM ATURAN P2TL
MENYEBUTKAN BAGI KAPAL YANG PERTAMA KALI MELIHAT LAMBUNG KIRI KAPAL LAIN HARUS
MENYIMPANG DAN KAPAL YANG PERTAMA KALI MELIHAT LAMBUNG HIJAU KAPAL LAIN WAJIB
MEMPERTAHANKAN HALUANNYA.
- NAMUN MUALIM
JAGA PADA SAAT TERSEBUT MERUBAH HALUAN KE KANAN SEDIKIT, SEHINGGA KITA
MENYIMPANG DARI ATURAN TERSEBUT KARENA MT. GANDARI MEMPUNYAI SPEED YANG LEBIH
RENDAH DARI KAPAL KITA SEHINGGA TIDAK MEMUNGKINKAN UNTUK MENYIMPANG DAN MUALIM
JAGA LANGSUNG BERTINDAK MERUBAH HALUAN KE KANAN UNTUK MENGHINDARI BAHAYA
TUBRUKAN.
B. ISYARAT LAMPU DALAM KEADAAN
KHUSUS.
KAPAL NOT UNDER COMMAND (TIDAK DAPAT DI KENDALIKAN).
REDE BENGKULU (SAMUDERA HINDIA) 09 APRIL 2015.
MEMPERLIHATKAN 2 LAMPU KELILING MERAH
BERSUSUN TEGAK LURUS YANG MENANDAKAN BAHWA KAPAL TERSEBUT TIDAK DAPAT BEROLAH
GERAK DIKARENAKAN DALAM KEADAAN KHUSUS (RUSAK MESIN, KEHILANGAN KEMUDI,
KEHILANGAN BALING – BALING, DLL).
2
LAMPU KELILING MERAH RED 360°.
SOAL NO. 16
BAGAIMANAKAH CARA ANDA MENGEPLOT
POSISI YANG SEDANG MENGALAMI KEADAAN DARURAT? KEMUDIAN APA YANG PERLU ANDA
ANALISA SETELAH ITU?
A. JELASKAN CARA PENGOPERASIAN PERALATAN
GMDSS DI KAPAL ANDA! SEBUTKAN MERK DAN TYPENYA.
B. JELASKAN POLA KERJA JARINGAN GMDSS
DAN MERSAR!
C.
JELASKAN
TUGAS DAN OPERATOR RADIO DI KAPAL.
JAWABAN SOAL NO. 16
A.
PENGOPERASIAN
GMDSS KETIKA TARUNA PRAKTEK GMDSS SELALU ON. TETAPI GMDSS HANYA DI OPERASIKAN OLEH PERWIRA
RADIO YANG BERWENANG KARENA TIDAK SEMBARANG ALAT INI BOLEH DIOPERASIKAN OLEH
ORANG HANYA ORANG TERTENTU DAN YANG AHLI UNTUK MENGOPERASIKAN SYSTEM TERSEBUT.
DI KAPAL KETIKA TARUNA PRAKTEK MENGGUNAKAN PROSEDUR PENGIRIMAN BERITA DSC
DENGAN PESAWAT VHF JRC - JHS 31.
B.
POLA
KERJA GMDSS :
-
MENERIMA
PESAN YANG BERUPA TEKS DARI PERUSAHAAN JIKA ADA SESUATU HAL PENTING YANG
DIINFORMASIKAN KETIKA KAPAL BERADA DI TENGAH LAUT.
-
DAPAT
JUGA UNTUK MENGIRIM BERITA SEPERTI NOON REPORT, BERITA CUACA, MENGIRIM PESAN /
BERITA YANG DITUJUKAN KEPADA KEAGENAN.
C.
TUGAS
OPERATOR RADIO DI KAPAL :
-
MENERUSKAN
PERINTAH NAKHODA JIKA DIPERINTAHKAN UNTUK MENGIRIM BERITA YANG DITUJUKAN KEPADA
SIAPA YANG TELAH DITENTUKAN OLEH NAKHODA.
-
MENERIMA
PESAN / BERITA.
-
BERTANGGUNG
JAWAB TERHADAP SELURUH PESAWAT GMDSS.
-
SELALU
CONTACT DENGAN COAST RADIO STASION TERDEKAT UNTUK MENYESUAIKAN GMT DENGAN PPW
GUNA MENDAPATKAN NILA DUDUK, LALU, LANGKAH.
SOAL NO. 17
BUATLAH PENILAIAN AWAL ATAS BERITA BAHAYA YANG ANDA TERIMA,
KEMUDIAN SUSUNLAH LAPORAN BERKENAAN DENGAN SITUASI YANG ADA UNTUK DISAMPAIKAN
KEPADA NAKHODA!
JAWABAN SOAL NO. 17
BERITA AIR RAYSIMILE – ANALISA
PERKEMBANGAN DAN APABILA LAW BERGERAK KEARAH HALAN YANG DITUJU DALAM JANGKA
WAKTU BEBERAPA JAM MAKA HARUS SECEPAT NYA MENGAMBIL TINDAKAN UNTUK MENGHINDARI
LAW TERSEBUT BERITAHU NAKHODA DAN TINDAKAN UNTUK MENGHINDARI YANG MENENTUKAN
NAKHODA.
SOAL NO. 18
A.
DALAM
LATIHAN KEADAAN DARURAT SEPERTI DIBAWAH INI, APAKAH TUGAS ANDA ?
SALINLAH SIJIL SEKOCI DAN SIJIL KEBAKARAN YANG ADA DI KAPAL
ANDA.
1.
KEBAKARAN
2.
MENINGGALKAN
KAPAL.
3.
TABRAKAN
DENGAN KAPAL LAIN.
4.
KANDAS.
B.BERIKAN PENILAIAN / KOMENTAR ATAS LATIHAN PERAN DARURAT YANG
DILAKSANAKAN DI KAPAL ANDA!
JAWABAN SOAL NO. 18
A.
SIJIL SEKOCI & KEBAKARAN TERLAMPIR,
TUGAS CADET DALAM KEADAAN DARURAT :
1. KEBAKARAN
TUGAS : - MEMBAWA SELANG DAN NOZEL
TERDEKAT
: -
MEMBAWA BAJU TAHAN PANAS
: - MENSUPPLY BOTOL PEMADAM DAN RIPE
HOUSE KE LOKASI
KEBAKARAN
2. MENINGGALKAN KAPAL
TUGAS
: - MEMBAWA DAN MEMAKAI PELAMPUNG
: - MEMBUKA PEN BELAKANG DAN PEN DEPAN
: - MEMBANTU DI TANGGA EMBARKASI SEKOCI
3. TABRAKAN DENGAN KAPAL LAIN
TUGAS
: - IKUT MEMBANTU MUALIM DAN MENGECEK
BAGIAN YANG TERTUBRUK
: - MENYOUNDING TANKI
BALLAST,AIR TAWAR
DAN BAHAN BAKAR
4. KANDAS
TUGAS : - MEMBANTU MUALIM DAN MENGECEK
LAMBUNG
: - MENGECHEK KEDALAMAN AIR
KEMBALI
B. KETERAMPILAN ABK DALAM LATIHAN
KEADAAN DARURAT CUKUP SIGAP DAN TERAMPIL, SEHINGGA KEMUNGKINAN UNTUK LENGAH
JIKA TERJADI KEADAAN DARURAT KECIL DAN DAPAT TERATASI DENGAN SIGAP.
SOAL NO. 19
TULISKAN
PENGALAMAN ANDA (DENGAN MENYEBUT TANGGAL DAN TEMPAT KEJADIAN) TENTANG HAL – HAL
BERIKUT INI, JIKA TIDAK PERNAH MENGALAMI.
TULISKAN
PENGALAMAN LATIHAN YANG PERNAH DI LAKSANAKAN.
A. KEBAKARAN
B .TABRAKAN DENGAN KAPAL LAIN
C.KANDAS
D.KERUSAKAN KEMUDI
E.POLUSI MINYAK
F.CUACA BURUK
JAWABAN SOAL NO. 19
A. KEBAKARAN
PERNAH
TERJADI KETIKA KAPAL BERLAYAR DARI PADANG KE GRESIK PADA TANGGAL O8 APRIL 2015,
120 MILE DARI PADANG TEPAT DI BENGKULU TERJADI LEDAKAN DI KAMAR MESIN SEHINGGA
MENIMBULKAN KEBAKARAN DI KAMAR MESIN DAN BERURTUNG PARA ABK SIGAP DALAM MENAGGULANGI
KEBAKARAN TERSEBUT SEHINGGA KEBAKARAN TIDAK MELUAS DAN DAPAT DI ATASI.
B. TABRAKAN DENGAN KAPAL LAIN.
HAL
INI BELUM PERNAH TERJADI DI KAPAL TARUNA PRAKTEK.TAPI SAAT LATIHAN DI GABUNG DENGAN LATIHAN MENINGGALKAN
KAPAL DAN TIAP – TIAP CREW
MELAKSANAKAN TUGASNYA DENGAN BAIK.
C.
KANDAS.
BELUM PERNAH TERJADI DI KAPAL TARUNA PRAKTEK DAN LATIHAN HANYA DI LAKUKAN
HANYA SECARA GARIS BESAR DALAM MENGALAMI KONDISI KAPAL YANG SEDANG KANDAS.
D. KERUSAKAN KEMUDI
PERNAH
TERJADI KETIKA KAPAL BARU TURUNI DARI DOCK SAAT ITU KAPAL DIPERINTAHKAN UNTUK
BERANGKAT KARENA KEPENTINGAN PERUSAHAAN DAN KEMUDI RUSAK TERJADI DI SELAT BALI.KEMUDI
TIBA – TIBA MATI PADA SAAT KAPALAKAN
MENDAHULUI TUG BOAT YANG SEDANG MENUNDA. PADA LAYAR INDIKATOR KEMUDI PADA
POSISI 10 KANAN TETAPI KEMUDI MATI TETAPI KAPAL CIKAR KIRI.MUALIM I SEGERA
MENGUHUNGI KAMAR MESIN UNTUK MENGINFORMASIKAN KERUSAK KEMUDI DAN ATAS PERINTAH
MUALIM I M/E SEGERA DI MATIKAN DAN SETELAH M/E DI MATIKAN BEBERAPA MENIT
KEMUDIAN KEMUDI HIDUP LAGI DAN DI KEMBALIKAN KE TRACK YANG TELAH DI TENTUKAN.
E. POLUSI MINYAK
BELUM
PERNAH DI ALAMI DAN SELAMA TARUNI PRAKTEK BELUM PERNAH DI ADAKAN LATIHAN POLUSI MINYAK.
F. CUACA BURUK.
SERING
TERJADI BILA SEDANG KABUT TEBAL TINDAKAN YANG DI LAKUKAN YAITU MENGHIDUPKAN RADAR JIKA JARAK TAMPAK
MATA TERBATAS.
SOAL NO. 20
JELASKAN
PENGALAMAN ANDA (DENGAN MENYEBUT TANGGAL DAN TEMPAT KEJADIAN) TENTANG OLAH GERAK MAUPUN TINDAKAN
YANG DILAKSANAKAN PADA WAKTU :
A. MENOLONG ORANG JATUH KE LAUT
B. MENOLONG KAPAL DALAM KEADAAN DARURAT
JAWABAN SOAL NO. 20
A. SELAMA TARUNA PRAKTEK BELUM PERNAH
MENOLONG ORANG JATUH KE LAUT
B.
SELAMA
TARUNA PRAKTEK BELUM PERNAH MENOLONG KAPAL LAIN YANG SEDANG TROUBLE MESIN
SOAL NO. 21
A. JELASKAN UNSUR KESELAMATAN SECARA
UMUM DI KAPAL ANDA, TERUTAMA YANG HARUS DIKUASAI OLEH AWAK KAPAL.
B. BAGAIMANA ANDA DAN KEPADA SIAPA ANDA
SERING BERKOMUNIKASI UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI TENTANG KAPAL ANDA!
C. TERANGKAN KAPAN DAN KEPADA SIAPA ANDA
SERING BERKOMUNIKASI UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI TENTANG KAPAL ANDA!
JAWABAN SOAL NO. 21
A.
SEMUA
AWAK KAPAL HARUS MENGUASAI UNSUR KESELAMATAN DI ATAS KAPAL BAIK DALAM KEADAAN
DARURAT ATAUPUN SEDANG BEKERJA, DIANTARANYA :
-
SETIAP
CREW BARU KETIKA NAIK KAPAL HARUS MENGISI FORM FAMILIRISASI UNTUK MENGETAHUI
SEMUA YANG ADA DALAM KAPAL.
-
SETIAP
CREW HARUS FAMILIAR DENGAN RUANGAN – RUANGAN YANG BERADA DI ATAS KAPAL DAN
FUNGSINYA.
-
SETIAP
CREW YANG BARU NAIK HARUS MEMBACA MUSTER LIST UNTUK MENGETAHUI TUGAS, TANGGUNG
JAWAB KETIKA KAPAL DALAM KEADAAN DARURAT.
-
SETIAP
CREW HARUS MENGETAHUI LETAK MUSTER STASION DAN ALARM KETIKA TERJADI KEADAAN
DARURAT / PADA SAAT LATIHAN.
-
KETIKA
BEKERJA SEMUA CREW HARUS MENGGUNAKAN SAFETY EQUIPMENT UNTUK MEMPERKECIL RESIKO
BAHAYA TERHADAP DIRI SENDIRI.
-
SETIAP
CREW HARUS FAMILIAR DENGAN CREW LAINNYA AGAR TERJALIN HUBUNGAN YANG BAIK.
B. UNTUK MENDAPAT INFORMASI TENTANG
KAPAL KITA BISA BERTANYA KEPADA CREW DI ATAS KAPAL ATAU LANGSUNG KEPADA PERWIRA
PEMBIMBING ATAU LAINNYA, JUGA DAPAT MEMBACA SHIP PARTICULAR DAN LAINNYA YANG
BIASA DI TEMPEL DI ANJUNGAN ATAU LORONG – LORONG DI CABIN.
C. SELAMA TARUNA PRAKTEK TARUNA SERING
BERTANYA KEPADA MUALIM JAGA PADA SAAT JAGA DI ANJUNGAN TAPI LEBIH SERING
BERTANYA KEPADA MUALIM 1.
SOAL NO. 22
JELASKAN
APA YANG ANDA KETAHUI TENTANG INFORMASI KESELAMATAN DI KAPAL ANDA YANG MENCAKUP :
A. SYMBOL – SYMBOL
B. TANDA (SIGN)
C. ALARM SIGNALS
JAWABAN SOAL NO. 22
A.SIMBOL-SIMBOL
BERARTI
BERHUBUNGAN DENGAN ALAT-ALAT MISALNYA :
SIMBOL
DARI SEKOCI ATAU SIMBOL DARI ALAT-ALAT PEMADAM KEBAKARAN
B. TANDA (SIGN) :
-
BUNYI
BEL SECARA TERUS MENERUS : GENERAL
ALARM.
-
BUNYI
7 PENDEK 1 PANJANG :
MENINGGALKAN KAPAL.
-
BUNYI
3 PANJANG : ORANG JATUH KE LAUT.
-
BUNYI
SULING 1 PANJANG : LATIHAN DARURAT SELESAI.
C. ALARM SIGNALS :
-
ALARM
1 PENDEK SECARA TERUS MENERUS :
GENERAL ALARM.
-
7
PENDEK 1 PANJANG :MENINGGALKAN KAPAL.
-
3
PANJANG : ORANG JATUH KE LAUT.
-
BUNYI
ALARM PENDEK TERUS MENERUS : KEBAKARAN.
SOAL NO. 23
APA
YANG HARUS ANDA LAKUKAN APABILA TERJADI HAL – HAL BERIKUT INI DI KAPAL ANDA :
A. ADA AWAK KAPAL YANG JATUH KE LAUT.
B. MELIHAT TANDA BAHAYA KEBAKARAN (API
DAN ASAP).
C. ALARM KEBAKARAN BERBUNYI.
D. ALARM UNTUK MENINGGALKAN KAPAL
BERBUNYI.
JAWABAN SOAL NO. 23
A. ADA ORANG JATUH KE LAUT
-
BERTERIAK
SEKERAS MUNGKIN.
-
LAPOR
ANJUNGAN.
-
MELEMPARKAN
PELAMPUNG YANG BERADA DI DEKAT SEKITAR.
B.MELIHAT TANDA BAHAYA API SEGERA LAPOR KE ANJUNGAN.
C.
ALARM BERBUNYI SEGERA BERGEGAS MENUJU LOKASI KEBAKARAN.
D.
ALARM MENIGGALKAN KAPAL BERBUNYI SEGERA LARI MENUJU MUSTER STASION.
SOAL NO. 24
TERANGKAN
DAN BERIKAN INFORMASI YANG LENGKAP TENTANG
:
A. MUSTER LIST
B. EMBARKASI STATION (STATION EMBARKASI)
C. JALUR / JALAN KELUAR DARURAT
JAWABAN SOAL NO. 24
A. MUSTER LIST MERUPAKAN DATA YANG
BERISIKAN TENTANG TUGAS, JABATAN, TANGGUNG JAWAB SELURUH CREW KAPAL APABILA
TERJADI KEADAAN DARURAT KETIKA BERLAYAR DI LAUT LEPAS DAN LAINNYA, MAKA SETIAP
KAPAL WAJIB MEMPUNYAI MUSTER LIST DAN DI TEMPEL DI TEMPAT YANG BIASA DI LALUI
ORANG. SELAMA TARUNA PRAKTEK DI KM. BERKAH 36 MUSTER LIST DI PASANG DI DINDING
LORONG PERWIRA, LORONG CABIN ABK, SALON, DI ANJUNGAN DLL.
B. STASION EMBARKASI STASIUN TEMPAT
BERKUMPUL UNTUK MENINGGALKAN KAPAL DAN PADA KAPAL PENUMPANG DI GUNAKAN UNTUK
PENUMPANG NAIK TURUN PADA SAAT KAPAL SANDAR DI PELABUHAN.
C. JALUR KELUAR DARURAT DI KAPAL SELAMA
TARUNA PRAKTEK DI TUNJUKKAN DENGAN SYMBOL EXIT YANG BERARTI JALAN KELUAR
TERDEKAT.
SOAL NO. 25
BERIKAN
DATA ROMPI PENOLONG (LIFE JACKET) DI KAPAL ANDA DAN TEMPAT PENYIMPANANNYA.
KAPAN ANDA PERNAH MENGENAKANNYA?
JAWABAN SOAL NO. 25
DATA
ROMPI PENOLONG (ALAT KESELAMATAN) YANG BERFUNGSI SEBAGAI PELAMPUNG PADA SAAT
KITA BERADA DI AIR.LIFE JACKET DI LETAKAN DI MASING – MASING KAMAR DAN DI
SIMPAN DI TEMPAT YANG MUDAH DI AMBIL.DAN DI GUNAKAN PADA SAAT LATIHAN – LATIHAN
ATAU MELAKSANAKAN PEKERJAAN DI LAMBUNG KAPAL.
SOAL NO. 26
JELASKAN
CARA MEMBUNYIKAN ALARM KEBAKARAN DAN KAPAN ANDA PERNAH MEMPRAKTEKANNYA!
JAWABAN SOAL NO. 26
JIKA
INGIN MEMBUNYIKAN ALARM KEBAKARAN KITA HARUS MEMECAHKAN KOTAK BERTULISKAN BREAK
GLASS YANG BERADA DI SEKITAR RUANGAN KAPAL, JIKA TERJADI BAHAYA KEBAKARAN MAKA
KITA WAJIB MEMECAHKANNYA DAN SECARA OTOMATIS ALARM AKAN BERBUNYI, KETIKA DI
ADAKAN LATIHAN DARURAT PADA SAAT PERAGAAN PEMAKAIAN BAJU PELAMPUNG TARUNA HANYA
MENUNJUKKAN KOTAK BREAK GLASS DAN TIDAK MEMPRAKTEKAN UNTUK MEMECAHKAN.
SOAL NO. 27
BERIKAN
DATA TENTANG ALAT PEMADAM (PORTABLE FIRE EXTINGUISHER) KAPAL ANDA DARI JENIS :
A. FOAM
B. DRY POWDER
C. CO2
JAWABAN SOAL NO.27
A.FOAM LIQUID VOLUME : @ 10 LITER
QUALITY : 2 PCS
REMARKS :
GOOD CONDITION
B.DRY POWDER VOLUME :@ 6,0 KG
QUALITY : 70 PCS
REMARKS :GOOD
CONDITION
C.CO2 VOLUME :@6,0
KG
QUALITY : 14 PCS
REMARKS :GOOD
CONDITION
SOAL NO. 28
JELASKAN
BAGAIMANA PENGETESAN DAN PENGOPERASIAN DARI PERALATAN DETEKSI KEBAKARAN / ASAP
DI KAPAL ANDA MELIPUTI :
A. ALARM KEBAKARAN / API
B.
ALARM
SUARA
C. KOTAK PENGAMAT / CONTROL BOX
JAWABAN SOAL NO. 28
A. PRINSIP KERJA SMOKE DETECTOR YAITU
MENGHISAP UDARA DI RUANGAN BER AC JIKA TERDAPAT ASAP YANG TERHISAP MAKA ALARM
DI ANJUNGAN PASTI BERBUNYI SECARA TERUS MENERUS DAN MENUNJUKKAN DIMANA LETAK
ASAP TERSEBUT BERASAL.
B. UNTUK PENGETESAN ALARM SUARA MAKA
PADA SAAT TERJADI KEBAKARAN DENGAN MENEKAN TOMBOL PADA KOTAK YANG BERADA DI
SETIAP DINDING MAKA SECARA OTOMATIS ALARM AKAN BERBUNYI.
C. DI SMOKE DETECTOR YANG BERADA DI
ANJUNGAN JUGA MENUNJUKKAN DIMANA LETAK KEBAKARAN / API BERASAL SEHINGGA PADA
SAAT TERHISAP ASAP MAKA ALARM AKAN BERBUNYI DAN MENUNJUKKAN TEMPAT DIMANA BAHAYA
TERSEBUT BERASAL DAN LAMPU AKAN MENYALA DI TEMPAT ITU.
SOAL NO. 29
URAIKAN
TUGAS – TUGAS DARI AWAK KAPAL YANG JAGA MANDIRI DALAM MENGUPAYAKAN KEADAAN
AMAN, BERSIH DAN RAPI DI ATAS KAPAL UNTUK MENGHINDARI BAHAYA KEBAKARAN.
JAWABAN
SOAL NO. 29
-
SELALU
MEMATUHI SETIAP TATA TERTIB / PERATURAN YANG BERLAKU DI ATAS KAPAL.
-
MEMBIASAKAN
DIRI MENGGUNAKAN SAFETY KETIKA BEKERJA.
-
SELALU
MENJAGA KEBERSIHAN KAPAL.
-
MEMBIASAKAN
DIRI DALAM SITUASI DARURAT.
-
SELALU
TANGGAP KETIKA TERJADI KEADAAN DARURAT.
-
SERING
MENGIKUTI LATIHAN DARURAT JIKA DIADAKAN.
SOAL NO. 30
JELASKAN
DISERTAI DENGAN GAMBAR / SKET DI MANA SAJA TEMPAT DARI TOMBOL ALARM DAN
JELASKAN PENYELAMATAN DI KAPAL ANDA?
JAWABAN
SOAL NO. 30
TOMBOL
ALARM BERADA DI SETIAP RUANGAN AKOMODASI YANG BERPUSAT DI ANJUNGAN DAN KAMAR
MESIN, SEHINGGA JIKA TERJADI KEADAAN DARURAT MAKA DI ANJUNGAN TERTERA DAN
DISAMBUNGKAN KE KAMAR MESIN, SEHINGGA RESIKO BAHAYA MELUAS SEMAKIN KECIL.
GAMBAR TERLAMPIR.
SOAL NO. 31
JELASKAN
BAGAIMANA PENGGUNAAN DARI PERALATAN PEMADAM KEBAKARAN DI BAWAH INI :
A. INSTALASI PEMADAM TETAP JENIS BUSA
PERCIK (SPRINKLER) DAN GAS CO2
B. PEMADAM JINJING (PORTABLE JENIS BUSA,
CO2 DAN SERBUK KIMIA KERING
C. HIDRAN
D. SAMBUNGAN DARAT INTERNATIONAL
E. PINTU – PINTU KEDAP
F. KATUP PENUTUP CEPAT (QUICK CLOSING DOOR)
JAWABAN SOAL NO. 31
A. JIKA TERJADI KEBAKARAN, MAKA TIMBUL
PANAS JIKA PANAS TERSEBUT MENCAPAI SUHU ± 70°C MAKA ALAT INI AKAN MENGELUARKAN
AIR YANG BERASAL DARI TIMAH YANG MENCAIR AKIBAT SUHU PANAS TERSEBUT. AKIBATNYA
TIMAH INI AKAN PUTUS DAN PEGAS AKAN TERLEPAS DARI LUBANG AIR SEHINGGA LUBANG
AKAN TERBUKA DAN AIR AKAN MEMANCAR KELUAR DAN DITAHAN DETECTOR UNTUK DISEBARKAN
KE SELURUH BAGIAN RUANGAN, ALAT INI SANGAT SENSITIF.
-
BAHAN
PEMADAM JENIS CO2 (KARBON DIOKSIDA) BIASANYA DI LETAKKAN DI TEMPAT
YANG MEMILIKI BANYAK PERALATAN YANG MENGGUNAKAN LISTRIK / BERTEGANGAN TINGGI.
ALAT INI BIASANYA DI LETAKKAN DI ANJUNGAN, ECR, AC ROOM, KAMAR MESIN, DLL.
B.
PEMADAM JINJING
-
BUSA
DIGUNAKAN UNTUK MEMADAMKAN KEBAKARAN KECIL. DALAM PELAKSANAANNYA HARUS DARI
ATAS ANGIN. SEMPROTKANLAH BAGIAN DALAM DARI TEMPAT KEBAKARAN DENGAN JARAK ± 3 –
4 M. PENUTUP PERMUKAAN YANG TERBAKAR DENGAN BUSA HARUS SECARA SEMPURNA, JANGAN
SEKALI – KALI
-
MENYEMPROTKAN
BUSA KE PERMUKAAN CAIRAN YANG TERBAKAR ATAU BUSA YANG SEDANG MENUTUPI PERMUKAAN
YANG TERBAKAR.
-
CO2
DIGUNAKAN UNTUK MEMADAMKAN API KECIL DAN DALAM PELAKSANAANNYA HARUS DARI ARAH
ATAS ANGIN.
LANGKAH
PENGGUNAAN :
1. TURUNKAN CO2 DARI
TEMPATNYA.
2. LEPASKAN HORN DARI JEPITANNYA.
3. PUTUSKAN LAND SEAL.
4. PASANG HORN ARAHKAN KEATAS DENGAN
TANGAN KIRI.
TEKAN
KATUB (UNTUK MENCOBA) DENGAN TANGAN KANAN.
5. SEMPROTKAN HORN KE ARAH API DAN
USAHAKAN MENUTUP SELURUH DAERAH KEBAKARAN.
-
SERBUK
KIMIA KERING DIGUNAKAN UNTUK MEMADAMKAN KEBAKARAN KECIL DAN DALAM PELAKSANAANNYA
HARUS DARI ATAS ANGIN. DISEMBURKAN DARI NYALA API TERDEKAT DENGAN JARAK ± 6 – 7
M.
LANGKAH
PENGGUNAAN :
1. TURUNKAN DRY POWDER DARI TEMPATNYA.
2. BUKA SELANG DARI PENGIKATNYA.
3. PUTUSKAN LEAD SEAL.
4. CABUT SPLIT PEN (PEN PENAHAN).
5. PEGANG HORN TANGAN KIRI DENGAN ARAH
KE ATAS.
6. TEKAN KATUB DENGAN TANGAN KANAN.
C. HYDRAN
-
SELANG
BERSAMA NOZZLE BIASANYA DISIMPAN DALAM BOX. HYDRAN DIGUNAKAN UNTUK MENYALURKAN
AIR DARI SUMBER AIR TERBUKA MAUPUN TERTUTUP. CARA MENGGUNAKANNYA YAITU MEMASANG
SELANG DAN NOZZLE DISALAH SATU SUMBER.
-
AIR
DIBUKA DENGAN MENGGUNAKAN KUNCI, MAKA DENGAN SENDIRINYA AKAN MENGELUARKAN AIR
DAN TINGGAL DI ATUR MENGGUNAKAN NOZZLE.
D.
SAMBUNGAN DARAT INTERNASIONAL
-
PERALATAN
INI BERUPA 1 HANGA / KOPLING UNTUK MENGHUBUNGKAN INSTALASI POMPA PEMADAM KEBAKARAN
YANG ADA DI ATAS KAPAL DENGAN INSTALASI AIR (PIPA AIR / HYDRAN) YANG TERDAPAT
DI PELABUHAN DARAT PADA UMUMNYA. SEHINGGA PEMADAMAN DAPAT DILAKUKAN DENGAN
INSTALASI POMPA AIR YANG TERSEDIA DI PELABUHAN.
E.
PINTU – PINTU KEDAP
-
PINTU
TERDAPAT DI SETIAP JALAN ABK / RUANG AKOMODASI DAN ENGINE ROOM. CARA
MENGGUNAKAN PINTU INI YAITU DENGAN MENGGERAKKAN KUNCI DARI PINTU.
-
INI SESUAI DENGAN PETUNJUK YANG TERDAPAT DI
SEKITAR PENGUNCI TERSEBUT (OPEN/CLOSE).
F.
KATUP PENUTUP CEPAT
-
PENGOPRASIAN
DARI KATUP INI BIASA DILAKUKAN DARI BALLAST CONTROL ROOM, ENGINE CONTROL ROOM,
FIRE PUMP ROOM. HANYA DENGAN MENEKAN TOMBOL ON BERWARNA HIJAU UNTUK MEMBUKA DAN
TOMBOL OFF BERWARNA MERAH UNTUK MENUTUP.
SOAL NO. 32
JELASKAN
BAGAIMANA PENGGUNAAN DARI PERALATAN KESELAMATAN BERUPA :
A. PAKAIAN / BAJU TAHAN API
B. ALAT BANTU PERNAPASAN
JAWABAN SOAL NO. 32
A.
BAJU
TAHAN API DIGUNAKAN KETIKA TERJADI BAHAYA KEBAKARAN YANG BESAR YANG BERMAKSUD
UNTUK MENDEKATI PUSAT KEBAKARAN TANPA HARUS TERKENA API. DAN LEBIH MEMUDAHKAN
DALAM MELAKUKAN PEMADAMAN DIMANA BAJU TAHAN API TERDIRI DARI BAJU / PAKAIAN,
SEPATU, SARUNG TANGAN, DAN HELM. CARA MENGGUNAKANNYA SEPERTI BIASA KITA
BERPAKAIAN MEMAKAI SARUNG TANGAN DAN HELM.
B. ALAT BANTU PERNAPASAN
-
SEBELUM
KITA MENGGUNAKAN BREATHING APPARATUS, PERTAMA KITA ADAKAN PEMERIKSAAN SECARA
VISUAL TERLEBIH DAHULU YAKNI MEMERIKSA DENGAN KEUTUHAN DAN KEBERSIHANNYA. ALAT
INI DIGUNAKAN UNTUK KEBAKARAN YANG TERJADI DALAM RUANGAN, GEDUNG DIMANA PEMADAM
TERHALANG OLEH ASAP TEBAL YANG MENGGANGGU PENGLIHATAN DAN PERNAPASAN. JUGA TERJADI
KEBOCORAN PADA PIPA GAS YANG SANGAT BERBAHAYA JIKA TERHISAP.
SOAL NO. 33
JELASKAN
SELANJUTNYA BAGAIMANA TINDAKAN ANDA DALAM TUGAS PEMADAM KEBAKARAN YANG TERJADI
DI ATAS KAPAL ANDA SESUAI PERAN / ROLE KEBAKARAN!
JAWABAN SOAL NO. 33
SESUAI
DENGAN TUGAS CADET DECK DALAM PEMADAMAN KEBAKARAN YAITU DENGAN TERDENGAR ALARM
KEBAKARAN MAKA SEGERA MENUJU LOKASI TERJADINYA KEBAKARAN DENGAN MENGAMBIL
SELANG AIR TERDEKAT KEMUDIAN MENYAMBUNGKANNYA DENGAN SALAH SATU SUMBER AIR DAN
DIKERJAKAN BERSAMA – SAMA DENGAN ANGGOTA REGU.
SOAL NO. 34
JELASKAN
BAGAIMANA ANDA MENGECEK DAN MENGOPERASIKAN PERALATAN PENGAMAT TERSEBUT DI BAWAH
INI :
A. OXYGEN METER
B. EXPLOTION METER
C. SMOKE DETECTOR
JAWABAN SOAL NO. 34
A. OXYGEN METER
-
ALAT
INI DIGUNAKAN UNTUK MENGUKUR TEKANAN OXYGEN DALAM TANKI. CARA PENGOPERASIANNYA
YAITU DENGAN MEMASUKKAN ALAT INI KE DALAM TANKI SETELAH BEBERAPA MENIT KITA
AMBIL DAN KITA BACA BERAPA PERSEN (%) KANDUNGAN OXYGEN YANG TERDAPAT DALAM
TANKI TERSEBUT.
B. EXPLOTION METER
-
ALAT
INI DIGUNAKAN UNTUK MENGUKUR TEKANAN GAS DALAM TANKI. CARA PENGOPERASIANNYA
YAITU DENGAN MEMASUKKAN KE DALAM RUANGAN (TANKI). JIKA KADAR GAS TINGGI MAKA
LAMPU BERWARNA MERAH AKAN MENYALA DIIKUTI BUNYI ALARM. JIKA KADAR GAS RENDAH
MAKA LAMPU BERWARNA HIJAU AKAN MENYALA.
C. SMOKE DETECTOR
-
ALAT
INI MEMBERIKAN ALARM / TANDA BAHAYA KEBAKARAN JIKA SENSOR MENANGKAP ADANYA ASAP
DI SEKITAR ALAT INI. CARA MENGECEK BERFUNGSI ATAU TIDAKNYA ALAT INI YAITU
DENGAN MEMEBRIKAN ASAP DI SEKITAR SMOKE DETECTOR MAKA ALARM AKAN BERBUNYI DAN
LAMPU BERWARNA MERAH AKAN MENYALA UNTUK MENUNJUKKAN DIMANA ASAP BERASAL.
SOAL NO. 35
JELASKAN
LOKASI DAN BERIKAN DATA TENTANG ALAT PEMADAM KEBAKARAN BERIKUT INI :
A. ALARM ACTIVATING POIRAS (TOMBOL
ALARM)
B. ALARM BELLS
C. PORTABLE FIRE EXTINGUISHER (ALAT
PEMADAM JINJING)
D. FIXED FIRE EXTINGUISHER (INSTALASI
PEMADAM TETAP)
E. FIRE HYDRANS (HYDRAN PEMADAM)
F. FIRE HOSE (SELANG PEMADAM)
G. BREATHING APPARATUS (ALAT BANTU
PERNAPASAN)
JAWABAN SOAL NO.35
A. ALARM ACTIVATING POIRAS
(TOMBOL ALARM)
TOMBOL INI TERDAPAT DIANJUNGAN
DAN KAMAR MESIN,TOMBOL ALARM AKAN DIBUNYIKAN APABILA TERJADI SESUATU KEADAAN
EMERGENCY ATAU YANG MEMERLUKAN TINDAKAN CEPAT.
B. ALARM BELLS
LOKASINYA DITEMPAT YANG
DIPERLUKAN SEPERTI DIHALUAN BURITAN DEKAT PINTU EMBERKASI DAN DEBORKASI
PENUMPANG.
C. PORTABLE FIRE EXTINGUISHER
(ALAT PEMADAM JINJING)
TERDIRI DARI JENIS
FOAM,CO2,DAN DRY POWDER LOKASINYA ADALAH DITEMPAT-TEMPAT YANG MUDAH TERLIHAT.
D. FIRED FIRE EXTINGUISHER
(INSTALASI PEMADAM TETAP)
TERDAPAT INSTALASI BERUPA DRY
POWDER,WATER SPROY DAN CO2 DIMANA LOKASINYA
DISETIAP DINDING DECK AKOMODASI MAIN DECK DAN RUANG MESIN
E. FIRE HYDRANTS(HIDRAN
PEMADAM)
BERLOKASI DISETIAP SISI
LAMBUNG KAPAL,MAIN DECK SAMPAI DECK LAMBUNG DISUPPLY DARI PUMP
F.FIRE HOSE (SELANG PEMADAM)
TERLETAK DISETIAP KOTAK HIDRAN DAN DI STORE MUALIM III
G.BREATHING APPARATUS (ALAT
BANTU PRNAPASAN)
TERDAPAT CO2 YANG BERFUNGSI
SEBAGAI ALAT BANTU PERNAFASAN PADA SAAT TERJADI KEADAAN DARURAT,TERLETAK
DIANJUNGAN DAN DI STORE
MUALIM III
SOAL NO. 36
TERANGKAN POSISI DAN CARA MENGOPERASIKAN PERALATAN BERIKUT :
A. EMERGENCY PUMP (POMPA DARURAT)
B. EMERGENCY DECK STOP MECHANISM FOR
ENGINE (ALAT UNTUK MENGHENTIKAN MESIN)
C. OTHER EMERGENCY STOP VALVE (KATUB
DARURAT LAINNYA)
JAWABAN SOAL NO. 36
A. EMERGENCY PUMP (POMPA DARURAT)
-
EMERGENCY
PUMP TERLETAK DI STEERING GEAR ROOM. CARA MENGOPERASIKANNYA DENGAN MENEKAN ON
UNTUK MENGHIDUPKAN PUMP SEDANGKAN OFF UNTUK MEMATIKAN PUMP. EMERGENCY PUMP
HARUS BERFUNGSI DENGAN BAIK KARENA DIGUNAKAN UNTUK MENGHINDARI TANKI OVERFLOW
PADA SAAT LOADING DAN TERJADI KEBOCORAN PIPE PADA SAAT DISCHARGING.
B. EMERGENCY DECK STOP MECHANISM FOR
ENGINE
-
ALAT
INI TERLETAK DI ANJUNGAN CARA MENGOPERASIKANNYA DENGAN MENEKAN TOMBOL EMERGENCY
STOP SEHINGGA GENERATOR AKAN MATI DAN AKIBATNYA MESIN JUGA MATI. ALAT INI
DIGUNAKAN UNTUK MENGHINDARI BAHAYA TUBRUKAN JIKA TIDAK MEMUNGKINKAN UNTUK
MENGHINDAR.
C. OTHER EMERGENCY STOP VALVE
-
ALAT
INI BEKERJA BERDASARKAN TEKANAN ANGIN. JIKA TERJADI KEBAKARAN DI ENGINE ROOM
UNTUK MENCEGAH AGAR TIDAK TERJADI PERLUASAN DIGUNAKAN ALAT INI UNTUK MENUTUP
BAHAN BAKAR.
-
HANDLE
PADA FIREBOX DITEKAN KE POSISI ON DIMANA ANGIN YANG SEBELUMNYA STANDBY TERHISAP
DAN MENEKAN KATUB PADA BAHAN BAKAR AKIBATNYA MAIN ENGINE AKAN MATI.
SOAL NO. 37
DALAM
HAL PENYELAMATAN DIRI DI ATAS KAPAL, TINDAKAN APA YANG ANDA LAKUKAN APABILA
ANDA MENDENGAR ALARM UNTUK MENINGGALKAN KAPAL?
JAWABAN SOAL NO. 37
-
SEGERA
MENGAMBIL BAJU PELAMPUNG YANG SUDAH TERSEDIA DI RUANGAN AKOMODASI, CABIN, DLL.
-
SEGERA
MENUJU MUSTER STASION DENGAN ARAH PANAH / KETERANGAN YANG TELAH DI TENTUKAN.
-
SEGERA
MENUJU KE SEKOCI SESUAI DENGAN NOMOR YANG TERTERA DI LIFE JACKET TERSEBUT UNTUK
NO. GANJIL BERADA DI SEKOCI SEBELAH KANAN, SEDANGKAN NO. GENAP BERADA DI SEKOCI
SEBELAH KIRI.
-
HINDARI
PANIK.
-
USAHAKAN
JALAN MERUNDUK MENGIKUTI ARAH PANAH YANG BERADA DI SETIAP JALAN UNTUK MENUJU
MASTER STASION / KELUAR MENUJU DECK SEKOCI.
-
DAHULUKAN
PEREMPUAN, BAYI DAN ANAK KECIL.
SOAL NO. 38
JELASKAN
HAL – HAL YANG DILAKUKAN PADA SAAT :
A. PERSIAPAN UNTUK MELUNCURKAN SEKOCI
B. PELUNCURAN SEKOCI
C. MASUK
KEDALAM SEKOCI
D. MENINGGALKAN KAPAL
E. PENANGANAN PADA MOTOR SEKOCI, DAYUNG
DAN LAYAR
JAWABAN SOAL NO. 38
A.
PERSIAPAN UNTUK MELUNCURKAN SEKOCI
-
PERIKSA
SEMUA PERALATAN YANG ADA DI DALAM SEKOCI SEPERTI PROP, STARTER MESIN, PEN SERTA
PERLENGKAPAN YANG ADA DI DALAM SEKOCI SEPERTI PISAU, SENTER, RADIO JINJING,
BISKUIT, DAYUNG, DLL.
-
KENDORKAN
BLOCK – BLOCK YANG ADA DI DEPAN BELAKANG SETIAP SEKOCI.
-
STANBY
PADA POSISI MASING – MASING.
-
BUKA
POINTER DECK DAN DIPERSIAPKAN UNTUK MELASHING.
-
BUKA
/ LEPAS LASHINGAN BAGIAN BAWAH, KANAN, KIRI, TENGAH, DAN ATAS.
B. PELUNCURAN SEKOCI
-
LEPAS
TRIGER DAN PEN PENGAMAN SEKOCI SIAP DI AREA KE AIR.
-
AREA
SEKOCI, TUTUP PROP, STAR MESIN, ABK NAIK.
-
AREA
BAND PERAPAT, LEPAS KAIT PERAPAT, SEKOCI DI AREA MENGGUNAKAN REMOTE AREA.
-
SETELAH
MENGAPUNG TARIK HANDLE PELEPAS, SEKOCI SIAP BERLAYAR.
C.MASUK DALAM SEKOCI
- DIAREA SEKOCI SAMPAI TINGGINYA DIATAS AIR
- MASUK KESEKOCI MELEWATI EMBARKATION LADDER
- MELEWATI PAINTER ON DECK
- LIFE BOAT DIUSAHAKAN SEIMBANG
D.MENINGGALKAN KAPAL
-
HIDUPKAN
MOTOR SEKOCI.
-
SETELAH
SEMUA AWAK KAPAL MASUK DALAM SEKOCI.
-
SEKOCI
DILEPASKAN DARI DEWI – DEWI, DI AREA SAMPAI ATAS AIR.
-
PADA
SAAT MENINGGALKAN KAPAL POSISI HARUS BERADA DI ATAS ANGIN.
E.PENANGANAN PADA MOTOR SEKOCI
DAYUNG DAN LAYAR DISESUAIKAN DENGAN TUGAS DAN TANGGUNG
JAWAB SESUAI DENGAN MUSTER LIST. JUGA HARUS MELIHAT SITUASI DAN KONDISI.
-
MOTOR
SEKOCI DIPAKAI PADA SAAT TIDAK ADA ANGIN DAN TIDAK MENGGUNAKAN DAYUNG LAGI.
-
DAYUNG
DIGUNAKAN PADA SAAT TIDAK ADA ANGIN DAN MOTOR SEKOCI DALAM KONDISI STOP.
-
LAYAR
DIGUNAKAN JIKA ADA ANGIN.
SOAL NO. 39
DALAM MENGGUNAKAN RAKIT KEMBUNG (LIFE RAFT), JELASKAN
BAGAIMANA CARA ANDA :
A.
MELEPASKAN
TALI / IKATAN.
B.
MEMASUKI
RAKIT.
C.
MENINGGALKAN
KAPAL.
D.
PENANGANAN
ORANG DALAM RAKIT.
JAWABAN SOAL NO. 39
A.
MELEPAS
TALI / IKATAN
-
LEPASKAN
TALI PENGIKAT LIFE RAFT DAN PERHATIKAN BAHWA TALI PENGAMAN / PENAHAN SUDAH
DIIKAT PADA BAGIAN KAPAL YANG KUAT.
-
LEMPAR
RAKIT KE PERAIRAN TERSEBUT.
B.
MEMASUKI
RAKIT
-
SETELAH
LIFE RAFT MENGEMBUNG SEMUA CREW DAPAT MASUK DALAM LIFE RAFT MELALUI PINTU
LIFERAFT DENGAN MEMEGANG TALI DISEKELILINGNYA.
-
KETIKA
MEMASUKI LIFERAFT HARUS MENGGULINGKAN BADAN KE DEPAN (ROOLING KE DEPAN).
C.
MENINGGALKAN
KAPAL
-
SETELAH
SEMUA BERADA DIATAS LIFE RAFT CEK PERSONIL. SETELAH ITU MENJAUH DARI KAPAL DAN
MENGGUNAKAN DAYUNG / JANGKAR APUNG.
D.
PENANGANAN
ORANG DALAM RAKIT
-
BUKA
PERBEKALAN DAN PERIKSA PERLENGKAPAN.
-
BAGIKAN
OBAT ANTI MABUK 1 TABLET/ORANG.
-
JAGA
KONDISI TUBUH JANGAN SAMPAI KEDINGINAN / KEPANASAN, USAHAKAN SUHU BADAN NORMAL.
-
JIKA
ADA ORANG SAKIT TOLONGLAH DENGAN PERBEKALAN P3K YANG ADA.
-
PAKAIAN
YANG BASAH HARUS DIGANTI, JIKA TIDAK ADA MAKA HARUS DIPERAS KUAT – KUAT DAN
DIPEKAI KEMBALI.
-
USAHAKAN
TIDAK MEMINUM AIR LAUT.
SOAL NO. 40
DALAM PELAYARAN UNTUK PENYELAMATAN DIRI TERSEBUT, ALAT
KOMUNIKASI SANGAT PENTING, JELASKAN BAGAIMANA ANDA MENGGUNAKAN ALAT – ALAT
TERSEBUT DIBAWAH INI :
A.
RADIO
TELEPHONE DUA ARAH
B.
EPIRB
C.
SEARCH
AND RESCUE TRANSPONDER (SART)
JAWABAN SOAL NO. 40
A.
PUTAR
POWER KE ON, KEMUDIAN PILIH CHANNEL YANG DIGUNAKAN UNTUK BERKOMUNIKASI DENGAN
KAPAL LAIN.
B.
DALAM MENGGUNAKAN EPIRB YAITU PUTAR
SWITCH KE POSISI ‘’ ON ‘’ ATAU TEST BILA EPIRB AKAN DI TEST, KEMUDIAN EPIRB
AKAN MEMANCARKAN SIGNAL YANG AKAN DITANGKAP OLEH RADAR KAPAL LAIN.
C.
CARA
MENGGUNAKAN SART :
-
PUTAR SWITCH
DARI POSISI " OFF " KE
" ON "
-
PASTIKAN LAMPU
HIJAU MENYALA.
-
PASANG SART
DITIANG DAN DIIKAT
DENGAN TALI YANG
SUDAH.TERSEDIA PADA POSISI
SETINGGI MUNGKIN, ( MINIMUM 1 METER
DIATAS PERMUKAAN AIR).
-
APABILA SUDAH
TERDETEKSI OLEH PESAWAT
RADAR PENOLONG, LAMPU MERAH
AKAN BERKEDIP DAN
APABILA KAPAL PENOLONG MENDEKAT SERTA
SIGNAL RADAR SEMAKIN
KUAT MAKA LAMPU MERAH
AKAN MENYALA TERUS.
SOAL NO. 41
JELASKAN
BAGAIMANA ANDA MEMASTIKAN BAHWA PERALATAN PELUNCUR RAKIT PENYELAMAT KEADAAN
BAIK BERFUNGSI :
A. RADAR RAKIT KEMBUNG
-
MEKANISME
/ PERALATAN PELUNCUR
-
TANGGA
JACOB, ALAT SEJENIS
B. PADA SEKOCI
-
DEREK
SEKOCI (BOAT WINCH)
-
TIANG
PENYANGGA (BOAT DAVIT)
JAWABAN SOAL NO. 41
A. RADAR RAKIT KEMBUNG
-
UNTUK
MENGECEK MEKANISME PERALATAN PELUNCUR PADA RAKIT KEMBUNG, BIASA PADA SAAT
LATIHAN SEKOCI DAVIT SERING DIBUKA MENGGUNAKAN ENGKOL, JIKA ALAT TERSEBUT MUDAH
TERLEPAS MAKA KEADAAN PERALATAN TERSEBUT MASIH BERFUNGSI DENGAN BAIK.
-
TANGGA
JACOB DAPAT DIKATAKAN DENGAN KEADAAN BAIK, JIKA TALI – TALI PADA TANGGA
TERSEBUT MASIH BAGUS, DAN KAYU SEBAGAI INJAKAN KAKI PADA SAAT MEMASUKI LIFERAFT
TIDAK RAPUH. BISA DIPASTIKAN DENGAN MELETAKKAN TANGGA JACOB PADA SALAH SATU
SISI.
-
LAMBUNG
KAPAL DAN MENCOBA MENAIKI TANGGA TERSEBUT, JIKA TIDAK RAPUH/TALI YANG TERPUTUS
MAKA TANGGA TERSEBUT MASIH BERFUNGSI BAIK.
B. PADA SEKOCI
-
PADA
DEREK SEKOCI, JIKA BLOCK YANG BERADA DIDEPAN DAN BELAKANG SEKOCI MASIH DAPAT
BERPUTAR JIKA DIRENGGANGKAN PUTARANNYA SEBAGAI PENGUNCI MAKA BLOK MASIH
BERPUTAR DENGAN BAIK DAN DAPAT MENGAREA REEP YANG DIGUNAKAN UNTUK MELASHING
SEKOCI MAKA DEREK TERSEBUT MASIH BERFUNGSI DENGAN BAIK.
-
PADA
BOAT DAVIT JIKA REEP DIAREA DARI DECK MAKA DENGAN SENDIRINYA BOAT DAVIT MASIH
DAPAT MENAIK TURUNKAN SEKOCI TIDAK BERHENTI MAKA BOAT DAVIT TERSEBUT MASIH
BERFUNGSI DENGAN BAIK.
-
JIKA
TERHENTI PADA SAAT DI AREA, BERARTI TERDAPAT KARAT DISEKITAR BOAT DAVIT DAN
HARUS DIKETOK AGAR DAPAT MENAIK TURUNKAN SEKOCI.
SOAL NO. 42
JELASKAN
BAGAIMANA ANDA MEMASTIKAN BAHWA PERLENGKAPAN DI ATAS RAKIT/ SEKOCI PENYELAMAT
DALAM KEADAAN BAIK/ LAYAK MELIPUTI :
A. RANDOM/ JATAH MAKANAN DAN AIR MINUM
B. DISTRESS SIGNAL
C. TANDA/ SEMBOYAN DARURAT
D. JANGKAR (SEA ANCHOR)
JAWABAN SOAL NO. 42
A. RANDOM BERKADAAN BAIK JIKA MASA
BERLAKUNYA BELUM HABIS. DAN SELALU DI CEK SETIAP SAAT JIKA DIBUTUHKAN , DAN
SEGERA DIGANTI JIKA SUDAH EXPIRED.
B. DISTRESS SIGNAL HARUS DICEK MASA
BERLAKUNYA JIKA SUDAH EXPIRED MAKA TIDAK DAPAT DIGUNAKAN LAGI, DAN JIKA TIDAK
PERNAH DI CEK JIKA TERJADI KEADAAN YANG DIIINGINKAN MAKA KETIKA DIGUNAKAN ALAT
TERSEBUT TIDAK BERFUNGSI DENGAN BAIK YAITU TIDAK DAPAT MENARIK PERHATIAN DARI
KAPAL LAIN.
C. TANDA / SEMBOYAN DARURAT MASIH DAPAT
DIGUNAKAN DAN TERLIHAT DENGAN JELAS PADA SAAT DIGUNAKAN.
D. JANGKAR MASIH TERIKAT PADA TALI
APUNGNYA.
SOAL NO. 43
JELASKAN
LOKASI DAN BERIKAN DATA DARI KAPAL ANDA TENTANG ALAT KESELAMATAN BERIKUT INI :
A. LIFE BOUY (PELAMPUNG PENOLONG)
B. IMMERSION SUIT
C. ROCKET LINE – THROWING APPARATUS
(ALAT PELEMPAR TALI)
D. DISTRESS ROCKET (ROCKET ISYARAT
BAHAYA)
E. RED HAND FLARE (CERAWAT TANGAN)
F. PYROTECHNICS LAINNYA
G. EPIRB
H. SART
JAWABAN SOAL NO. 43
A.LIFE BOUY
(PELAMPUNG PENOLONG)
-
2 BUAH DIHALUAN
-
2 BUAH DILAMBUNG
-
2 DIBURITAN
-
2 BUAH DI ANJUNGAN
- 2 BUAH DI SEKOCI
-2 BUAH DI DEKAT TANGGA PANDU
B.IMMERSION
SUIT
LOKASI
DIANJUNGAN,JUMLAH 2 BUAH
C.ROCKET
LINE-THROWING APPARATUS (ALAT PELEMPAR TALI)
LOKASI
DIANJUNGAN,JUMLAH 4 BUAH
D.DISTRESS
ROCKET (ROCKET ISYARAT BAHAYA)
LOKASI
DIANJUNGAN,JUMLAH 4 BUAH
E.RED HAND
FLARE (CERAWAT TANGAN)
LOKASI
DIANJUNGAN,JUMLAH 18 BUAH
F.PYROTECHNICS
LAINNYA
BOUYAN SMOKE SIGNAL : - LOKASI ANJUNGAN,JUMLAH 8 BUAH
-LOKASI LIFE BOAT,JUMLAH 2 BUAH
G.EPIRB
LOKASI
DIANJUNGAN,JUMLAH 2 BUAH
H.SART
LOKASI
DIANJUNGAN,JUMLAH 2 BUAH
SOAL NO. 44
BUATLAH
DAFTAR DARI PERALATAN PENCEGAHAN POLUSI DI KAPAL ANDA, DAN JELASKAN CARA
MENGGUNAKANNYA MASING – MASING!
JAWABAN SOAL NO. 44
A. SMALL SPODE (SEKOP KECIL)
-
APABILA
TERJADI PENCEMARAN POLUSI MAKA SEKOP KECIL DIGUNAKAN UNTUK MENGAMBIL/
MENGANGKAT SERBUK GERGAJI.
B. BIG SPODE (SEKOP BESAR)
-
DIGUNAKAN
UNTUK MENGANGKAT SERBUK GERGAJI DAN MERATAKANNYA KE BAGIAN YANG TERCEMAR.
C. BUCKED (EMBER)
-
DIGUNAKAN
UNTUK MENARUH AIR MEMBERSIHKAN ATAUPUN SERBUK GERGAJI.
-
DAPAT
JUGA DIGUNAKAN UNTUK MENARUH OIL SPILT DISPERSANT.
-
MENAMPUNG
MINYAK UNTUK SEMENTARA WAKTU.
D. SERBUK GERGAJI
-
DIGUNAKAN
UNTUK MEMEBERSIHKAN TUMPAHAN MINYAK YANG BERADA DI DECK DECK BAGIAN LUAR.
E. OIL SPILT DISPERSANT
-
DIGUNAKAN
UNTUK MENGENDAPKAN MINYAK KE DASAR AIR.
SOAL NO. 45
PADA
SAAT MELAKUKAN PENGISIAN BAHAN BAKAR, PERSIAPAN APA YANG DILAKUKAN UNTUK :
A. PEMEBERITAHUAN / TANDA – TANDA APA
YANG DISAMPAIKAN PADA AWAK KAPAL DAN LAINNYA.
B. MENUTUP LUBANG PEMBUANGAN (SCUPPERS)
DAN MENGECEK PIPA DAN SELANG?
C. MEMBANTU SANDAR TONGKANG BAHAN BAKAR.
JAWABAN SOAL NO. 45
A. PADA SIANG HARI SAAT MENGISI BAHAN
BAKAR WAJIB MENGIBARKAN BENDERA “B” YANG MEMBERIKAN ISYARAT KEPADA SELURUH ABK
DAN KAPAL LAIN BAHWA KAPAL SEDANG MUAT / BONGKAR BARANG BERBAHAYA. SEDANGKAN
PADA MALAM HARI KAPAL WAJIB MENYALAKAN LAMPU KELILING BERWARNA MERAH DI BAWAH
LAMPU TIANG SECARA TEGAK LURUS.
B. SEBELUM PENGISIAN BAHAN BAKAR DIMULAI
MAKA DI ADAKAN PENGECEKAN TERHADAP LUBANG – LUBANG PEMBUANGAN APAKAH TELAH
DITUTUP ATAU TIDAK, SERTA MELAKUKAN PENGECEKAN TERHADAP PIPA – PIPA DAN SELANG
APAKAH SUDAH KEDAP / ADA YANG BOCOR.
C. PADA SAAT TONGKANG YANG DIGUNAKAN
UNTUK BAHAN BAKAR MAKA ABK MEMBANTU MEMASANG TROS LIVE DARI TONGKANG DI
PROVISION YANG BERADA DI LAMBUNG KANAN DAN KIRI KAPAL JIKA PENGISIAN BAHAN
BAKAR DARI TONGKANG SEHINGGA TONGKANG DAPAT MERAPAT DI KAPAL DAN PENGISIAN
DAPAT SEGERA TERLAKSANA.
SOAL NO. 46
PEMERIKSAAN
APA YANG DILAKUKAN UNTUK MENGETAHUI KEMUNGKINAN ADANYA KEBOCORAN MINYAK SELAMA
PENGISIAN BAHAN BAKAR TERSEBUT?
JAWABAN SOAL NO. 46
-
PEMERIKSAAN
PADA PIPA YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGISI BAHAN BAKAR SETIAP SAAT.
-
PEMERIKSAAN
TERHADAP SAMBUNGAN SELANG PENGISIAN BAHAN BAKAR.
-
MENGADAKAN
PENYOUNDINGAN TERHADAP TANKI BAHAN BAKAR YANG DIISI.
-
SALAH
SATU DARI ABK MESIN DAN MASINIS YANG BERSANGKUTAN HARUS JAGA DI TONGKANG BAHAN
BAKAR AGAR TIDAK TERJADI SESUATU YANG DIINGINKAN.
-
PADA
SAAT PENGISIAN HAMPIR SELESAI DILAKSANAKAN SEGERA CEK DRAFT.
SOAL NO. 47
APABILA
TERJADI KEBOCORAN / CECERAN BAHAN BERBAHAYA DALAM PENGISIAN BAHAN BAKAR
SEHINGGA HARUS DI STOP, TINDAKAN APA YANG HARUS DILAKUKAN SELANJUTNYA UNTUK
MENGATASI HAL TERSEBUT?
JAWABAN SOAL NO. 47
TINDAKAN
YANG HARUS DI LAKUKAN YAITU KETIKA TERJADI KEBOCORAN SAAT BUNKER :
-
MEMBERITAHU
KEJADIAN TERSEBUT KE MUALIM JAGA YANG BERTUGAS DI ANJUNGAN.
-
SEGERA
MENGADAKAN PEMBERSIHAN TERHADAP BARANG BERBAHAYA TERSEBIUT.
-
PASTIKAN
SCUPPER TERTUTUP RAPAT DAN KUAT.
SOAL NO. 48
JIKA
DI DUGA TERJADI KEBOCORAN DARI TANKI – TANKI DIKAPAL, APA TINDAKAN YANG HARUS
DILAKUKAN UNTUK KESELAMATAN MAUPUN UNTUK PERTANGGUNG JAWABAN PENGOPERASIAN
KAPAL?
JAWABAN SOAL NO. 48
-
JIKA
TERJADI KEBOCORAN PADA SALAH SATU TANKI TIDAK TERLALU BESAR MAKA DAPAT
DILAKUKAN PENUTUPAN SEMENTARA.
-
SETELAH
DIAMANKAN KEBOCORAN UNTUK SEMENTARA WAKTU, KITA WAJIB MELAPORKAN KEPADA PERWIRA
JAGA YANG KEMUDIAN DAPAT MENGAMBIL TINDAKAN SELANJUTNYA.
-
JIKA
KEBOCORAN TERLALU BESAR DAN MEMERLUKAN PENUTUPAN ATAU PENAMBALAN, MAKA ISI DARI
TANKI TERSEBUT HARUS KITA PINDAHKAN UNTUK SEMENTARA WAKTU KE TANKI LAIN DAN
TETAP MEMPERHITUNGKAN STABILITAS KAPAL
-
SETELAH
DILAKUKAN PEMINDAHAN MAKA DAPAT DILAKUKAN PENUTUPAN / PENAMBALAN.
SOAL NO. 49
JELASKAN
PROSEDUR DARI PERALATAN TERSEBUT DI BAWAH INI YANG MENGACU PADA PERATURAN
INTERNASIONAL YANG TERIKAT YAITU :
A. PEMBUANGAN AIR GOT
B. SISTEM BALLAST
C. PENGISIAN BAHAN BAKAR
JAWABAN SOAL NO. 49
A. PEMBUANGAN AIR GOT
-
DILAKUKAN
PADA SAAT BERLAYAR DI LAUT BEBAS, DAPAT DILAKUKAN PEMBUANGAN MELALUI OWS.
-
DARI
GOT KAMAR MESIN, AIR GOT DITAMPUNG DI BILGE HOLDING TANK KEMUDIAN DI HISAP OLEH
OWS UNTUK DI PISAHKAN ANTARA MINYAK KOTOR DAN AIR.
-
MINYAK
KOTOR AKAN DI TAMPUNG DI OIL BILGE TANK UNTUK SELANJUTNYA DI BAKAR SEDANGKAN
AIR DIBUANG KE LAUT.
B.
PROSEDUR
PEMBUANGAN / PENGISIAN BALLAST BIASA DILAKUKAN KETIKA MENDAPAT ORDER / PERINTAH
DARI CHIEF OFFICER UNTUK MENJAGA STABILITAS KAPAL AGAR TETAP BAIK.
C.
PROSEDUR
PENGISIAN BAHAN BAKAR HARUS DILAKUKAN SEBELUMNYA DENGAN MENGADAKAN PERTEMUAN PERSON IN CHARGE
DAN MEMASTIKAN BAHWA ANGGOTA BENAR – BENAR
MENGETAHUI SISTEM PENGOPERASIANNYA.
SOAL NO. 50
JELASKAN
HAL – HAL BERIKUT YANG TERDAPAT DI KAPAL ANDA TENTANG :
A. PERATURAN PROSEDUR PENANGANAN LIMBAH
/ SAMPAH
B. PENGGUNAAN TEMPAT LIMBAH
JAWABAN SOAL NO. 50
A. PENANGANAN SAMPAH DI KAPAL TARUNA
PRAKTEK BIASANYA DI KUMPULKAN PADA KANTONG PLASTIK SAMPAH BIASANYA BANYAK
BERASAL DARI DAPUR, SISA – SISA MAKANAN ATAU LAINNYA. CARA PENANGANANNYA YAITU
DIKUMPULKAN DAHULU SEMUA SAMPAH DALAM KANTONG PLASTIK BESAR, DISETIAP TANGGA
DISEDIAKAN KANTONG PLASTIK JIKA TEMPAT SAMPAH TERLALU SEDIKIT, SEHINGGA DI
SETIAP PELABUHAN SANDAR SELALU MEMBUANG SAMPAH TERSEBUT. DAN ADA JUGA BEBERAPA
PELABUHAN YANG TIDAK MELAKUKAN PEMBUANGAN SAMPAH.
B. UNTUK TEMPAT LIMBAH MENGGUNAKAN TONG
DAN KANTONG PLASTIK. DI SETIAP JALAN, DECK – DECK LUAR, SETIAP TANGGA TEMPAT
LALU ORANG, KAMAR – KAMAR SELALU DISEDIAKAN TEMPAT SAMPAH YANG BERBENTUK TONG /
DRUM SISA MINYAK GADINIA YANG DIBELAH MENJADI 2 BAGIAN SAMA BESAR KEMUDIAN DI
CAT DAN DI LETAKKAN DI BURITAN. SEDANGKAN SETIAP TANGGA MENGGUNAKAN KANTONG
PLASTIK BESAR. DI KAMAR ABK MENGGUNAKAN TEMPAT SAMPAH YANG SUDAH DI SEDIAKAN.
SOAL NO. 51
CATAT
/ BUATLAH DAFTAR DARI SELURUH PERATURAN / HUKUM YANG TERKAIT DENGAN
PENGOPERASIAN DAN PENCEGAHAN POLUSI DI KAPAL SEBAGAIMANA TERDAPAT DI DALAM
SOLAS / MARPOL.
JAWABAN SOAL NO. 51
BEBERAPA
PERATURAN YANG TERKAIT DENGAN PENGOPERASIAN DAN PENCEGAHAN POLUSI DIKAPAL DARI
BUKU MARPOL CONSOLIDATE 2006 YANG MENERANGKAN TENTANG PERATURAN DALAM ANNEX I
SAMPAI ANNEX 6.
-
ANNEX
I ENTERED IN TO FORCE ON 2 OCT 1983 THE PARTIES MARPOL 73/78, SURPESED THE
INTERNATIONAL CONVENTION FOR THE PREVENTION OF POLLUTION OF THE SEA BY OIL.
-
THE
PROVISION OF ANNEX II OF MARPOL 73/78 AS AMANDEN FROM 6 APRIL 1987 ABOUT
REGULATION FOR THE CONTROL OF POLLUTION BY NOXIOUS LIQUID SUBSTANCES IN BULK.
-
REGULATION
FOR THE PREVENTION OF POLLUTION BY HARMFUL SUBSTANCES CARRIED BY SEA IN
PACKAGED FROM ANNEX III ENTERED IN TO FORCE ON 1 JULY 1992 AND SHOUL BE
IMPLEMENTED THROUGH THE IMDG CODE.
-
REGULATION
FOR THE PREVENTION OF POLLUTION BY SEWAGE FROM SHIP. ANNEX V ENTERED IN TO
FORCE ON 31 DEC 1988.
-
REGULATION
FOR THE PREVENTION AIR POLLUTION FROM SHIP. ANNEX VI APPENED TO THE PROTOCOL OF
1997 TO AMEND THE INTERNATIONAL CONVENTION FOR THE PREVENTION OF POLLUTION FROM
SHIP 1973 AS MODIFIED BY THE PROTOCOL AT 1978.
SOAL NO. 52
CATATLAH
NAMA SELURUH DOKUMEN YANG TERKAIT DENGAN PERTANYAAN NO. 1 DI ATAS, DIMANA DAN
KAPAN DITERBITKAN, SERTA MASA BERLAKUNYA DOKUMEN TERSEBUT!
JAWABAN SOAL NO. 52
-
SERTIFIKAT MANAJEMEN KESELAMATAN
DITERBIKAN DIJAKARTA TGL 30 JUNI 2005 BERLAKU SAMPAI 24 JANUARI 2009
-
SERTIFIKAT KLASIFIKASI MESIN DISURVEY
DISURABAYA TGL 08-09-2009 BERLAKU SAMPAI 22-12-2014
-
SERTIFIKAT GARIS MUAT DITERBITKAN TGL
23-02-2010 BERLAKU SAMPAI 22-12-2013
-
SERTIFIKAT LAMBUNG DISURVEY
DISURABAYA TGL 08-09-2009 BERLAKU SAMPAI 22-12- 2014
-
SERTIFIKAT SURAT LAUT DIBERIKAN
DIJAKARTA TGL 01 JULI 1991
-
SERTIFIKAT SURAT UKUR DIKELUARKAN DIUJUNG PANDANG TGL 16-09-1991
-
SERTIFIKAT KAPAL CURAH DIKELUARKAN
DIJAKARTA
TGL 09-01-2013 BERLAKU SMPAI 12 JULI 2013
SOAL NO. 53
BILA
TERJADI PERMASALAHAN DALAM PENGOPERASIAN KAPAL DAN PENCEGAHAN POLUSI YANG HARUS
DIATASI, PERATURAN APA YANG SESUAI UNTUK MENYELESAIKAN ATAU ANTISIPASI MASALAH
TERSEBUT? AMBIL 3 (TIGA)
JAWABAN SOAL NO. 53
-
PERATURAN
YANG SESUAI UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN MENGENAI MASALAH PEMUATAN ADALAH
PERATURAN DAN TATA CARA PENANGANAN MUATAN.
-
PERATURAN
KESELAMATAN JIWA YANG MENGACU PADA ISM CODE.
-
PEMUATAN
YANG SESUAI UNTUK PENCEMARAN YANG MENGACU PADA SOLAS DAN MARPOL.
SOAL NO. 54
BAGAIMANAKAH
ANDA MEMAHAMI LATIHAN – LATIHAN YANG DILAKUKAN DIATAS KAPAL TERHADAP :
A. TUJUAN LATIHAN TERSEBUT
B. PETUNJUK JADWAL LATIHAN TERSEBUT
C. JADWAL HARIAN
JAWABAN SOAL NO. 54
A. TUJUAN LATIHAN
-
MEMBIASAKAN
ABK SELALU DALAM SITUASI DARURAT.
-
MELATIH
KETERAMPILAN ABK JIKA TERJADI KEADAAN DARURAT.
-
MELATIH
KESIGAPAN ABK PADA SAAT LATIHAN DARURAT.
-
MENCIPTAKAN
RASA KEBERSAMAAN DALAM SATU TIM.
B. PETUNJUK JADWAL LATIHAN TERSEBUT
DAPAT DILIHAT DAN DIBACA DI ANJUNGAN YAITU JADWAL RENCANA LATIHAN DARURAT
(DRILL) YANG DILAKSANAKAN SETIAP SEMINNGU SEKALI.
C. JADWAL HARIAN DAPAT MEMUDAHKAN SEMUA
CREW UNTUK BERSOSIALIASI DENGAN CREW LAINNYA, DAN MEMUDAHKAN CREW UNTUK
BERFAMILIARISASI TERHADAP KAPAL YANG MENJADI TEMPAT KERJANYA.
SOAL NO. 55
BACA,
PAHAMI DAN SIMPULKAN ISI BUKU DAN PERATURAN TENTANG :
A. ILO BOOKLET
B. SOLAS
C. IMDG CODE (PERATURAN TERHADAP MUATAN
BAHAYA)
D. ISM CODE
E. MARPOL 73 / 78
JAWABAN SOAL NO. 55
A. ILO BOOKLET BERISI TENTANG PERALATAN
DAN PENGGUNAAN DI ATAS KAPAL.
B. SOLAS MENGATUR TENTANG KESELAMATAN
JIWA DI LAUT.
C. IMDG CODE MENGATUR TENTANG PEMUATAN
BERBAHAYA YANG DILAKSANAKAN OLEH SETIAP KAPAL YANG MENGANGGKUT MUATAN
BERBAHAYA.
D. INTERNASIONAL SAFETY MANAGEMENT MENGATUR
TENTANG KESELAMATAN DI KAPAL KETIKA KAPAL BERADA DI PELABUHAN ATAU DI LAUT DAN
SETIAP PERWIRA DI ATAS KAPAL WAJIB MEMILIKI SERTIFIKAT ISM.
E.
MARPOL
73 / 78 BERISI TENTANG PERATURAN PENCEGAHAN POLUSI DI KAPAL YANG TERDIRI DARI 7
ANNEX.
SOAL NO. 56
TERANGKAN
APA YANG DIMAKSUD DENGAN :
A. BRIDGE (ANJUNGAN)
B. LOOKOUT POST (POS PENGAMATAN /
PENGINTAIAN)
C. FORECASTLE (AGIL)
D. POOP DECK (KIMBUL / DECK BURITAN)
E. MAIN DECK (DEK UTAMA)
F. ENGINE ROOM (KAMAR MESIN)
KAPAN
DAN DALAM KEGIATAN APA, ANDA MENGUNJUNGI TEMPAT – TEMPAT TERSEBUT DI ATAS?
JAWABAN SOAL NO. 56
A. BRIDGE (ANJUNGAN)
-
MERUPAKAN
TEMPAT PUSAT INSTRUKSI YANG ADA DI ATAS KAPAL.
-
TEMPAT
INI BERADA DI DECK ATAS DI BAWAH TOP DECK.
-
TEMPAT
INI MERUPAKAN TEMPAT DIMANA DI LETAKKAN PERALATAN NAVIGASI YANG DIGUNAKAN DAN DIPERLUKAN
PADA SAAT KAPAL BERLAYAR.
-
DI
TEMPAT INI DIWAJIBKAN MUALIM & ABK DECK UNTUK BERTUGAS JAGA LAUT / MAUPUN
JAGA LABUH.
-
MERUPAKAN
TEMPAT PENGENDALI SELURUH SISTEM YANG ADA DI ATAS KAPAL.
B. LOOK OUT POST (POS PENGAMATAN /
PENGINTAIAN)
-
TEMPAT
DIMANA DILAKSNAKAN PENGAMATAN BAIK KAPAL BERADA DI LAUT DAN SANDAR. BIASA DI
BURITAN SEBAGAI POS PADA SAAT JAGA LABUH.
C. FORCASTLE (AGIL)
-
MERUPAKAN
DECK YANG BERADA DI BAGIAN DEPAN KAPAL (HALUAN).
-
DI
DECK INI TERDAPAT MOORING WINCH, JANGKAR, DLL..
-
DAN
DIGUNAKAN SEBAGAI TEMPAT MUKA PADA SAAT KAPAL SANDAR / BERANGKAT DARI PELABUHAN
(OLAH GERAK).
-
MUALIM
YANG BERTUGAS DI TEMPAT INI YAITU MUALIM III PADA SAAT KAPAL OLAH GERAK DAN
DIBANTU CADET DAN ABK YANG BERTUGAS DI TEMPAT TERSEBUT.
D. POOP DECK (BURITAN)
-
DIGUNAKAN
MELETAKKAN TALI TROS DAN MOORING WINCH YANG DIGUNAKAN PADA SAAT KAPAL AKAN
SANDAR / BERANGKAT DARI PELABUHAN.
-
TEMPAT
INI BERADA DI BAGIAN BELAKANG KAPAL.
-
BIASANYA
MUALIM YANG BERTUGAS DI BURITAN YAITU MUALIM II DIBANTU OLEH ABK DECK YANG
BERTUGAS DI TEMPAT TERSEBUT DALAM PERAN “ MUKA BELAKANG”.
E. MAIN DECK (DECK UTAMA)
-
MERUPAKAN
DECK UTAMA YANG DIGUNAKAN UNTUK KEGIATAN DI ATAS KAPAL SEPERTI TEMPAT PALKA.
DAN DI KAPAL TARUNA MAIN DECK BERADA DI DECK 5 YANG DIGUNAKAN SEBAGAI DECK
AKOMODASI
F. KAMAR MESIN (ENGINE ROOM)
-
TEMPAT
UNTUK MENGOPERASIKAN DAN MENGONTROL JALANNYA MESIN BAIK MOTOR INDUK DAN MOTOR
BANTU, KETIKA MELAKSANAKAN ORDER 1 JAM WAJIB DATANG DI KAMAR MESIN UNTUK
MEMEBRI TAHU KEPADA MASINIS JAGA YANG SEDANG BERTUGAS UNTUK MENYIAPKAN MESIN
AGAR MESIN KAPAL SIAP DIGUNAKAN PADA SAAT BEROLAH GERAK.
SOAL NO. 57
JELASKAN
TUGAS DAN PERLENGKAPAN YANG DIGUNAKAN UNTUK AKTIFITAS SIJIL DARURAT YANG
MENCAKUP :
A. SIJIL SEKOCI
B. SIJIL KEBAKARAN
C. SIJIL PENANGANAN JATUH KE LAUT
D. SIJILPENCEGAHAN KEBOCORAN KAPAL
E. SIJIL KEMUDI DARURAT
JAWABAN SOAL NO. 57
A. SIJIL SEKOCI
-
SEMUA
ABK SIAP DI POSISI MASING – MASING SESUAI DENGAN MUSTER LIST.
-
KOMANDAN
SEKOCI MEMERIKSA KELENGKAPAN AWAK SEKOCI, TERMASUK PAKAIAN DAN PENGGUNAAN LIFE
JACKET.
-
KOMANDAN
SEKOCI MELAPORKAN KESIAPAN AWAK KAPAL.
-
PERINTAH
TURUNKAN SEKOCI DARI NAKHODA.
B. SIJIL KEBAKARAN
-
PASTIKAN
POSISI KEBAKARAN.
-
PASTIKAN
ABK BERTUGAS SESUAI DENGAN MUSTER LIST.
-
PASTIKAN
MENUJU POSISI KEBAKARAN.
-
PEMAKAIAN
FIRE MAN OUT FIT.
-
PERSIAPAN
POMPA KEBAKARAN.
-
REGU
PENOLONG MENUJU LOKASI UNTUK MENOLONG.
-
EVAKUASI
PENUMPANG KE TEMPAT YANG AMAN.
C. SIJIL PENANGANAN JATUH KE LAUT.
-
SALAH
SEORANG CREW MELAPOR LEWAT TALKBACK BURITAN ORANG JATUH KE LAUT DI LAMBUNG
KIRI.
-
MUALIM
JAGA LANGSUNG MENEKAN TOMBOL “MOB” PADA GPS. KEMUDI CIKAR KANAN, MESIN MAJU
PELAN.
-
LAPOR
NAKHODA BAHWA ADA ORANG JATUH KE LAUT, DAN TETAP MENGAWASI KORBAN DAN DIUMUMKAN
KE ABK.
-
NAKHODA
MENGAMBIL ALIH KOMANDO, MENUJU ARAH KORBAN SESUAI POSISI PADA GPS. REGU
PANOLONG DAN PENYELAMAT DISIAPKAN.
-
KAPAL
STOP MESIN SAMBIL MENDEKAT KE ARAH KORBAN, SEKOCI NO. 1 SIAP DI AREA KE AIR
NAMUN KORBAN BISA DIANGKAT MELALUI GANGWAY.
-
KORBAN
DINAIKKAN LEWAT GANGWAY, DITERIMA OLEH REGU PENOLONG / DIPERIKSA SEPERLUNYA
KEMUDIAN DIBAWA KE POLIKLINIK UNTUK PERTOLONGAN LEBIH LANJUT,
-
SEKOCI
NO. 1 DIRAPIKAN KEMBALI LATIHAN SELESAI.
D. SIJIL PENCEGAHAN KEBOCORAN KAPAL
-
MUALIM
JAGA MENERIMA LAPORAN DI R. TANGKI TINJA, MELAPOR KE NAKHODA MENGHUBUNGI MUALIM
I DAN II SR DIUMUMKAN KE ABK.
-
NAKHODA
MENGAMBIL ALIH KOMANDO, KURANGI KECEPATAN, REGU DARURAT DAN PENOLONG DISIAPKAN.
-
REGU
PENOLONG DAN DARURAT MENUJU LOKASI BOCOR. MUALIM III SIAP DIANJUNGAN MENCATAT
SEMUA KEGIATAN, MARKONIS SIAP MELAKSANAKAN KOMUNIKASI KELUAR.
-
MUALIM
II MEMIMPIN MENANGGULANGI KEBOCORAN, MUALIM I MENCOBA PINTU KEDAP AIR DITUTUP
SECARA MANUAL, MELAPORKAN DETAIL KEBOCORAN DAN TINDAKAN YANG DILAKUKAN.
-
KKM
DAN REGU KAMAR MESIN MENYIAPKAN POMPA BALLAST.
-
KEBOCORAN
DAPAT DI ATASI, GOT DI POMPA DENGAN POMPA BALLAST DAN POMPA CELUP, STABILITAS
KAPAL KEADAAN AMAN / BAIK, KAPAL MELANJUTKAN PELAYARAN.
E. SIJIL KEMUDI DARURAT
-
JAM
14.00 KAPAL TIDAK DPAT DIKEMUDIKAN, KEMUDI PINDAH KE MANUAL, TELPON ECR, MESIN
MAJU PELAN SEKALI, LAPOR NAKHODA.
-
POSISI
KAPAL AMAN DAN TERUS BERLAYAR, DIINFORMASIKAN KEPADA KAPAL YANG AKAN BERPAPASAN
AGAR MENGHINDAR.
-
MASINIS
DAN ELECTRICIENT MENUJU KAMAR KEMUDI, KOMUNIKASI ABA – ABA KEMUDI MENGGUNAKAN
TELEPON DAN DIBANTU HT.
-
DILAKUKAN
PERBAIKAN, KEADAAN AMAN / TETAP BERLAYAR DENGAN KEMUDI DARURAT.
-
JAM
14.15 PERBAIKAN SELESAI, DICOBA BAIK / KEMUDI BERFUNGSI NORMAL, LATIHAN
SELESAI.
SOAL NO. 58
A. JELASKAN TUGAS JAGA DI KAMAR MESIN
PADA SAAT KAPAL ANDA MEMASUKI DAN MENINGGALKAN PELABUHAN / BERLAYAR!
B. SEJAUH MANA KETERLIBATAN ANDA PADA
KEGIATAN TERSEBUT!
JAWABAN SOAL NO. 58
A. TUGAS JAGA DI KAMAR MESIN PADA SAAT
KAPAL OLAH GERAK YAITU
-
MASINIS
JAGA MEMEGANG HANDLE ENGINE TELEGRAPH YANG BERKOMANDO DARI ANJUNGAN.
-
CADET
DECK MENULIS WAKTU ABA ABA ENGINE TELEGRAPH DI BUKU OLAH GERAK.
-
KKM
MENGAWASI DARI OLAH GERAK TERSEBUT.
B. KETIKA BEROLAH GERAK TARUNA HANYA
MENCATAT ABA – ABA ENGINE TELEGRAPH OLEH NAKHODA DI BUKU OLAH GERAK DAN
MEMBANTU MARKONIS MONITOR APABILA ADA KAPAL/KEPANDUAN/ STASIUN YANG MEMANGGIL.
SOAL NO. 59
JELASKAN
BAGAIMANA CARA MENYOUNDING TANGKI DENGAN BENAR, APA YANG PERLU DIPERHATIKAN
AGAR PEMBACAAN DAN PERHITUNGAN DAPAT DIPEROLEH DENGAN TEPAT, KHUSUSNYA UNTUK
TANGKI :
A. AIR TAWAR
B. BAHAN BAKAR
C. GOT
JAWABAN SOAL NO. 59
A. SEBELUM MELAKUKAN PENYOUNDINGAN KITA
HARUS MENGETAHUI KEDALAMAN TANGKI AIR TAWAR TERSEBUT. KEMUDIAN BARU KITA
GUNAKAN ALAT SOUNDING TERSEBUT SEBELUMNYA HARUS DIBERSIHKAN. LALU KITA MASUKKAN
ALAT SOUNDING TERSEBUT PADA TANGKI SETELAH TIMBAKTERSEBUT MENYENTUH / BERBENTUR
DENGAN DASAR TANGKI TERSEBUT MAKA KITA ANGKAT ALAT SOUNDING TERSEBUT. KITA
AMATI DAN KITA LAP DENGAN KAIN BAGIAN YANG BASAH DAN DIBERI PASTA. KEMUDIAN
MASUKKAN LAGI ALAT SOUNDING TERSEBUT DALAM TANGKI SEPERTI CARA PERTAMA KEMUDIAN
KITA ANGKAT DAN PASTA YANG BERCAMPUR DENGAN AIR AKAN BERUBAH WARNA, ITULAH
KEDALAMAN AIR PADA SAAT ITU DAN KITA CATAT PENUNJUKKAN ANGKANYA KEMUDIAN KITA
LIHAT ISI DARI TANGKI TERSEBUT PADA SOUNDING BOOK FRESH WATER.
B. PENYOUNDINGAN PADA TANGKI BAHAN BAKAR
SAMA DENGAN PENYOUNDINGAN PADA TANGKI AIR TAWAR PADA UMUMNYA. SETELAH KITA
MENGETAHUI KEDALAMAN AIR PADA SAAT ITU KITA HARUS MENYESUAIKAN PADA SOUNDING
BOOK LO DAN SECARA LANGSUNG AKAN TERKETAHUI ISI DARI TANGKI BAHAN BAKAR
TERSEBUT. PENYOUNDINGAN TANGKI BAHAN BAKAR BIASA DILAKUKAN SETELAH SUPPLY
BUNKER.
C. PENYOUNDINGAN UNTUK GOT PADA UMUMNYA
SAMA DENGAN TANGKI AIR TAWAR DAN BAHAN BAKAR.
SOAL NO. 60
A. APA YANG ANDA KETAHUI TENTANG
PENGECEKAN DAN PENAMBAHAN TERHADAP GUDANG DI ATAS KAPAL ANDA?
B. JELASKAN HAL TERSEBUT DISESUAIKAN
DENGAN RENCANA YANG TELAH DISUSUN DI KAPAL ANDA!
JAWABAN SOAL NO. 60
A. PENAMBAHAN GUDANG DIATAS KAPAL
DILAKUKAN APABILA SEMUA GUDANG TELAH TERISI PENUH, SEDANGKAN INVENTARIS YANG
HARUS DISIMPAN TIDAK MEMILIKI TEMPAT PENYIMPANAN DI SUATU RUANGAN SETELAH DI
ADAKAN SURVEY INVENTARIS BARANG KAPAL BAIK LAMA ATAUPUN YANG BARU.
B. PENAMBAHAN RUANGAN DI ATAS KAPAL
HARUS DISESUAIKAN DENGAN STABILITAS KAPAL SEHINGGA TIDAK TERJADI HAL – HAL YANG
TIDAK DIINGINKAN KETIKA KAPAL BERLAYAR SETELAH PENAMBAHAN RUANGAN TERSEBUT
DILAKSANAKAN.
SOAL NO. 61
TERANGKAN
DENGAN JELAS BAGAIMANA PEKERJAAN PEMBERIAN LAPISAN (RECOATING) DAN PENGECATAN
(PAINTING) TERHADAP PERMUKAAN KAPAL DILAKSANAKAN!
SEBUTKAN
PERLENGKAPAN YANG DIPERLUKAN UNTUK KEDUA JENIS PEKERJAAN TERSEBUT YANG TERKAIT
DENGAN KESELAMATAN / ALAT KERJA DAN ALAT BANTU!
JAWABAN SOAL NO. 61
SEBELUM
KITA MELAKUKAN PENGECATAN (PAINTING) TERHADAP PERMUKAAN KAPAL, MAKA KITA HARUS
MEMBERSIHKAN KARAT – KARAT YANG MENEMPEL DI ATAS PERMUKAAN YANG AKAN DICAT
TERSEBUT DENGAN MENGETOK MENGGUNAKAN CHIPPING HAMMER KEMUDIAN DIBERSIHKAN
DENGAN GURINDA SIKAT KAWAT DAN DI CAT MENI (CAT PRIMER) SEBAGAI WARNA DASAR DAN
DILAPISI DENGAN CAT YANG DITENTUKAN.
ALAT –
ALAT YANG DIBUTUHKAN :
-
CHIPPING
HAMMER
-
SIKAT
KAWAT
-
SAPU
-
CAT
MENI (CAT PRIMER)
-
CAT
WARNA ATAS YANG TELAH DITENTUKAN
-
KUAS/ROLL
ALAT
BANTU UNTUK KESELAMATAN KERJA :
-
SARUNG
TANGAN
-
HELM
-
KACAMATA
-
SAFETY
SHOES
-
PENUTUP
TELINGA (BIASA MENGGUNAKAN KAPAS)
-
PENUTUP
HIDUNG (BIASA MENGGUNAKAN SLAYER)
-
BAJU
KERJA / OVERALL YANG MENUTUPI SEMUA TUBUH AGAR TIDAK TERKENA PANAS MATAHARI.
SOAL NO. 62
DALAM
LATIHAN P3K DI ATAS KAPAL ANDA, JELASKAN BAGAIMANA CARA MENGHENTIKAN PENDARAHAN
YANG HEBAT DENGAN MEMPERHATIKAN POSISI DARI KORBAN DAN PERNAPASANNYA!
JAWABAN SOAL NO. 62
MENGHENTIKAN
PENDARAHAN SECARA ALAMI DAPAT DILAKUKAN DENGAN CARA :
-
PEMBEKUAN.
-
PENGEMPISAN
PEMBULUH DARAH.
-
PENURUNAN
TEKANAN DARAH SEHINGGA ALIRAN DARAH BERKURANG.
MENGHENTIKAN
DARAH DENGAN PERTOLONGAN ADA 3 CARA, YAITU
:
-
MENEKAN
LANGSUNG PADA LUKA DENGAN TANGAN DAN DIBALUT DENGAN PERBAN / KAIN.
-
MENEKAN
PEMBULU DARAH YANG MENJADI SUMBER PENDARAHAN.
SOAL NO. 63
DALAM
KASUS TERJADINYA SHOCK DAN HEATSTROKE, BAGAIMANA TINDAKAN ANDA DALAM
MENANGANINYA!
JAWABAN SOAL NO. 63
-
PERTAMA
KITA LIHAT APAKAH PENDERITA SADAR ATAU TIDAK.
-
SELANJUTNYA
ADAKAN PEMERIKSAAN LEBIH LANJUT, DIMANA NADI BERDENYUT NORMAL BERKISAR ANTARA
60 – 90 MENIT.
-
MELAKUKAN
PENGECEKAN APAKAH PENDERITA BERNAFAS DARI DADA ATAU PERUT, CEPAT / LAMBAT.
-
SETELAH
DILAKUKAN PENGECEKAN SEBAIKNYA DIBERIKAN CAIRAN INFUS DAN CAIRAN YANG DIGUNAKAN
FAXTROSE IN WATER NaCl 0.9% HEMACEL DAN JUGA MEMEBERIKAN O2 SERTA
MEMBUAT JALAN PERNAPASAN KEMUDIAN DIBERIKAN PERTEMUAN SESUAI DENGAN TINGKAT
SHOCK DAN HEATSTROK YANG DIALAMINYA.
-
JIKA
TIDAK BERHASIL MAKA SESEGERA MUNGKIN DIBAWA KERUMAH SAKIT UNTUK PERTOLONGAN
LEBIH LANJUT.
SOAL NO. 64
JELASKAN
BAGAIMANA TINDAKAN ANDA UNTUK MENGATASINYA!
A. LUKA BAKAR
B. PATAH TULANG
C. HYPOTERMIA
JAWABAN SOAL NO. 64
A. UNTUK MENGATASI LUKA BAKAR ADA
BEBERAPA TINDAKAN YANG PERLU DIPERHATIKAN :
-
MENGHILANGKAN
RASA SAKIT DENGAN MENCUCI BAGIAN YANG TERBAKAR DI DALAM AIR DINGIN / DI KOMPRES.
-
JANGAN
MENGGUNAKAN SALEP / MINYAK.
-
HARUS
MEMBUKA BENDA YANG MENUTUPI LUKA TERSEBUT (BAJU YANG MENUTUPI LUKA TERSEBUT).
-
JIKA
LUKA TERSEBUT PARAH DAN SISA KAIN MESI MELEKAT PADA LUKA, BALUTLAH LUKA ITU
TANPA MEMBUANG SISA KAIN SAMPAI SI KORBAN TIBA DIRUMAH SAKIT.
-
JIKA
LUKA TERSEBUT KECIL MAKA SI PENOLONG DAPAT MEMBERSIHKAN LUKA DENGAN AIR HANGAT
DAN SABUN.
-
GUNAKAN
KAIN PEMBALUT YANG STERIL ATAU KAIN TIPIS.
-
GUNAKAN
OBAT ANTIBIOTIK UNTUK MENCEGAH INFEKSI.
B. PATAH TULANG
PENANGGULANGAN
PATAH TULANG TERTUTUP :
-
PAKAIAN
KORBAN PERLU DI BUKA / DI GUNTING.
-
USAHAKAN
BAGIAN TULANG YANG PATAH JANGAN DIGERAKKAN
-
SEGERA
PASANG BIDAI / SPALK PADA BAGIAN TULANG YANG PATAH, USAHAKAN TIDAK TERLALU
LONGGAR / KENCANG.
-
SEBELUM
DIBAWA KE RUMAH SAKIT, DIBERI OBAT PENAHAN RASA SAKIT.
PENANGGULANGAN
PATAH TULANG TERBUKA :
-
PROSEDUR
PERTAMA SAMA PADA P3K LUKA PENDARAHAN DIMANA JIKA TERJADI PENDARAHAN SEGERA
DIHENTIKAN DENGAN CARA MENEKAN / MENGGUNAKAN TEKANAN.
-
LUKA
YANG TERBUKA SEGERA DITUTUP DENGAN KASA STERIL.
-
LAKUKAN
PERTOLONGAN PERTAMA SAMA DENGAN PATAH TULANG TERTUTUP.
-
JIKA
ADA TULANG YANG KELUAR DARI DALAM TUBUH, USAHAKAN DITUTUP DENGAN KAIN KASA YANG
SELALU DIBASAHI.
- BERI
OBAT PENENANG.
SOAL NO. 65
JELASKAN
DIMANA PENEMPATAN KOTAK P3K DAN KAMAR PERAWATAN DI KAPAL ANDA, DAN SIAPA YANG
BERTANGGUNG JAWAB?
JAWABAN SOAL NO. 65
KOTAK
P3K BERADA DI :
-
ENGINE
CONTROL ROOM
-
DAPUR
/ PANTRY
-
SALON
/ MESS ROOM
KAMAR
PERAWATAN BERADA DI DECK.
YANG
BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP PERALATAN TERSEBUT MUALIM II.
SOAL NO. 66
APABILA
TERJADI KECELAKAAN ATAU KEADAAN DARURAT SECARA MEDIS YANG DIAMATI OLEH SEORANG
AWAK KAPAL, APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN SEBELUM MENDAPAT BANTUAN MEDIS LEBIH
LANJUT (DI DARAT) ?
JAWABAN
SOAL NO. 66
-
SESEGERA
MUNGKIN MEMEBERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KORBAN SESUAI DENGAN PROSEDUR DAN
PENGETAHUAN YANG TELAH KITA PELAJARI DAN KITA KETAHUI.
-
PERTOLONGAN
YANG DIBERIKAN YAITU MELAKUKAN PENCEGAHAN AGAR TIDAK SEMAKIN PARAH SEBELUM
MENDAPAT PERTOLONGAN LEBIH LANJUT.
SOAL NO. 67
BAGAIMANA
ANDA MEMAHAMI DAN MENGANTISIPASI DIRI ANDA TERHADAP :
A. HUBUNGAN BAIK SECARA MANUSIAWI DENGAN
AWAK KAPAL LAINNYA DI KAPAL.
B. HUBUNGAN KERJA DAN MENJALIN KERJASAMA
YANG BAIK.
C. RASA TANGGUNG JAWAB SOCIAL.
D. KONDISI KERJA.
E. HAK DAN KEWAJIBAN INDIVIDU.
F. BAHAYA PENYALAHGUNAAN OBAT – OBATAN
DAN MINUMAN ALCOHOL.
G. AKTIFITAS DALAM ORGANISASI DI ATAS
KAPAL.
JAWABAN SOAL NO. 67
A. HENDAKNYA KITA HARUS SALING
MENGHORMATI, MENGHARGAI, MEMAHAMI SIFAT DAN KARAKTER MASING – MASING ABK YANG
BERADA DI ATAS KAPAL. NAMUN KETIKA TARUNA PRAKTEK DI KM. BERKAH 36 MENDAPAT SIKAP
YANG BAIK – BAIK KARENA SELURUH ABK BERASAL DARI INDONESIA
B. HUBUNGAN DAN MENJALIN KERJASAMA YANG
BAIK HENDAKNYA KITA LAKSANAKAN SESUAI DENGAN TANGGUNG JAWAB DAN TUGAS YANG
TELAH DITENTUKAN, DAN HARUS SALING MEMBANTU OLEH SETIAP ABK TANPA HARUS
MENGELUH DAN TERPAKSA.
C. KITA HARUS MENGERJAKAN TUGAS YANG
MENJADI PEKERJAAN KITA DENGAN RASA TANGGUNG JAWAB DAN BEKERJA KERAS UNTUK
MENDAPATKAN HASIL YANG MEMUASKAN DAN SENANG HATI DALAM BEKERJA TIDAK SECARA
TERPAKSA SEHINGGA MENIMBULKAN HASIL YANG SESUAI KITA INGINKAN.
D. KITA HARUS MENCIPTAKAN KONDISI KERJA
YANG KONDUSIF, SEMANGAT DAN MENYENANGKAN, MEMBUAT SETIAP ORANG SENANG UNTUK
BEKERJA. SENANG MENGERJAKAN TUGAS YANG TELAH MENJADI TANGGUNG JAWABNYA. DAN
JUGA MENJALIN HUBUNGAN DAN KOMUNIKASI YANG BAIK UNTUK MENGERJAKAN TUGAS YANG
TELAH MENJADI TANGGUNG JAWABNYA.
E. SEMUA ABK YANG NAMANYA TERCANTUM
DALAM CREW LIST MULAI DARI NAKHODA SAMPAI CADET MEMILIKI HAK YANG SAMA DARI
PERUSAHAAN. SEDANGKAN KEWAJIBAN INDIVIDU HARUS DIPENUHI SETIAP ORANG MEMILIKI
KEWAJIBAN BERBED- BEDA.
F. BAHAYA PENYALAH GUNAAN OBAT – OBAT
DAN MINUMAN BERALCOHOL HARUS KITA HINDARI, KARENA MENYEBABKAN HAL YANG
MEMPENGARUHI KEWAJIBAN DAN TUGAS DARI SEORANG ABK.
G.
SEMUA
ABK HARUS AKTIF DALAM ORGANISASI DI ATAS KAPAL. HARUS MENGERTI APA MAKSUD DAN
TUJUAN DIBENTUKNYA ORGANISASI TERSEBUT.
JAWABAN
SOAL NO. 30
GAMBAR
TOMBOL PENGONTROL
mantap mas
BalasHapus